Rangkuman Permasalahan Dapodik 2021.a Beserta Solusinya

Rangkuman Permasalahan Dapodik & Solusi - Dalam kegiatan Webinar Bimbingan Teknis Data Pokok Pendidikan yang diselenggarakan oleh LPMP Jawa Tengah, disampaikan informasi tentang perubahan atau perbaikan aplikasi Dapodik versi 2021 oleh Tim Pengembang Dapodik sekaligus sebagai narasumber yaitu Setditjen Paud Dikdasmen yang di ikuti oleh seluruh Operator Dapodik tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Ada tiga pokok permasalahan yang dihadapi dan dikonsultasikan dengan Tim Pengembang Dapodik pada kegiatan Webinar tersebut. Tiga permasalahan tersebut adalah VervalPTK, VervalPD dan Input Data Sarana Prasarana. Berikut ini rangkuman permasalahan serta solusi yang diberikan oleh Tim Pengembang Dapodik.


A. Verval PTK

1. Apabila terdapat Guru yang merangkap Operator Dapodik yang menggunakan dua email. Untuk permasalahan ini kedepannya akan ada perbaikan yaitu akan dibuat 1 akun, kemudian ada pilihan login sebagai Operator Dapodik atau sebagai Guru.

2. Jika terdapat 1 alamat email yang digunakan lebih dari 1 PTK dan sudah verifikasi, maka solusinya mengajukan penghapusan semua akun ke Operator di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Dinas Provinsi Jawa Tengah. Kemudian setiap guru ditambahkan ulang di manajemen sekolah.

3. Jika terdapat permasalahan status akun PTK dilaman Manajemen PTK tertera sudah diverifikasi, tetapi di daftar akun PTK manajemen sekolah tidak muncul, malah muncul ditambah akun dan ketika ditambahkan tidak bisa. Maka solusinya adalah mengajukan penghapusan semua akun ke Operator di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau Dinas Provinsi Jawa Tengah. Karena disebabkan akun-nya terdaftar lebih dari satu Email ganda di manajemen sekolah. Cek di manajemen Dinas, ada menu hapus PTK.

4. PTK yang memiliki peran ganda, verifikasi hanya dilakukan pada 1 akun saja

5. Untuk mengecek valid atau tidak data yang di input pada Aplikasi Dapodik bisa dilihat di laman InfoGTK. Setelah sinkron, cek ada data apa saja yang invalid (tahun lahir tidak wajar, nama ibu kandung: misal Ibu atau 0). Satuan Pendidikan masing-masing bisa cek di Aplikasi Dapodik pada menu Validasi Pusat ada yang invalid, di menu validasi local masih bisa diperbaiki 1x.

6. Apabila di daftar akun PTK manajemen sekolah hanya muncul 2 PTK, padahal ada 8 PTK yang sudah melakukan verifikasi, maka solusinya adalah laporkan melalui ULT Kemdikbud yang nantinya akan dicek lebih lanjut oleh Tim Pengembang Dapodik Pusat.

7. Apa konsekuensi jika sampai tanggal 31 Oktober 2020, PTK belum verval? Solusi: ketika ada PTK belum verifikasi, akun tersebut tidak akan dibekukan. Akan tetapi kemungkinan besar beberapa fitur tidak dapat diakses. Contoh tidak bisa login ke info GTK, dan lain-lain.

8. Di menu aplikasi Dinas sebelumnya ada fitur ganti email. Sekarang sudah tidak bisa ganti email. Solusinya jika mau ganti email, email lama harus dihapus terlebih dahulu.

9. Ada guru mutasi dan sudah masuk di manajemen sekolah tujuan. Ketika akan merubah status penugasan menjadi induk, ternyata gagal. Solusinya merubah penugasan non induk ke induk, hubungi Operator Dinas Kabupaten/Kota atau Dinas Provinsi. Fasilitas yang diberikan di Dinas adalah edit penugasan di manajemen dinas.

10. Kode verifikasi akun PTK diterima dalam waktu yang lama sehingga sudah tidak bisa digunakan. Solusinya kode verifikasi akun bisa digunakan hanya 30 menit setelah pengiriman. Jika kode verifikasi diterima lebih dari 30 menit maka perlu mengajukan ulang kembali.

11. Di data rinci PTK, ada yang menggunakan email yang sudah tidak aktif. Terutama yahoo yang sudah dinon aktifkan. Solusinya adalah penggunaan email disarankan untuk menggunakan alamat email yang aktif, seperti gmail, atau yang lainnya.

B. Verval Peserta Didik

1. Mutasi Peserta Didik. Siswa sudah dikeluarkan dari daftar sekolah lama tetapi belum bisa masuk ke lokal Dapodik sekolah baru. Solusinya adalah silahkan cek di manajemen Dinas, ada menu untuk mengecek NISN yang tidak masuk di rombel dan mengaktifkan NISN tersebut di sekolah saat ini. Solusi lainnya adalah NISN tersebut ditarik ke sekolah lain (dititipkan dahulu), kemudian ditarik oleh sekolah yang sebenarnya.

2. Siswa mutasi dari Satuan Pendidikan dibawah Kementerian Agama. Ketika dilakukan VervalPD, masuk residu. Bagaimana cara mengaktifkan NISN tersebut? Sebab ada kaitannya dengan Verval Ponsel. Solusinya adalah dibuatkan surat mutasi peserta didik (dokumen lengkap) kemudian koordinasi dengan sekolah lama, pastikan bahwa sudah dikeluarkan dari verval PD dan dari EMIS.

C. Data Sarana Prasarana

Untuk dapat meningkatkan kualitas data sarana prasarana, semua sekolah diminta untuk melakukan pembaharuan setiap semester dengan memperhatikan kondisi kerusakan terkini. Begitu pula ketika entri data sarana prasarana dipastikan sudah menginput sesuai ketentuan yang ada.

Pemutakhiran data ini sebaiknya menjadi perhatian bersama sehingga dapat dihasilkan data yang valid dan terbarukan. 

Source : https://lpmpjateng.kemdikbud.go.id/

Demikian informasi tentang Rangkuman Permasalahan Dapodik 2021.a Beserta Solusinya yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah tutorial ini. Apabila ingin mendapatkan notifikasi / pemberitahuan tentang tutorial / informasi / artikel terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Permasalahan Dapodik 2021.a Beserta Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel