Buku Manual Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum Tahun 2020/2021

Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum Tahun 2020/2021 - Aplikasi ini adalah sebuah sistem aplikasi untuk menangani pendataan siswa calon peserta Asesmen Kompetensi Minimum jenjang SMP/MTs/SMPTK tahun 2020/2021. Aplikasi ini dapat diakses secara daring. Dengan menuliskan alamatnya di http://biosmp.kemdikbud.go.id/

Tujuan dibangunnya Sistem ini adalah agar diperoleh sebuah sistem informasi database dalam bentuk digital/elektronik yang dapat merekam Isi Data, memproses data, pemutahiran data, sampai dengan mencetak data dapat dilakukan dengan mudah karena sudah tersimpan dalam database dan meminimalisasi redudansi data serta kesalahan yang disebabkan oleh manusia (human error). Yang juga tak kalah penting adalah untuk mendapatkan data secara cepat, tepat, dan ter-update.


Spesifikasi Komputer


a. Perangkat Keras
Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum:
  • Prosesor : Pentium Core i3 dan diatasnya (atau AMD)
  • Memori : 2 GB
  • Adapter : VGA 64 Bit (512 Mb) dengan resolusi 1024 x 800
  • Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

b. Perangkat Lunak
Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows 7, Windows 8, Windows 10.

Spesifikasi Aplikasi


Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data.

a. Browser Internet : Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan. Calon Peserta UN online adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus. Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah :
  • Nama Browser : Google Chrome / Mozilla Firefox
  • Produksi : Google / Mozilla

b. Microsoft Excel : Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentukspreadsheet. Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem. Pendataan Calon Peserta UN Online karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoft excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya. Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah :
  • Nama : Microsoft Excel versi2007 atau diatasnya
  • Produksi : Microsoft

Situs Web Entry Data


Situs Pendataan Calon Peserta UN merupakan situs khusus yang digunakan oleh operator untuk melakukan proses pengentrian data siswa. Dimana di dalam situs operator ini diperlukan suatu account khusus yang diberikan untuk login ke dalam sistem dengan proteksi khusus.

Sistem login ini akan menetukan otorisasi atau hak akses dari masing-masing operator Provinsi/Kota/Kabupaten/Sekolah mengenai modul-modul yang boleh diakses oleh operator sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Dan juga digunakan untuk mengidentifikasi operator
tersebut.

Auto Log Out


Pada sistem ini terdapat fasilitas auto log out. Maksudnya yaitu bila dalam periode tertentu Anda tidak melakukan aktifitas apa pun terhadap sistem maka sistem secara otomatis akan log out atau kembali ke form login. Sehingga jika Anda harus memasukkan kembali account Anda untuk masuk ke dalam Sistem yang sudah log out.

Untuk lebih jelas dan detailnya, silahkan Download Buku Manual Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum Tahun 2020/2021.



Demikian informasi tentang Buku Manual Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum Tahun 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Manual Aplikasi Pendataan Asesmen Kompetensi Minimum Tahun 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel