RPP 1 Lembar Prakarya Kelas VIII SMP/MTs Tahun 2020/2021

Sinau-Thewe.com - RPP 1 Lembar Prakarya Kelas VIII SMP/MTs Tahun 2020/2021 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 

Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran Prakarya Kelas VIII SMP/MTs Semester Genap.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : Prakarya
Kelas / Semeseter : VIII / Genap
Materi Pokok : Praktek Mandiri Pengolahan dari bahan serealia, kacang-  kacangan dan umbi ketika belajar di rumah masa pandemi Covid-19
Alokasi Waktu : 1 Jam Pelajaran @ 40 menit.

1. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat: 
  • Membuat rancangan kebutuhan alat dan bahan serta teknik pengolahan   
  • Mengolah hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan, mengemas  dan menyajikan  
  • Menyajikan laporan proses dan hasil pengolahan 


2. Langkah-Langkah Pembelajaran 

A. Kegiatan Pendahuluan 

  • Guru mengucapkan salam, dan menanyakan kondisi anak-anak selama belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19 dan mendoakan semoga dalam kondisi sehat semua. 
  • Guru memberikan motivasi untuk mengikuti Protokol kesehatan untuk mencegah Virus Covid-19 dengan animasi. 
  • Guru mengecek, review tugas dan refleksi pada tugas-tugas siswa selama belajar di rumah berupa nilai pengetahuan melalui media Schoology dan Quizizz.
  • Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pokok pembuatan makanan dari bahan pangan serealia, kacangkacangan, dan umbi dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya guru dalam memotivasi peserta didik

B. Kegiatan Inti

1. Setiap peserta didik praktik di rumah membuat/mengolah makanan  dari serelia, kacang-kacangan dan umbi dengan melakukan kegiatan yang dipandu oleh orang tua masingmasing untuk: 
  • Membaca tahapan tentang pembuatan olahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi sesuai dengan rancangan yang telah dibuat (dalam LKS-6); 
  • Melakukan persiapan peralatan pembuatan olahan pangan dari bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi sesuai dengan rancangan; 
  • Melakukan persiapan bahan-bahan olahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi sesuai dengan rancangan; 
  • Praktik membuat olahan bahan pangan serealia, kacangkacangan, dan umbi sesuai dengan rancangan dengan menerapkan prinsip sanitasi dan hygiene; dan  
  • Menyajikan olahan bahan pangan serealia, kacangkacangan, dan umbi sesuai dengan rancangan menggunakan kaidah pengemasan yang tepat dengan menerapkan prinsip sanitasi dan hygiene. 

2. Setiap kelompok peserta didik praktik menyajikan olahan pangan dari bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi dengan rancangan; 
3. Peserta didik mendokumentasikan semua tahapan pengolahan sebagai bahan/data yang akan dipergunakan untuk penyusunan laporan 1 lembar dalam bentuk word dan dikirimkan ke eamail : yanuar.wijatmoko@yahoo.com 
4. Guru melakukan evaluasi terhadap hasil praktik olahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi.  

C. Kegiatan Penutup

  • Guru melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh aktivitas pembelajaran serta menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan selama belajar di rumah. 
  • Guru menyampaikan salam kerinduan dan berdoa melalui lagu untuk bisa belajar lagi bersama peserta didik di sekolah seperti dulu dan  mengucapkan terima kasih.


3. Penilaian 

  • Pengetahuan berupa Mengerjakan soal-soal on line di schoology dan Quizizz 
  • Keterampilan  : Tugas Praktik 
  • Portofolio : Sampel terbaik tugas proyek


Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Demikian contoh RPP 1 Lembar Prakarya Kelas VIII SMP/MTs Tahun 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP 1 Lembar Prakarya Kelas VIII SMP/MTs Tahun 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel