Cara Menghapus Riwayat Pendidikan PTK Yang Ganda di Dapodik 2021.b

Cara Hapus Riwayat Pendidikan PTK Yang Ganda - Kali ini Sinau-Thewe.com akan menjawab pertanyaan dari beberapa teman-teman yang mengalami kendala data Riwayat Pendidikan PTK menjadi ganda / banyak. Misalnya data pendidikan untuk Jenjang Pendidikan S1 pada salah satu PTK menjadi beberapa baris data.


Kendala diatas dialami oleh Operator Dapodik atau PTK setelah menginstal Aplikasi Dapodik Versi 2021.b. Untuk menghapus Riwayat Pendidikan yang ganda, tidak bisa dilakukan secara langsung di Individual PTK atau tepatnya pada laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/. Hal ini karena fitur hapus atau delete baris data Riwayat Pendidikan belum aktif. Perhatikan gambar berikut :


Jadi apabila ada PTK yang mengalami kendala diatas, silahkan berkordinasi dengan Operator Dapodik agar dapat menghapus data Riwayat Pendidikannya melalui Aplikasi Dapodik Versi 2021.b. Langkah-langkah menghapus riwayat pendidikan ganda hampir sama langkahnya dengan Cara Mengubah atau Menambah Riwayat Pendidikan PTK di Dapodik Versi 2021.b.

Cara Menghapus Riwayat Pendidikan PTK Yang Ganda di Dapodik 2021.b


2. Login menggunakan akun Operator Dapodik
3. Klik menu Pengaturan
4. Klik tombol Tukar Pengguna
5. Masukan Kode Registrasi
6. Cari PTK yang akan di ubah Riwayat Pendidikannya.
7. Klik Tukar Pengguna.
8. Klik menu GTK, kemudian pilih sub menu Guru atau Tendik.
9. Klik data PTK yang bersangkutan.
10. Klik tombol Ubah dan akan keluar Edit Data GTK.
11. Klik tab Riwayat Pendidikan Formal.
12. Klik salah satu baris Riwayat Pendidikan yang akan dihapus, perhatikan gambar berikut :


13. Kemudian klik tombol Delete
14. Sisakan hanya satu baris data Riwayat Pendidikan tersebut.
15. Lakukan sinkron dan tunggu minimal 1x24 jam.
16. Silahkan buka dan cek kembali di laman Individual PTK.
17. Selesai.

Demikian tutorial tentang Cara Menghapus Riwayat Pendidikan PTK Yang Ganda di Dapodik 2021.b yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang terletak dibawah tutorial ini, dan apabila ingin mendapatkan informasi / artikel / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Cara Menghapus Riwayat Pendidikan PTK Yang Ganda di Dapodik 2021.b"

  1. Saya sudah dilakukan perbaikan data data hapus data pendidikan yg ganda di dapodik oleh operator sekolah, namun masih muncul ganda di info gtk pak, bgm solusi pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laman InfoGTK tidak realtime kak, artinya pasca dapodik sinkron tidak bisa langsung berubah. Yg ptg sudah di sinkron dan sering pantau aja infogtknya

      Delete
    2. Kak, pake aplikasi dapodik versi berapa op disekolah nya? Sehingga bisa menghapus riwayat pendidikan yang ganda itu kk?

      Delete
  2. Mhn info.saya sdh buat d akun ptk dan kelebihan riwayat pendidikan S1 nya,tapi saat saya buka dapodik,riwayat pendidikan yang salah buanyak itu di akun ptk, malah tidak tampak di dapodik ptk tersebut. mhn info dan sarannya, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapodik di sinkron terlebih dahulu dan tarik data, oleh Operator / Akun Kepala Sekolah, setelah Bapak/Ibu melakukan edit riwayat pendidikan S1 ganda/salah. Kemudian baru dapat dilihat di Dapodik, riwayat pendidikan yang ganda/salah tersebut. Lakukan hapus riwayat pendidikan di Dapodik dengan akun PTK.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel