Tips Mengatasi "Gagal Melakukan Pengiriman Kode Verifikasi, Pastikan Sudah Menyelesaikan Proses Sebelumnya"

Mengatasi Gagal Verifikasi Akun PTK - Sampai saat ini banyak PTK yang belum berhasil melakukan verifikasi akun PTKnya. Jika berbicara soal penyebab, tentu banyak hal yang mempengaruhi. Namun, kita tidak bisa mendeteksi penyebab utama masalahnya. Pengguna hanya bisa menyimpulkan gagalnya proses verifikasi.

Seperti halnya pada kasus ini, proses verifikasi akun PTK gagal dengan muncul keterangan "Gagal melakukan pengiriman kode verifikasi, pastikan anda sudah menyelesaikan proses verifikasi pada tahap sebelumnya".


Penulis sendiri pernah mengalami hal tersebut tidak hanya satu kali tetapi beberapa kali, karena pada saat itu penulis mencoba membantu verifikasi beberapa akun milik PTK. Tetapi pada akhirnya penulis sadar bahwa kendala itu muncul ketika meng-klik tombol Lanjutkan pada proses verifikasi lebih dari satu kali.

Saat penulis mengklik tombol Lanjutkan tetapi ternyata tidak ada respon atau tidak muncul kotak isian kode verifikasi, jadi penulis mencoba mengklik tombol Lanjutkan untuk kedua kalinya, ternyata muncul keterangan seperti gambar diatas.

Kemudian penulis mencoba mengatasinya dengan log-out akun PTK tersebut dan melakukan verifikasi kembali tetapi masih juga gagal. 

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mengatasi kendala diatas :
1. Tips yang pertama, silahkan log-out akun PTK tersebut kemudian lakukan hapus history atau clear history browser secara menyeluruh dan silahkan ulangi kembali proses verifikasinya. Belum tau cara verifikasi akun PTK? Silahkan simak Cara Verifikasi Akun PTK di Dapodik Versi 2021.

2. Tips yang kedua, apabila tips yang pertama masih gagal, silahkan uninstal browser dan instal kembali. Kemudian lanjutkan dengan restart komputer atau laptop yang digunakan. Setelah itu ulangi proses verifikasinya.

3. Tips yang ketiga coba lakukan verifikasi akun PTK tersebut dengan menggunakan perangkat lainnya.

4. Ubah / reset password akun PTK tersebut di manajemen Dapodik pada laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/. Setelah password diubah, silahkan login dan ulangi kembali verifikasi akun PTK yang bersangkutan.

Dari ketiga tips diatas, penulis mencoba dengan tips yang pertama dan berhasil menangani masalah diatas. Apabila ada pengalaman lainnya dari teman-teman silahkan ketikan pada komentar.

Demikian informasi tentang Mengatasi "Gagal Melakukan Pengiriman Kode Verifikasi, Pastikan Sudah Menyelesaikan Proses Sebelumnya" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Tips Mengatasi "Gagal Melakukan Pengiriman Kode Verifikasi, Pastikan Sudah Menyelesaikan Proses Sebelumnya""

  1. Mengapa di email belum juga terkirim kode verifikasi ???

    ReplyDelete
  2. bantu jawab.., kemungkinan email yg digunakan tidak aktif/menggunakan email lain

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel