Dapodik Versi 2021 Tidak Bisa di Buka Dengan Keterangan "Terdeteksi Pengaturan Database Telah Dimodifikasi Secara Ilegal"

Dapodik Versi 2021 - Setelah Aplikasi Dapodik Versi 2021 di install di komputer atau laptop tetapi tidak bisa dibuka dengan keterangan "Terdeteksi Pengaturan Database Telah Dimodifikasi Secara Ilegal. Aplikasi Tidak Dapat Dibuka. Mohon Instal Ulang Aplikasi Untuk Dapat Menggunakan Dapodik Kembali".


Permasalahan seperti ini dikarenakan database Aplikasi Dapodik yang baru di install terdeteksi menggunakan database lama. Sehingga muncul pesan seperti gambar diatas. Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2021 bukan hanya terletak pada sisi user interface / tampilan, tetapi pengelolaan data dan manajemen database.

Versi database Dapodik 2021 menggunakan versi terbaru yaitu Versi Database 2.99 (Production). Sehingga, tidak bisa digabungkan secara langsung dengan versi database sebelumnya.


Untuk mengatasi permasalahan diatas cukup mudah, hanya dengan menginstall kembali Aplikasi Dapodik Versi 2021 maka permasalahan tersebut bisa diatasi. Tetapi dengan catatan, hapus folder Dapodik yang tersimpan di direktori komputer.

Berikut adalah langkah-langkah lengkapnya:
1. Silahkan Uninstall Aplikasi Dapodik di komputer atau laptop anda. Belum tau caranya? Simak artikel berikut ini Dua Cara Uninstall Aplikasi Dapodik Versi 2021.
2. Setelah berhasil di Uninstal, silahkan restart komputer atau laptop anda.
3. Kemudian, setelah komputer / laptop nyala kembali, jangan terburu-buru langsung menginstall Dapodik-nya, tetapi hapus terlebih dahulu folder Dapodik yang tersimpan di direktori komputer. 
4.Caranya buka Windows Explorer, klik Local Disk C, double klik folder Program Files (x86), kemudian hapus folder Dapodik. Perhatikan gambar berikut :


5. Kemudian install kembali Aplikasi Dapodik Versi 2021, belum tau cara installnya? Simak artikel Cara Install dan Registrasi Dapodik Versi 2021.
6. Selesai

Demikian artikel tentang Dapodik Versi 2021 Tidak Bisa di Buka Dengan Keterangan "Terdeteksi Pengaturan Database Telah Dimodifikasi Secara Ilegal" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Dapodik Versi 2021 Tidak Bisa di Buka Dengan Keterangan "Terdeteksi Pengaturan Database Telah Dimodifikasi Secara Ilegal""

  1. Itu kasusnya, kalau kita sudah instal dapodik versi sebelumnya.

    Saya kasusnya lebih mengherankan pak
    Jadi saya mau ganti laptop untuk dapodik.
    Jd dapodik masih stay di laptop lama, seblum di bersihkan dapodik dri laptop lama
    Saya coba instal dapodik di laptop baru.

    saya unboksing laptopnya, langsung saya instal dapodik, malah yang muncul "terdeteksi pengaturan database telah dimodifikasi secara ilegal. Aplikasi tidak dapat dibuka, bla bla bla"

    Nah, ini laptop baru keluar dari kardusnya beberapa menit yg lalu, Kok gk bisa buat dapodik. Kalah sama laptop yg lama, bgitu instal dapodik baru, buka langsung ke menu registrasi.

    Dapodik punya masalah app sama laptop baru
    Dan cara yg bapak berikan, tidak tembus pak, hasilnya nihil
    Saya pun bingung pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe kompleks juga masalahnya, kalo boleh tahu Sistem Operasinya apa ya? Kalo saya pake Win10 64bit aman. Coba cek kelengkapan drivernya sudah terinstal semua atau blm, Netfremwork, anti virus di Disable sebelum instal, cek juga time zone, versi browser dll. Dan maaf ya jika tutorial saya tidak berhasil, tapi apa yg saya tuliskan berdasarkan pengalaman sendiri dan beberapa teman. hehe

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel