"Nama Akun" di Laman Individual PTK Dapodik Versi 2021 "Tidak di Isi"? Mungkin ini Solusinya!

Dapodik Versi 2021 - Pernahkah kita sebagai Operator Dapodik saat akan melakukan verifikasi akun PTK atau verifikasi akun Kepala Sekolah di laman individual PTK menemukan data Nama Akun "Kosong atau Tidak di Isi"? 


Iya penulis mengalami hal itu. Penulis mencoba membuka kembali buku Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2021 tetapi tidak menemukan pembahasan permasalahan tersebut. Coba tanya di forum sana-sini cuma dapat jawaban "Iya Kasus Yang Sama". wkwkwkw

Dari pada pusing, akhirnya komputer di Shutdown. hahaha

Kemudian penulis mencoba utak-utik semua data dan kemudian membandingkannya, dimulai dari data di Aplikasi Dapodiknya secara langsung dengan data individual PTK serta data di manajemen Dapodik. Ternyata penulis menemukan ada satu hal yang kurang, yaitu profil pengguna yang masih kosong.

Oleh karena hal tersebut yang mungkin menyebabkan Nama Akun di laman Individual PTK dengan keterangan "Kosong" atau "Tidak di Isi".

Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang mungkin bisa menjawab atau mengatasi permasalahan diatas khusus untuk Akun Kepala Sekolah, untuk akun PTK menyesuaikan :
1. Silahkan login di Aplikasi Dapodik Versi 2021
2. Klik menu Pengaturan
3. Klik Tukar Akses Pengguna dan masukan Kode Registrasinya
4. Cari identitas Kepala Sekolah dan klik tombol Tukar Pengguna
5. Selanjutnya klik menu Profil Pengguna dan silahkan isikan data pengguna tersebut dimulai dari Nama sampai Jabatan.


6. Setelah di isi datanya, klik tombol Simpan.
7. Lakukan sinkron. Bagaimana cara sinkron? Simak artikel Cara Sinkron Aplikasi Dapodik Versi 2021.
8. Tunggu minimal 1x24 jam agar data yang dikirim masuk ke server dapodik.
9. Setelah itu, cobalah lakukan kembali verifikasi akun PTK tersebut. Mau tau cara verifikasi akun PTK? Simak artikel Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik Versi 2021.
10. Selesai

Demikian informasi tentang "Nama Akun" di Laman Individual PTK Dapodik Versi 2021 Kosong? Mungkin ini Solusinya! yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

22 Responses to ""Nama Akun" di Laman Individual PTK Dapodik Versi 2021 "Tidak di Isi"? Mungkin ini Solusinya!"

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya sudah mencoba entri profil pengguna, nama, tempat lahir, tanggal lahir dsb., namun saat akan menyimpan data profil pengguna tidak bisa (aplikasi tidak merespon) kemudian saya coba reload pada profil pengguna masih ada. selanjutnya saya kembali menjadi login sebagai admin dan dikembalikan lagi kepada akun pengguna yang nama akun belum diisi ternyata benar profil pengguna tidak tersimpan, penasaran saya sinkron saja tp setelah disinkron hasilnya masih sama kosong. Solusinya bagaimana kalau untuk kasus ini, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya sama dengan diatas pa. saat mau verifikasi, login bisa tapi tidak bisa masuk ke halaman utama. pesan nya "ERROR : Tidak dapat membaca data pengguna" mohon solusi nya pa. hingga saat ini belum bisa verifikasi karena tidak bisa masuk ke halaman utama.

      Delete
    2. Kasus sama pak ,
      di alamat ptk sudah verifikasi tpi tetep aja di dapodik tidak muncul

      Delete
  2. sama kasusnya ... profil pengguna tidak bisa menyimpan, kemudian verifikasi ulang di manajemen juga gak bisa-bisa, udah belasan kali di kirim kode verifikasi

    ReplyDelete
  3. Maf pak, kalo misal akun ptk sudah melakukan varifikasi, sementara nama akun (tidak diisi) apakah nantinya bisa diperbaiki/diperbaharui ?
    Kemudian kalo nama akun PTK (tidak diisi? Apakah berpengatuh pada data dapodik pemiliknya ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  4. Maf pak, kalo misal ptk sudah melakukan varifikasi dapodik, tapi nama akunnya (tidak diisi) apakah nantinya bisa diperbaiki ?
    Kemudian jika nama akun (tidak diisi) apakah berpengaruh terhadap data dapodik pemiliknya ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  5. maaf admin kalu nama tdak muncul saat tambah akun PTK di menjemen sekolah
    gimana solusinya admin..
    bantuanya?

    ReplyDelete
  6. Mau tanya Pak, kalau sudah berkali2 verivikasi tapi pd keterengan verivikasinya masih saja "belum" solusinya bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya server down lagi, mungkin di coba lain waktu aja, toh juga jangka waktunya masih pjg

      Delete
  7. Bagaimana kalau kepala sekolahnya tertera di akun admin, bagaimana cara merubahnya biar kepseknya masuk ke akun ptk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akun KS dan akun Admin pernah sama ya? Untuk mengatasinya, ke Dinas Pendidikan pak

      Delete
  8. Maaf mau tanya, sy verifikasi ptk. Dan tidak sengaja salah masukan kode verifikasi dapodik ke berbeda email. Alhasil ptk yg email-nya bukan yg dikirim, terverifikasi. Dan Tdk bisa diubah email-nya lg karna sdh terverifikasi. Jadi 2 ptk terverifikasi 1 email yg sama. Mohon pencerahannya min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua PTK terverifikasi dg email sama? Coba komunikasi dg Dinas Pendidikan kak minta diganti salah satu PTK yg emailnya keliru

      Delete
  9. kasus yg sama pak, (namun nama akun tidak diisi) pada ptk.datadik statusnya sudah d verivikasi, tapi pada dapodik masih ada tanda silang merah pada ikon akun, apakah ini suatu masalah pak? atau masih ada di titik aman?
    sudah dicoba mengisi profil pengguna, tapi tidak bisa disimpan..lalu bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga masalah kak, sering2 sinkron aja dapodiknya, nanti berubah sendiri. Kalo ngga berubah, instal ulang pake prefil terbaru

      Delete
  10. maaf Admin, Ijin bertanya. Ada ptk yang baru verifikasi akun. Sekarang mau lihat info GTK nya kok nggak bisa masuk ya? padahal sdh masuk dengan user dan password nya. mksh pencerahannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel