Cara Mengatasi Gagal Login di Individual PTK Setelah Berhasil Verifikasi Akun

Verifikasi PTK - Adakah dari teman-teman yang berperan ganda? Misalnya sebagai Operator Dapodik sekaligus sebagai PTK (Guru dan Tendik)? Kalau penulis sendiri memang berperan ganda. 

Banyak pertanyaan dari teman-teman yang dilontarkan kepada penulis "Bagaimana solusinya setelah berhasil Verifikasi Akun Operator Dapodik tetapi gagal login sebagai Individual PTK meskipun email akun sudah berbeda?"


Mungkin berikut ini adalah tips mengatasi permasalahan tersebut, karena penulis sendiri aman. Artinya tidak ada masalah terkait dengan hal tersebut. Dan Alkhamdulillah Verifikasi Akun Operator Dapodik dan Verifikasi Akun PTK berhasil dilakukan tanpa kendala.

Tidak bisa login atau verifikasi individual PTK setelah verifikasi akun Operator Dapodik dikarenakan terdapat link atau hubungan data antara Profil Operator Dapodik dengan PTK meskipun dua peran tersebut sudah menggunakan email yang berbeda.

Link dua peran tersebut kalau menurut analisis penulis bukan hanya dari email yang digunakan, tetapi juga dari nama pengguna yang digunakan. Jadi tips kali ini adalah kita coba ganti nama pengguna pada Profil Dapodik.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang patut dicoba untuk mengatasi permasalahan tersebut:
1. Silahkan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021
2. Klik menu Profil Pengguna


3. Silahkan ganti Nama pada profil pengguna tersebut, misalnya ditambahkan dengan gelar pendidikan. Hal ini dimaksudkan sebagai pembeda antara pengguna sebagai Operator dapodik dan pengguna sebagai PTK. Dan isikan data yang wajib di isi lainnya seperti Tanggal Lahir dan Jenis Kelamin.
4. Klik Simpan.
5. Lakukan sinkron Dapodik
6. Tunggu mininal 1x24 agar data masuk ke Server Dapodik.
7. Setelah itu cobalah login di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

Untuk lebih jelasnya, simak video tutorial berikut :


Jika cara diatas gagal, cobalah langkah berikut ini :
  1. Reset akun Operator Sekolah yang sudah terverifikasi melalui Admin Dinas Pendidikan dan buatkan akun baru untuk Operator Sekolah.
  2. Setelah itu, silahkan lanjutkan verifikasi akun PTK yang berlum terverifikasi, sedangkan untuk verifikasi akun sekolah atau akun Operator Sekolah tunggu waktu 2x24 jam atau boleh juga setelah sinkron.
  3. Uninstal Dapodik yang lama.
  4. Download prefill terbaru.
  5. Kemudian install dan registrasi kembali menggunakan akun terbaru yang sudah di daftarkan ke Dinas Pendidikan.

Demikian informasi tetang Cara Mengatasi Gagal Login di Individual PTK Setelah Berhasil Verifikasi Akun yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Gagal Login di Individual PTK Setelah Berhasil Verifikasi Akun "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel