NIK Invalid di VervalPTK Padahal Sudah Sesuai KTP

Cara Memperbaiki NIK di VervalPTK - Mengapa NIK di VervalPTK tidak valid atau invalid padahal datanya sudah sesuai dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK (Kartu Keluarga)? Yang pasti, jangan hanya terfokuskan pada data di VervalPTK ataupun Dapodik saja.

Tapi cek secara teliti dan detail pada bukti fisiknya yaitu Kartu Keluarga ataupun KTP. Berikut ini merupakan faktor penyebab NIK invalid pada VervalPTK meskipun datanya telah sesuai beserta solusinya:




1. KTP belum menggunakan KTP seumur hidup / E-KTP.

Meskipun terlihat sepele, tapi hal tersebut merupakan salah satu faktor NIK PTK di VervalPTK menjadi Invalid. Untuk memastikannya, cek secara fisik pada KTP yang bersangkutan, apakah KTP tersebut sudah menggunakan E-KTP atau belum? 

Jika belum, instruksikan PTK tersebut untuk segera merubah KTP ke Dukcapil setempat. Setelah E-KTP berhasil dibuat, segeralah berkomunikasi dengan Operator Dapodik agar melakukan Sinkronisasi Dapodik.


2. Belum Update Data ke Dukcapil.

Untuk mengatasi hal ini, solusinya hanya satu yaitu melakukan pemutakhiran data di Dukcapil. Mengapa demikian, terkadang bukti fisik yang dipegang oleh PTK, baik KTP ataupun KK terdapat perbedaan data di Database Dukcapil. Perbedaan tersebut bukan hanya pada identitas (nama, tempat tanggal lahir) tapi bisa juga NIK berbeda.

Dan apabila benar terdapat perbedaan, dan telah dilakukan pemutakhiran data di Dukcapil, segera berkomunikasi dengan Operator Dapodik untuk Memperbaiki Data PTK di VervalPTK dengan melampirkan bukti fisik beruba Akta Kelahiran / KTP / KK.


Baca Juga :



3. Cek Kelengkapan Data Lain Seperti Nama, Tempat / Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung.

Faktor yang ketiga adalah terdapat perbedaan identitas di Dukcapil dengan Dapodik. Hal yang umum terjadi adalah pada Nama PTK. Terkadang Nama PTK di Dukcapil menggunakan gelar pendidikan, dan di Dapodik tidak menggunakan. Sehingga, pada VervalPTK membaca data tersebut berbeda. Solusinya adalah segera mengajukan VervalPTK dengan melampirkan bukti fisik.


4. Jika sudah di cek secara menyeluruh ternyata datanya telah sesuai tetapi tetap dinyatakan invalid, cobalah / paksa dengan melakukan perubahan data di VervalPTK.

Demikian informasi tentang NIK Invalid di VervalPTK Padahal Sudah Sesuai KTP yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "NIK Invalid di VervalPTK Padahal Sudah Sesuai KTP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel