Administrasi Pembelajaran K13

Contoh Administrasi Pembelajaran - Sebagai penunjang tugas seorang pendidik yang profesional, maka Guru pada Satuan Pendidikan dituntut untuk bisa menyusun Perangkat Pembelajaran, dimana melalui Administrasi Guru tersebut akan tampak kompetensi yang dimilikinya, baik kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial.

Administrasi Pembelajaran yang disusun oleh Guru setidaknya memuat rencana kegiatan belajar mengajar didalam kelas maupun diluar kelas yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga tindak lanjut pembelajaran.




Rincian Administrasi Guru



Secara garis besar, Administrasi Guru atau Administrasi Pembelajaran dikelompokan menjadi dua komponen yaitu Buku 1 Program yang berisi Standar Kompetensi (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar), Silabus, Rincian Minggu Efektif, Program Tahunan / Prota, Program Semester / Promes, Kriteria Ketuntasan Minimal / KKM dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / RPP. Sedangkan Buku 2 Pelaksanaan berisi tentang Daftar Hadir, Daftar Nilai, dan lain sebagainya.


Unduh Administrasi Pembelajaran SD, SMP, SMA, SMK



Untuk membantu Bapak / Ibu dalam menyusun Administrasi Pembelajaran, Sinau-Thewe.com akan membagikan Contoh Administrasi Guru Jenjang SD, SMP, SMA, SMK, berikut ini penjelasan lengkapnya:


Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar



Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran.

Karena pandemi Covid-19, Kemendikbud mengeluarkan Kompetensi Inti & Kompetensi Dasar Kondisi Khusus Darurat Covid-19. Hal tersebut dijelaskan secara resmi berdasarkan Kepka Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 PAUD, Dikdas, Dikmen.

Bagi Bapak / Ibu yang belum memiliki rincian KI & KD, silahkan Unduh Kompetensi Inti & Kompetensi Dasar Kondisi Khusus Darurat Covid-19 SD, SMP, SMA, SMK.


Silabus



Silabus merupakan rencana pembelajaran pada satu mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencangkup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar / KD, Materi Pokok / Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator Pencapaian Kompetensi / IPK, Penilaian / Evaluasi, Alokasi Waktu, Sumber Belajar.

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan silabus, silahkan unduh pada tautan berikut :


Rincian Minggu Efektif


Minggu efektif merupakan jumlah minggu / pekan berdasarkan Kalender Pendidikan yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran berlangsung. Minggu efektif dihitung dengan ketentuan apabila terdapat tiga (3) hari efektif atau lebih dalam satu minggu, maka dihitung sebagai satu minggu efektif. Begitu pula sebaliknya, apabila terdapat kurang dari tiga (3) hari efektif maka minggu tersebut tidak dihitung sebagai minggu efektif.

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan Rincian Minggu Efektif, silahkan Unduh File Rincian Minggu Efektif SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2021/2022.


Program Tahunan / Prota


Program Tahunan atau yang disebut dengan Prota merupakan susunan waktu pembelajaran dalam kurun waktu 1 tahun ke depan untuk mencapai Standar Kompetensi (SK) yang berisi Kompetensi Inti (KI) dan Dompetensi Dasar (KD) yang telah ditetapkan pada setiap mata pelajaran.

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan Unduh Program Tahunan / Prota Terbaru.


Program Semester Promes



Program Semester atau lebih dikenal dengan Promes merupakan sebuah program yang di susun oleh guru yang berisi target penyampaian materi pembelajaran selama satu semester. Materi tersebut dapat dilihat berdasarkan pemetaan Kompetensi Dasar mata pelajaran untuk semester gasal maupun semester genap.

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan Unduh Program Semester / Promes 2021/2022 SD,SMP,SMA,SMK.


Kriteria Ketuntasan Minimal / KKM


Kriteria Ketuntasan Minimum atau biasa disebut dengan KKM ditentukan berdasarkan MGMP atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran dalam Satuan Pendidikan atau MGMP antar Satuan Pendidikan pada daerah guru tersebut tinggal. KKM merupakan kriteria minimal untuk menyatakan Peserta Didik mencapai ketuntasan belajar suatu Mata Pelajaran, dimana KKM menunjukan pencapaian kompetensi yang dinyatakan dalam angka.

Bagi Bapak / Ibu yang menginginkan Contoh Kriteria Ketuntasan Minimal / KKM, silahkan klik tautan berikut :


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran / RPP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih, dikembangkan berdasarkan Silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran dan penilaian peserta didik dalam mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan RPP 1 Lembar Seluruh Jenjang Pendidikan, silahkan Unduh RPP 1 Lembar SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2021/2022.


Daftar Hadir



Daftar Hadir disusun oleh staf Tata Usaha / Tenaga Kependidikan / Kurikulum yang ditugaskan untuk menyusun kelengkapan data Satuan Pendidikan yang nantinya akan diserahkan kepada Guru Mata Pelajaran atau Wali Kelas.

Daftar Hadir Siswa digunakan bukan hanya untuk mengetahui jumlah seluruh siswa pada setiap rombel / kelas, tetapi juga untuk mengetahui jumlah siswa yang hadir, sakit ataupun alpha / tidak hadir tanpa keterangan.

Bagi Bapak / Ibu yang menginginkan Format Daftar Hadir Siswa, silahkan Unduh Format Daftar Hadir  Siswa SD, SMP, SMA & SMK 2021/2022.


Daftar Nilai



Penilaian hasil belajar Peserta Didik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kurikulum 2013 terdiri dari tiga bentuk penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan serta sesuai dengan prinsip yaitu sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria dan akuntabel.

Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan Format Penilaian, silahkan Unduh Format Penilaian Daring Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI Semester 1&2 K13 Tahun 2021.


Demikian informasi tentang Administrasi Pembelajaran K13 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Administrasi Pembelajaran K13"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel