PP 1 Lembar Matematika Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021

RPP 1 Lembar SD/MI - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 

Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 1-6 jenjang SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / Gasal
Materi Pokok : Bilangan Bulat
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 35 menit.

1. Tujuan Pembelajaran 

  • Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran discovery learning, dengan metode literasi dan diskusi serta menumbuhkan sikap, siswa dapat menyebutkan definisi dan contoh-contoh bilangan bulat.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran 

A. Kegiatan Pendahuluan 

  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin melalui Media Zoom/Google Meet.
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungi dengan materi selanjutnya melalui Zoom/Google Meet.
  • Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari :
  • Bilangan Bulat melalui Zoom/Google Meet.
  • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh melalui Zoom/Google Meet.

B. Kegiatan Inti

  • Kegiatan Literasi : Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca, dan menuliskannya kembali. Guru menayangkan video dan menyajikan modul digital terkait materi Bilangan Bulat.
  • Critical Thinking : Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai yang bersifat hipotesis yang berkaitan dengan materi Bilangan Bulat.
  • Communication and collaboration : Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan melalui Google Slide dan Screencastify.
  • Creativity : Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami melalui Google Classroom.

C. Kegiatan Penutup

  • Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan melalui google Docs.
  • Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan melalui Google Slide.

3. Penilaian 

  • Penilaian pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda dan tertulis uraian, tes lisan/observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
  • Penilaian keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portfolio.

Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Demikian contoh RPP 1 Lembar Matematika Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PP 1 Lembar Matematika Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel