RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas IX SMP/MTs Tahun 2020/2021

RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas IX SMP/MTs Tahun 2020/2021 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 

Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX SMP/MTs Semester Genap.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadist
Kelas / Semeseter : IX / Genap
Materi Pokok : Keteladanan Sahabat Usman Bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 40 menit.

1. Tujuan Pembelajaran 

Setelah peserta didik mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar, dan merefleksi tentang kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib ra,diharapkan peserta didik mampu:
  • Menghayati kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib ra
  • Meneladani sifat-sifat utama sahabat Usman bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib ra
  • Menganalisis keteladanan sahabat Usman bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib ra
  • Menceritakan kisah keteladanan Usman bin Affan dan Ali Bin Abi Thalib ra 

2. Langkah-Langkah Pembelajaran 

  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah pernah di dapatkan terkait dengan materi yang akan dipelajari.
  • Memotivasi peserta didik dengan cara menginformasikan kepada peserta didik pentingnya materi Keteladanan Sahabat Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.
  • Peserta didik diminta untuk mengamati lembar kerja, gambar / video pemberian contoh-contoh materi / soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Keteladanan Sahabat Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.
  • Peserta didik diberikan beberapa pertanyaan mengenai Keteladanan Sahabat Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib untuk ditemukan pemecahannya.
  • Peserta didik diminta untuk bekerja secara kelompok untuk menemukan pemecahan masalah terhadap permasalahan yang telah diberikan, baik melalui sumber internal maupun sumber eksternal (Menyanya, Mengeksplorasi dan Mengasosiasi)
  • Peserta didik bertukar buku / bahan referensi dalam menyelesaikan kegiatan kelompoknya (Mengkomunikasikan)
  • Menulis jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya berdasarkan hasil kerja kelompok (Mengasosiasi dan Mengkomunikasikan)
  • Peserta didik lainnya mendengarkan dan memberi tanggapan (Mengamati dan Menanya)
  • Peserta didik melakukan analisis atas hasil kerja kelompoknya dengan informasi yang ditayangkan oleh guru (Mengasosiasi)
  • Peserta didik diberikan pertanyaan sehubungan dengan hal-hal yang masih perlu diklarifikasi ulang (Mengkomunikasikan)

3. Penilaian 

  • Penugasan membuat rangkuman / simpulan pelajaran tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan

Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Demikian contoh RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas IX SMP/MTs Tahun 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas IX SMP/MTs Tahun 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel