Mengatasi InfoGTK Login Error "Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah"

Tips Mengatasi Login InfoGTK Error - Laman InfoGTK adalah salah satu laman yang paling sering di kunjungi oleh Operator Dapodik guna membantu dan memastikan data PTK pada Satuan Pendidikannya telah Valid.

Tetapi semenjak adanya informasi tambahan yang tertera di laman InfoGTK antara lain Verval Ijazah dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemendikbud, Guru / PTK pun turut serta memantau dan membuka laman tersebut. Sehingga menyebabkan beberapa kendala seperti sulitnya mengakses laman InfoGTK dengan keterangan "502 Bad Gateway".

Selain itu, terdapat juga kendala lainnya dengan keterangan "InfoGTK Login Error, Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah". Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba bayangkan misalnya ada sebuah Toko dengan kapasitas pengunjung 100 dalam satu waktu, sekarang menjadi 10.000 pengunjung. Sudah pasti ada yang bisa masuk ataupun harus menunggu antrian.

Dan pada kesempatan kali ini, Sinau-Thewe.com akan berbagi tips mengatasi "InfoGTK Login Error, Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah" saat login pada laman InfoGTK seperti ditunjukan pada gambar berikut :


Terdapat beberapa faktor penyebab kendala diatas yaitu yang pertama akun PTK yang bersangkutan belum dilakukan verifikasi. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu tentang Rangkuman Permasalahan Dapodik Beserta Solusinya, disana dijelaskan bahwa bagi PTK yang belum melakukan Verifikasi Akun PTK maka PTK yang bersangkutan tidak dapat mengakses beberapa laman informasi yang salah satunya adalah laman InfoGTK. Maka satu-satunya solusi adalah melakukan Verifikasi Akun PTK.

Faktor kedua adalah disebabkan karena terdeteksi memiliki dua email dalam satu akun. Salah satu email sudah diverifikasi, tetapi karena datanya hilang pada laman Manajemen Dapodik di sp.datadik.kemdikbud.go.id, sehingga dibuatkan email baru yang menyebabkan terdata dua email. Solusinya adalah melakukan penghapusan data di Dinas Pendidikan setempat.

Dan apabila tetap tidak bisa login di InfoGTK meskipun username dan password sudah benar, cobalah beberapa tips berikut :

1. Tips yang pertama adalah dengan melakukan hapus data penjelajahan atau Clear History Browser, berikut adalah langkah-langkahnya :
  • Tekan tombol CTRL+H pada keyboard, kemudian akan keluar seluruh history penjelajahan.
  • Klik Hapus Data Penjelajahan.
  • Pada setelan Rentang Waktu, silahkan pilih Semua.
  • Klik tombol Hapus Data.
Cara diatas adalah cara menghapus history menggunakan browser Google Chrome. Untuk browser lainnya menyesuaikan.

2. Tips yang kedua adalah dengan cara Uninstal browser dan instal kembali browser yang digunakan. Hal tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan tips yang pertama.


4. Jika ketiga tips diatas belum berhasil, cobalah membuka laman InfoGTK dengan browser atau perangkat lainnya.

Penulis pun tidak luput dari kendala tersebut dan cukup mengatasinya dengan tips yang ketiga.

Demikian informasi tentang Mengatasi InfoGTK Login Error "Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Dan apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini, dan apabila ingin mendapatkan informasi / notifikasi tentang informasi / artikel / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Mengatasi InfoGTK Login Error "Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah""

  1. Saya sudah masuk dengan email dan password yang benar, tetapi tetap tidak bisa. Bagaimana ini? Teman-teman saya yang lain semua sudah bisa, hanya saya yang gagal login. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka pake Mozilla Firefox, pake itu lebih lancar

      Delete
  2. saya sudah bs masuk info gtk dan tinggal verval ijazah, saat sdh masuk di laman verval ijazah, saat mencari nama universitas, tulisannnya "The result can't be loaded".. bbrp teman sy juga seperti itu.. sy coba semua nama universitas juga seperti itu.. kira2 kenapa ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya karena trafic kak, dan pagi ini sistem dalam perbaikan (maintenance), kalo kemarin saya juga gitu, tp saya coba buka pake browser lain akhirnya nama PT muncul.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel