Gagal Login Manajemen Dapodik dan Individual PTK Dengan Keterangan "Maaf Pengguna Tidak di Ijinkan Menggunakan Aplikasi"

Dapodik Versi 2021 - Pada artikel kali ini Sinau-Thewe.com akan membahas dua pertanyaan dari beberapa teman-teman. Pertanyaannya, "Mas, kenapa saya ngga bisa login di laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ dan di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ ya? Padahal username dan password udah bener". Ada keterangan "Maaf, pengguna Dapodik tidak diizinkan untuk menggunakan aplikasi ini".


Yang jelas pada intinya hal itu terjadi bukan karena sistem error, tapi karena salah kamar hehehe. Ibarat ada dua kamar dengan kunci yang berbeda tapi membukanya pakai kunci yang lain.

Perlu dipahami bersama bahwa dari dua laman website tersebut memiliki akun dan peran yang berbeda-beda.

Untuk membuka Manajemen Dapodik di laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/ adalah menggunakan akun Operator Dapodik. Apa itu akun Operator Dapodik? Adalah akun yang digunakan untuk membuka Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Fungsi dari laman Manajemen Dapodik adalah sebagai berikut :

1. Untuk melakukan verifikasi akun Operator Dapodik. Belum tahu caranya? Simak pada artikel Cara Mengatasi Akun Tidak Terverifikasi di Aplikasi Dapodik Versi 2021.
2. Untuk mengatasi kendala saat registrasi Dapodik muncul keterangan "Data Akun Kepala Sekolah Belum Terdaftar". Belum tahu caranya? Simak artikel Cara Mengatasi Akun Kepala Sekolah Belum Terdaftar".
3. Untuk mengubah akun atau alamat email PTK yang sudah tidak aktif.
4. Untuk melakukan proses tarik data Peserta Didik baru, caranya simak artikel Cara Tarik Data Peserta Didik Baru.
5. Dan lain sebagainya

Pada intinya, apabila kita membuka laman manajemen Dapodik tetapi tidak menggunakan akun Operator Dapodik, maka keterangan yang akan kita jumpai adalah seperti gambar diatas.

Sedangkan untuk membuka laman Individual PTK di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ adalah menggunakan akun yang telah di setting pada laman Manajemen Dapodik untuk setiap PTK-nya.

Fungsi dari laman Individual PTK adalah sebagai berikut :

1. Digunakan untuk melakukan verifikasi akun PTK, caranya simak artikel tentang Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik Versi 2021.
2. Untuk melihat rincian data milik PTK tersebut yang berisi Beban Mengajar, Tugas Tambahan, Riwayat Pendidikan, Sertifikasi dan lain sebagainya.

Dan apabila kita login di laman Individual PTK tetapi menggunakan akun Operator Dapodik atau akun lainnya yang tidak sesuai, maka keterangan seperti gambar diatas akan muncul.

Jadi kesimpulannya adalah gunakan akun sesuai dengan peran akun tersebut.

Demikian artikel tentang Gagal Login Manajemen Dapodik dan Individual PTK Dengan Keterangan "Maaf Pengguna Tidak di Ijinkan Menggunakan Aplikasi" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gagal Login Manajemen Dapodik dan Individual PTK Dengan Keterangan "Maaf Pengguna Tidak di Ijinkan Menggunakan Aplikasi""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel