Mengatasi InfoGTK Login Error "Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah"

Tips Mengatasi Login InfoGTK Error - Laman InfoGTK adalah salah satu laman yang paling sering di kunjungi oleh Operator Dapodik guna membantu dan memastikan data PTK pada Satuan Pendidikannya telah Valid.

Tetapi semenjak adanya informasi tambahan yang tertera di laman InfoGTK antara lain Verval Ijazah dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) Kemendikbud, Guru / PTK pun turut serta memantau dan membuka laman tersebut. Sehingga menyebabkan beberapa kendala seperti sulitnya mengakses laman InfoGTK dengan keterangan "502 Bad Gateway".

Selain itu, terdapat juga kendala lainnya dengan keterangan "InfoGTK Login Error, Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah". Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba bayangkan misalnya ada sebuah Toko dengan kapasitas pengunjung 100 dalam satu waktu, sekarang menjadi 10.000 pengunjung. Sudah pasti ada yang bisa masuk ataupun harus menunggu antrian.

Dan pada kesempatan kali ini, Sinau-Thewe.com akan berbagi tips mengatasi "InfoGTK Login Error, Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah" saat login pada laman InfoGTK seperti ditunjukan pada gambar berikut :


Terdapat beberapa faktor penyebab kendala diatas yaitu yang pertama akun PTK yang bersangkutan belum dilakukan verifikasi. Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu tentang Rangkuman Permasalahan Dapodik Beserta Solusinya, disana dijelaskan bahwa bagi PTK yang belum melakukan Verifikasi Akun PTK maka PTK yang bersangkutan tidak dapat mengakses beberapa laman informasi yang salah satunya adalah laman InfoGTK. Maka satu-satunya solusi adalah melakukan Verifikasi Akun PTK.

Faktor kedua adalah disebabkan karena terdeteksi memiliki dua email dalam satu akun. Salah satu email sudah diverifikasi, tetapi karena datanya hilang pada laman Manajemen Dapodik di sp.datadik.kemdikbud.go.id, sehingga dibuatkan email baru yang menyebabkan terdata dua email. Solusinya adalah melakukan penghapusan data di Dinas Pendidikan setempat.

Faktor yang ketiga adalah dikarenakan PTK yang bersangkutan belum ditetapkan sebagai salah satu PTK di sekolah induk. Untuk memastikannya, PTK bisa berkomunikasi dengan Operator Dapodik sekolah. Dan jika belum di tetapkan sebagai PTK di sekolah induk, silahkan berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat untuk perubahan data dengan membawa Berkas Persyaratan yang dibutuhkan.

Dan apabila tetap tidak bisa login di InfoGTK meskipun tidak disebabkan oleh permasalahan diatas serta username dan password sudah benar, cobalah beberapa tips berikut :

1. Tips yang pertama adalah dengan melakukan hapus data penjelajahan atau Clear History Browser, berikut adalah langkah-langkahnya :
  • Tekan tombol CTRL+H pada keyboard, kemudian akan keluar seluruh history penjelajahan.
  • Klik Hapus Data Penjelajahan.
  • Pada setelan Rentang Waktu, silahkan pilih Semua.
  • Klik tombol Hapus Data.
Cara diatas adalah cara menghapus history menggunakan browser Google Chrome. Untuk browser lainnya menyesuaikan.

2. Tips yang kedua adalah dengan cara Uninstal browser dan instal kembali browser yang digunakan. Hal tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan tips yang pertama.


4. Jika ketiga tips diatas belum berhasil, cobalah membuka laman InfoGTK dengan browser atau perangkat lainnya.

Penulis pun tidak luput dari kendala tersebut dan cukup mengatasinya dengan tips yang ketiga.

Demikian informasi tentang Mengatasi InfoGTK Login Error "Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Dan apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah informasi ini, dan apabila ingin mendapatkan informasi / notifikasi tentang informasi / artikel / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

22 Responses to "Mengatasi InfoGTK Login Error "Masuk Menggunakan SSO Dapodik Sedang Bermasalah""

  1. Saya sudah masuk dengan email dan password yang benar, tetapi tetap tidak bisa. Bagaimana ini? Teman-teman saya yang lain semua sudah bisa, hanya saya yang gagal login. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka pake Mozilla Firefox, pake itu lebih lancar

      Delete
  2. saya sudah bs masuk info gtk dan tinggal verval ijazah, saat sdh masuk di laman verval ijazah, saat mencari nama universitas, tulisannnya "The result can't be loaded".. bbrp teman sy juga seperti itu.. sy coba semua nama universitas juga seperti itu.. kira2 kenapa ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya karena trafic kak, dan pagi ini sistem dalam perbaikan (maintenance), kalo kemarin saya juga gitu, tp saya coba buka pake browser lain akhirnya nama PT muncul.

      Delete
  3. Pak...saya login info gtk incorrect terus..coba masuk lewat ptk.datadik juga malah ptk tdk ditemukan..apa ini pengaruh saya merangkap sebagai operator dapodik??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tanya, satu akun utk PTK dan OP atau dua akun berbeda kak? Kalau berbeda, coba buka pake browser lain, saya juga mengalami.

      Delete
  4. pak saya login info gtk incoreect terus,,apa karena satu akun untuk ptk dan op,,trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba buka melalui laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id kak, kalo engga ya coba buka pakai browser lain. Dan pastikan dulu akun telah terverifikasi

      Delete
  5. Saya bisa login ke ptk.datadik.kemdikbud.go.id, sudah verivikasi akun jga...
    tapi kenapa nggk bisa login ke info GTK ya? Login error terus...
    padahal email n passwd sdh benar...
    ganti browser n ganti laptop jga tetap sama aja nggk bisa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya masalah seperti ini ditemukan kalau pakai browser Google Chrome, coba kakak login pakai Mozilla atau lainnya, lebih lancar.

      Delete
  6. Saya juga admin masuk sso datadik bisa di cek SDH di verifikasi email-nya.
    Tp ketika masuk info gtk pasti ke back eror trs.
    Gmna solusiny min ?

    ReplyDelete
  7. bisa login ptk.datadik tetapi tidak bisa login infogtk, ktererangannya PTK tidak ditemukan. solusinya gimana ya? makasih jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah login di ptk.datadik, coba cek di rincian data individu, disana ada alamat email. Apakah email tersebut sama dg alamat email yg digunakan utk login? Kalau tidak sama, paling sering2 buka ptk.datadik, tunggu sampai email itu sama. Kemungkinan karena hal tsb jadi ngga bisa buka infogtk

      Delete
  8. Mohon solusinya pak di dapodik saya kepala sekolah sebagai PLT dikarenakan bukan sekolah induk.... Saya coba pakai username yg sama dg username yg di induk namun di dapodik non induk saya pakai paswort yg berbeda untuk memverifikasi akun PLT kepala sekolah.... Sstah saya verifikasi akun aktif di sebagai tendik setelah saya login ke info gtk kok selalu muncul eror padahal waktu verifikasi individu tidak ada masalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Verifikasi akun hanya dapat di lakukan di Sekolah induk, sekolah non induk tidak di verifikasi. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak.

      Delete
  9. Login info GTK Error :
    Masuk menggunakan SSO Dapodik sedang bermasalah:

    mohon bantuannya kak..?

    ReplyDelete
  10. Mohon bantuannya kenapa info gtk tidak bisa di buka erorr terus ,pernah bisa di buka tp data tidak di temukan padahal akun sudah terverifikasi di data ptk di buka di info gtk sim gpo eror menggunakan SSO dapodik sedang bermasalah terus,bagaimana solusinya ? Saya mau meng verifikasi ijasah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Status datanya "sekolah induk" atau bukan ya kak? Coba kordinasi dg operator ya kak

      Delete
  11. Kenapa ya ga bisa log in info GTK, masuk mnggunakan SSO dapodik juga eror, sekalinya bisa log in tdk muncul info nya. Email sdh verifikasi. Apa ada yg salah

    ReplyDelete
  12. Punten mau tanya pak, saya bisa masuk di sso datadik menggunakan email A, tetapi pada saat menggunakan email A untuk membuka akun gtk tidak bisa, data tidak di temukan. Malahan bisa ke bukanya menggunakan email B, yang waktu tahun Kemarin pernah di pakai, tetapi walaupun bisa ke buka semua datanya tidak ada, hanya ada rekaman data waktu semester 1. Apakah ada solusinya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek terlebih dahulu email di Dapodiknya kak, apakah email A atau B. Jika masih tercatat email B, coba kakak minta reset ke Dinas Pendidikan kak, nonaktifkan akun lama dan registrasi dengan akun baru. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel