Cara Daftar / Registrasi Operator Yayasan di Verval Yayasan

Cara Tambah Operator Yayasan - Fungsi dari proses daftar atau registrasi operator yayasan adalah digunakan untuk mendapatkan akun VervalNPYP yang digunakan untuk menambah PTK baru pada sekolah swasta melalui Verval Yayasan.

Tahap ini bisa dilakukan setelah memastikan yayasan tersebut telah mendapatkan Nomor Pokok Yayasan Pendidikan atau NPYP. Sebelum proses daftar / registrasi operator yayasan dimulai, silahkan siapkan terlebih dahulu SK Penugasan sebagai Operator Yayasan yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan dan di Cap basah. Kemudian scan atau pindai SK tersebut dan simpan dalam bentuk (.pdf).

Cara Daftar / Registrasi Operator Yayasan

1. Silahkan kunjungi laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ kemudian akan keluar halaman dashboard seperti gambar berikut :


2. Selanjutnya klik menu Registrasi Anggota dan pilih Operator Yayasan dan keluar halaman isian data seperti gambar berikut :


3. Isikan secara lengkap Biodata Operator Yayasan sesuai dengan data aslinya.
4. Pada isian data Surat Penugasan, silahkan klik tombol Pilih File kemudian cari hasil Scan / Pindai SK Penugasan sebagai Operator Yayasan yang disimpan dalam bentuk (.pdf).
5. Setelah mendaftar, silahkan cek Status Pendaftaran dengan cara mengklik tombol Status Pendaftaran, maka akan keluar seperti gambar berikut :


6. Isikan alamat Email Pribadi yang digunakan dalam proses mendaftar kemudian tekan tombol enter, maka akan keluar notifikasi seperti gambar berikut :


7. Selamat akun Operator Yayasan sudah aktif.


Untuk Lebih Jelasnya, Silahkan Simak Video Tutorial Berikut 



Demikian artikel tentang Cara Daftar / Registrasi Operator Yayasan yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

55 Responses to "Cara Daftar / Registrasi Operator Yayasan di Verval Yayasan"

  1. tidak ada menu registrasi anggota seperti yang di beritakan

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sama saya juga, apakah harus diajukan dulu atau bagaimana ya?

      Delete
    2. selamat malam, saya juga sama klu yayasan blum ada hrs bagimana, mohon arahan

      Delete
    3. https://www.youtube.com/watch?v=ZC5boCMhoaE&ab_channel=YanuarWijatmoko

      Delete
    4. kalau nama yayasan tidak ada berarti harus mengusulkan NPYP dulu, bawa dokumen akta notaris, sk kemenhum, izin operasional/surket domisili yayasan ke operator Suku Dinas Pendidikan masing-masing. Lalu nanti juga akan diminta 2 buah , yaitu foto plang yayasan dan kedua, foto gedung yang jelas(biasanya gedung dengan plangnya)

      Delete
  3. Bisa minta copy surat edarannya, bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa nyimpen om... Nnti kalo udah ketemu, tak share.

      Delete
    2. nma skolah tidak muncul di pnugasan gmn solusinya

      Delete
  4. ketika saya selesai mengisi & meng-upload SK PDF, hasilnya selalu file temporary is not found (warna oranye) itu kenapa ya, file pdf juga cuma 147kb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sistem belum stabil om...

      Delete
    2. Oiya om kan sudah bisa registrasi (klo lihat contohnya) bisa diinfokan kah om, klo misal sudah normal sistemnya... Terimakasih

      Delete
  5. saya operator baru pak.. kenapa saya belum bisa login2 ya pak..

    ReplyDelete
  6. Kalo sudah berhasil regristrasi, terus mau daftarkan PTK baru gimana ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di laman vervalptk.data.kemdikbud.go.id/tambahptk/

      Delete
    2. Saat input penugasan PTK , kok pilihan sekolahnya tidak ada muncul ya... kira2 knp ?

      Delete
  7. Assalamualikum, ijin bertanya pak. Yayasan sudah terdaftar dan memiliki npyp, tp beberapa datanya ada yg typo pada alamat dan nama ketua yayasan. Apa bisa di edit terkait itu, gmn caranya? Apa bs di edit setelah registrasi operator yayasannya? Terimakasih sebelumnya 🙏🏼

    ReplyDelete
  8. Selamat siang. Mohon bantuannya. Contoh SK penunjukan opetaor yayasan. Soalnya sudah google tapi hanya contoh SK operator sekolah 🙏

    ReplyDelete
  9. Yang jadi masalah adalah nama yayasan belum ada, kalo cara daftar itu gampang, kasik solusi buat nama yayasan yang belom muncul.

    Daftar mah umum semua orang tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanyakan sama Pihak Yayasan, apakah punya SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia / Kemumham? Kalau belum, berarti dianggap Yayasan tsb belum resmi, jadi hal itu yang mungkin menyebabkan Nama Yayasan tidak muncul.

      Delete
    2. kami sudah punya SK mentri hukum /Kemumham tapi nama yayasan Pendidikan kami tidak tercantum tolong dong solusinya, trims

      Delete
    3. sama kasus nya dengan yayasan kami, apakah sudah ada solusinya?

      Delete
  10. punya saya masih dalam antrian aktivasi tapi lama banget katanya 3 hari tapi masih ada tulisan masih dalam antrian aktivasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe sabar, ada juga yg sudah sampai 1 minggu blm di proses, kalo ngga coba kontak dinas, supaya diaktifkan

      Delete
  11. maaf kk yang di daftarkan d tambah ptk, apakah cuman ptk baru atau ptk yang sudah terdftr d dapodik juga ?

    ReplyDelete
  12. maaf kk yang di daftarkan d tambah ptk, apakah cuman ptk baru atau ptk yang sudah terdftr d dapodik juga ?

    ReplyDelete
  13. Sudah ada pengesahan sk menhukam plus akta lengkap smua,namun saat registrasi operator yayasan tetap tidak muncul nama Yayasan nya kenapa mohon pencerahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan data yayasan terisi dg benar di Dapodik. Kalau sudah benar, coba ke Dinas Pendidikan, siapa tahu blm didaftarkan

      Delete
  14. Selamat siang, jika ingin keluar dari anggota bagaimana ya?? soalnya mau diganti orang

    ReplyDelete
  15. berapa lama nunggu antrian, sampai akun yg diregistrasi aktif

    ReplyDelete
  16. Asalamualaikum bapak saya mau bertanya saya sudah melakukan pendaftaran akun operator yayasan .. Idah 3 Hari di cek pendaftaran ..( selalu antrian dalam Aktivasi).. Sedangkan saya di kejar waktu harus mengisi dapodik. Karena di Dapodik Tidak ada PTK nya. . saya harus berbuat apa ya pak biar cepat di approve oleh Kemendikbud...mohon solusinya terimakasih

    ReplyDelete
  17. aslkm pak
    bagaimana jika mau registrasi operator yayasan tetapi yayasan tidak muncul di menu regisnya?
    itu cara agar bisa yayasan nya muncul macam mana pak?

    ReplyDelete
  18. nama yayasan kami ada 3, contoh mulia securai, smk mulia securai, dan yayasan mulia securai. jdi kmi pilih yang mana yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek kembali isian data yayasan di Dapodik kak. Kalo belum lengkap ya dielangkapi dulu, kalo sudah lengkap tapi NPYPnya ngga ditemukan, coba komunikasi ke Dinas utk meminta didaftarkan

      Delete
  19. ada yang tau caranya klo nama yayasan ada dua ..untuk menghapus slahsatunya?

    ReplyDelete
  20. cara cancel daftar operator yayasan bagaimana karena ada kesalahan penulisan sk operator

    ReplyDelete
  21. Maaf gan mau tanya, yayasan tempat sekolah saya bekerja menaungi 2 sekolah yaitu tingkat SMP dan SMK , nah saya sudah daftar sebagai OPERATOR YAYASAN dan sudah di Aprrove / sudah disetujui .. namun ketika akan menambah PTK baru dibagian PENUGASAN, pilih Kota dan Pilih Nama sekolah ...kok hanya ada 1 pilihan sekolah yaitu SMK saja sedangkan SMP nya tidak ada ... bagaimana jika saya ingin tambah PTK sekolah SMP ya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan dulu data Yayasan telah di entry dengan lengkap dan benar di Dapodik SMPnya, lalu nanti kordinasi dengan Dinas Pendidikan utk menambahkan data SMPnya ke Verval Yayasan. Kemungkinan karena blm didaftarkan. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak.

      Delete
  22. status operator yayasan ganda dengan operator sekolah apa bisa?

    ReplyDelete
  23. maaf mau tanya operator yayasan sudah terdaftar tapi mau login tidak bisa dan tulisannya pasword dan usename salah. lalu saya cek di akun yang terdaftar disuruh registrasi lagi. bagaimana mohon solusinya terimaksih

    ReplyDelete
  24. Kak mau nanya dong saya sudah registrasi operator sekolah dan berhasil trus registrasi lagi operator yayasan gagal. Apakah tidak boleh sama email-nya kak? Atau gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena memiliki peran yang berbeda, akun OPS dan OPY sebaiknya dibedakan kak

      Delete
  25. Kak, untuk yang tambah PTK itu khusus untuk guru baru atau bisa guru yang sudah lama? Soalnya kasus di Yayasan saya, ada guru yang sudah 5 tahun mengajar tapi kelihatannya tidak diinput di Dapodik. Selain itu, di aplikasi verval PTK di menu Daftar PTK, tidak ada satupun nama guru yang muncul alias kosong kak. Gimana nih kak?

    ReplyDelete
  26. Kak, untuk yang tambah PTK itu khusus untuk guru baru atau bisa guru yang sudah lama? Soalnya kasus di Yayasan saya, ada guru yang sudah 5 tahun mengajar tapi kelihatannya tidak diinput di Dapodik. Selain itu, di aplikasi verval PTK di menu Daftar PTK, tidak ada satupun nama guru yang muncul alias kosong kak. Gimana nih kak?

    ReplyDelete
  27. maaf mau tanya kenapa setiap regiatrasi akun yaysan
    ada notif "The specified URL cannot be found." apakah sdh ditutup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan jaringan padat, trafic tinggi dll... Coba clear history browser atau coba dengan perangkat lain kak

      Delete
  28. Maaf kak untuk email itu d isi email aktif yayasan kah...dan yang d uplod itu SK Apa surat penugasan y

    ReplyDelete
  29. Mohon petunjuk kk, operator yayasan kami sebelumnya menghilang tanpa meninggalkan email dan password, lalu kami sangat kesulitan untuk masuk, apakah ada solusinya? Kami di sekolah mau menarik data masuk dapodik sekolah tetapi masih kesulitan karena belum masuk dalam data yayasan. Mohon bantuannya kk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel