Cara Mengisi NIK "Kosong" Data Peserta Didik di Dapodik Versi 2021

Cara Mengisi NIK Kosong di Dapodik - Verifikasi dan Validasi data Peserta Didik di laman VervalPD dilakukan pada beberapa isian data antara lain Rombel/Sekolah, NISN, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Ibu Kandung dan NIK.


NIK atau Nomor Induk Kependudukan adalah salah satu data yang ditambahkan di VervalPD sebagai informasi hasil Validasi isian data di Dapodik dengan data yang ada di Dukcapil (Kemdagri) pada tab Quality Control Profil Peserta Didik.

Proses input NIK Peserta Didik oleh Operator Sekolah pada Aplikasi Dapodik dilakukan dari jenjang PAUD / TK dengan bukti pendukung seperti Akta Kelahiran ataupun Kartu Keluarga (KK). Tanpa dokumen tersebut maka data Peserta Didik tersebut akan masuk ke dalam Residu / data bermasalah.

Untuk memperbaiki data residu Peserta Didik terutama adalah NIK tidak bisa dilakukan secara langsung di Aplikasi Dapodik Versi 2021.a, tetapi dilakukan pada laman VervalPD dengan melampirkan bukti pendukungnya.

Kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan cara mengisi NIK yang kosong pada laman VervalPD. Berikut ini langkah-langkah lengkapnya :
1. Siapkan terlebih dahulu bukti fisik berupa Kartu Keluarga.
2. Kunjungi dan login pada laman https://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/
3. Untuk memperbaiki NIK Kosong, silahkan klik menu Edit Identitas
4. Kemudian cari nama Peserta Didik


5. Setelah nama Peserta Didik ditemukan, maka akan keluar laman Formulir Perubahan seperti gambar berikut :


6. Silahkan isikan NIK Baru dan klik tombol Validasi Data. Dalam proses ini diharapkan berhati-hati karena proses ini dibatasi maksimal tiga kali validasi.
7. Kemudian, silahkan pantau di laman Beranda pada bagian Pengajuan Perubahan Data.
 

8. Apabila data perubahan tersebut di setujui, silahkan dilanjutkan dengan proses sinkronisasi agar data perubahan tersebut masuk ke dalam database Dapodik Versi 2021 .
9. Ulangi langkah diatas pada data Peserta Didik lainnya.
10. Selesai

Demikian informasi tentang Cara Mengisi NIK "Kosong" Data Peserta Didik di Dapodik Versi 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengisi NIK "Kosong" Data Peserta Didik di Dapodik Versi 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel