NPYP & Nama Yayasan Tidak Muncul di Verval Yayasan? Segera Daftarkan!

NPYP & Nama Yayasan Tidak Muncul di Verval Yayasan - Ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada penulis yang salah satunya adalah seperti ini "Mas, kenapa Nama Yayasan saya tidak muncul di laman Verval Yayasan? Sedangkan Yayasan saya sudah dapat SK Menkumham?"


Pada kesempatan kali ini, Sinau-Thewe.com akan berbagi pengalaman dari penulis maupun teman-teman yang mengalami permasalahan tersebut. 

Menurut pengalaman teman saya atas nama Nandang Koswara di group Facebook pendataan Dapodik, menurut beliau untuk permasalahan tersebut adalah karena nama Yayasan belum didaftarkan di Dinas Pendidikan Provinsi / Kabupaten / Kota setempat. Meskipun sudah memiliki SK Menkumham dan datanya sudah di entry di Aplikasi Dapodik.

Sehingga nama Yayasan tersebut tidak muncul di Verval Yayasan. Selain itu, permasalahan diatas muncul diakibatkan karena isian data Yayasan di Aplikasi Dapodik tidak lengkap, sehingga NPYP dan nama Yayasan tidak muncul. Bagaimana cara mengisi data Yayasan di Aplikasi Dapodik Versi 2021.a? Simak artikel Cara Mengisi Data Rincian Yayasan di Aplikasi Dapodik Versi 2021.a.

Untuk mengatasi hal tersebut, bagi teman-teman Operator Dapodik yang mengalami hal serupa, silahkan lengkapi terlebih dahulu isian data Yayasan pada Aplikasi Dapodik dan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat dengan membawa beberapa berkas pendukung antara lain :
  1. SK Pendirian Sekolah
  2. SK Menkumham
  3. Akte Notaris 
Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan Alur Penerbitan NPYP berikut ini :


Setelah data Yayasan di daftarkan oleh Dinas Pendidikan setempat, silahkan sinkron Dapodiknya agar data tersebut masuk ke dalam Database Dapodik dan tunggu minimal 1x24 jam agar NPYP dan Nama Yayasan muncul di laman Verval Yayasan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak video tutorial berikut!


Demikian tutorial NPYP & Nama Yayasan Tidak Muncul di Verval Yayasan? Segera Daftarkan! yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan berdasarkan pengalaman penulis maupun teman yang mengalami permasalahan tersebut. 

Bagi teman-teman yang mengalami kendala atau permasalahan seputar Dapodik, silahkan isikan dibagian komentar ya, siapa tahu ada solusi yang bisa didapatkan dengan cara saling berbagi pengalaman. Dan Semoga ada manfaat positif yang bisa didapatkan didalamnya, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "NPYP & Nama Yayasan Tidak Muncul di Verval Yayasan? Segera Daftarkan!"

  1. Saya mau bertanya,,,SMP saya sekolah baru dan berbentuk yayasan, tetapi yang terbit hanya NPSN saja, jadi bagaimana saya mengisi di dapodik...dan saat saya ingin registrasi operator yayasan untuk bagian "sekolah" di SDM-PDSPK nama sekolah saya tidak muncul...tetapi jika saya registrasi di operator sekolah, nama sekolah saya baru muncul.... itu gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah Yayasan kakak sudah punya SK Kemumham? Jika belum, ajukan terlebih dahulu. Setelah itu, kakak komunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat untuk Registrasi Operator Yayasan baru.

      Delete
  2. sekolah kami baru terbit ijop dan NPSN, belum punya dapodik bagaimana cara registrasi dapodik baru

    ReplyDelete
  3. bagaimana dengan sekolah di bawah naungan kemenag, apakah pengajuan nya juga ke dinas pendidikan kabupaten atau ke Kekemenag kabupaten

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel