Suplemen Belajar Dari Rumah Bersama Orang Tua Untuk Jenjang SMP

Belajar Dari Rumah (BDR) - Pengasuhan dan pendidikan di keluarga adalah yang pertama dan utama. Anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila pengasuhan yang dilakukan dalam keluarga sesuai dengan tahap perkembangan dan usianya, juga dengan mengedepankan prinsip- prinsip pengasuhan yang positif.


Membangun komunikasi efektif dan menerapkan disiplin positif dalam keluarga merupakan salah satu cara yang dapat Ayah dan Bunda lakukan dengan mendukung optimalisasi perkembangan anak yang meliputi aspek fisik, berfikir, perasaan, dan sosial.

Manfaat Suplemen Belajar Dari Rumah Bersama Orang Tua Untuk Jenjang SMP adalah dapat Membantu efektivitas komunikasi orangtua/keluarga dan guru/tutor Paket B. Membantu orangtua/keluarga memahami pelaksanaan kegiatan belajar anak di rumah. Membantu orangtua/keluarga membangun kelekatan dengan anak.

Tujuan Belajar Dari Rumah Bersama Orang Tua Untuk Jenjang SMP :

  1. Melaksanakan pendampingan belajar dari rumah (BDR)
  2. Mendorong kolaborasi orangtua, guru/Tutor Paket B, siswa untuk bersama belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus corona.
  3. Memberikan solusi bagi orangtua dalam melaksanakan belajar dari rumah baik daring maupun luring.
  4. Memastikan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan serta kebutuhannya.


Hakekat Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa Di Rumah

Kegiatan belajar dari rumah merupakan bentuk pelaksanaan kegiatan belajar untuk siswa selama kebijakan pandemi covid-19. Hal ini diputuskan karena kebijakan sosial dan physical distancing serta tidak memungkinkan adanya pembelajaran di sekolah dan berkumpulnya siswa.

Kegiatan belajar di rumah tetap melaksanakan proses pembelajaran melalui arahan dari guru merupakan bentuk dari pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan metode pembelajaran mandiri yang sistematis meliputi interaksi dengan siswa, penyajian materi pembelajaran, dan monitoring pembelajaran dilakukan oleh guru yang berada pada waktu dan tempat yang berbeda. Kegiatan belajar di rumah, dibutuhkan pendampingan dari orangtua/wali pada saat anak melakukan aktivitas.

Hal-hal yang harus dilakukan oleh orangtua/keluarga peserta didik dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh:

  1. Menyepakati cara berkomunikasi dengan pihak sekolah.
  2. Mendiskusikan rencana pembelajaran yang inklusif Bersama guru.
  3. Menyiapkan perangkat pembelajaran.
  4. Memastikan peserta didik siap mengikuti pembelajaran.
  5. Menyiapkan waktu untuk mendukung proses pembelajaran dari rumah.
  6. Mendorong peserta didik agar aktif selama proses pembelajaran.
  7. Memastikan peserta didik mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauan belajar harian.
  8. Mengumpulkan lembar aktivitas dan penugasan setiap hari.
  9. Secara aktif berdiskusi dengan guru terkait tantangan dan kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran dari rumah.
  10. Memastikan tempat dan fasilitas belajar nyaman.



Demikian informasi tentang Suplemen Belajar Dari Rumah Bersama Orang Tua Untuk Jenjang SMP yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Suplemen Belajar Dari Rumah Bersama Orang Tua Untuk Jenjang SMP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel