Penyebab & Solusi Nomor Ijazah Tidak Muncul Saat Verval Ijazah

Nomor Ijazah Kosong Saat Verval Ijazah - Point penting saat melakukan Verval Ijazah adalah memastikan data yang ditampilkan telah lengkap dan benar berdasarkan bukti fisik. Bukti fisik yang dimaksud adalah ijazah PTK yang bersangkutan. 

Jika data yang ditampilkan telah lengkap dan benar, maka PTK tersebut dapat melanjutkan proses Verval Ijazahnya. Tetapi apabila data yang ditampilkan belum lengkap atau ada kekeliruan, sebaiknya tunda terlebih dahulu Verval Ijazahnya dan cari tahu apa penyebabnya.

Proses diatas dikenal dengan Verval atau (Verifikasi dan Validasi). Verifikasi merupakan sebuah proses cek data secara elektronik yang dilakukan oleh PTK berdasarkan data dari database Kemendikbud. Sedangkan Validasi merupakan proses akhir yang digunakan sebagai bentuk hasil persetujuan yang diberikan oleh PTK terhadap data yang ada.




Data yang perlu dilakukan Verval saat Verval Ijazah antara lain :
  1. Nama PTK
  2. Nama Perguruan Tinggi
  3. Nama Program Studi / Prodi
  4. Nomor Ijazah
  5. Tahun Masuk
  6. Tahun Lulus

Dari data tersebut, salah satu hal yang sering dikeluhkan dan ditanyakan oleh PTK adalah Nomor Ijazah. Dimana terdapat tidak sedikit PTK yang mengalami Nomor Ijazah "Kosong" atau "Null". Untuk itu pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan tips mencari Penyebab & Solusi Nomor Ijazah Tidak Muncul Saat Verval Ijazah.


Penyebab & Solusi Nomor Ijazah Tidak Muncul Saat Verval Ijazah



Nomor Ijazah "Kosong" atau "Tidak Muncul" disebabkan beberapa hal antara lain :
  1. PTK yang bersangkutan masih kuliah atau belum lulus kuliah sehingga belum mendapatkan ijazah.
  2. PTK yang bersangkutan belum mendapatkan ijazah karena baru lulus kuliah.
  3. Lulus kuliah sebelum tahun 2002/2003.
  4. Ijazah belum di daftarkan oleh Perguruan Tinggi

Untuk memastikannya, PTK dapat melakukan cek keabsahan ijasah secara mandiri melalui laman SIVIL, PD Dikti dan Forlap. Bagaimana cara ceknya? Sinau-Thewe.com telah membahasnya pada artikel Cara Cek Keabsahan Ijazah di SIVIL, PD Dikti dan Forlap.

Jika dari ketiga laman informasi tersebut ternyata data ijazahnya belum lengkap, terutama adalah Nomor Ijazah, satu-satunya solusi adalah menghubungi Perguruan Tinggi / Universitas yang menerbitkan ijazah untuk melakukan pelaporan atau perubahan data.

Perubahan data tersebut hanya dapat dilakukan hanya melalui Perguruan Tinggi atau Universitas. Sedangkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tidak menambahkan, mengubah dan menghapus data tanpa ada permintaan dari Perguruan Tinggi.

Bagaimana jika nama Perguruan Tinggi atau Program Studi tidak muncul? Silahkan simak Cara Mengatasi Nama Universitas /  Program Studi Yang Tidak Muncul Saat Verval Ijazah.

Demikian informasi tentang Penyebab & Solusi Nomor Ijazah Tidak Muncul Saat Verval Ijazah yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya pada kolom komentar yang tertera dibawah tutorial ini, dan apabila ingin mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi tentang artikel / informasi / tutorial terbaru lainnya dari Sinau-Thewe.com, silahkan klik tombol Ikuti.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

18 Responses to "Penyebab & Solusi Nomor Ijazah Tidak Muncul Saat Verval Ijazah"

  1. Ijazah saya ketika saya cek di pd dikti ataupun sivil sudah ada nomor ijazahnya dan datanya sudah benar. Tapi kenapa diverval ijazah tidak muncul nomor ijazahnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya nanti saat Verval diminta upload Ijazah, kemungkinan karena belum terbarukan datanya, yg ptg di SIVIL sudah lengkap. Nanti di Verval otomatis terisi. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak

      Delete
  2. verval ijazah nomor ijazahnya tidak muncul, lulus tahun 2003 mohon solusinya bapak ibuk


    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di laman SIVIL kak, disana datanya ditemukan dan lengkap atau tidak, jika datanya tidak ditemukan, silahkan kakak ke Perguruan Tinggi untuk meminta data ijazahnya di entry ke Dikti. Setelah itu, kakak baru lakukan verval. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak

      Delete
  3. Sampai hari ini sulit verval kak, solusinya gimana

    ReplyDelete
  4. Sama. Saya sudah selesai verval ijazah tapi nomor ijazah tdk nampak muncul 00000
    Kl di PDdikti sudah selesai nomor ijazah lengkap.
    Help. Bagaiman solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo masalah seperti ini diminta unggah ijazah saat verval kak, ngga papa di verval saja, yg ptg di PDDikti, Forlap, CIVIL dan di dapodik telah sesuai.

      Delete
  5. Saya sdh verval ijazah trus status verval ijazah saya sdh verval sdh selesai, masalahnya knp diverval ijazsh saya tdk muncul nmr ijazsh dan tahun lulus.

    ReplyDelete
  6. Nama dan tgl masuk saya tak keluar, pdhl upload sdh selesai, bgmn solusinya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di CIVIL, PD Dikti dan Forlap datanya lengkap, ngga papa di verval saja, tinggal tunggu approval Operator Pusat kak

      Delete
  7. Slmt siang min
    Mohon bantuanya
    Izajah sy di dikti n disivil belum ada
    Sy sdh mengabdi n didapodik n sy sdh kedaftar
    Data sy acak2 didapodik
    Temen2 bilang suruh lapor kekampus untuk mendaftarkan izajah ke dikti, tp dr pihak kampus belum ada respon sampai hari ini
    Dan sy belum bisa verval sampai hari ini
    Solusinya bagaimana ya admin
    Trimakasih bantuannya🙏

    ReplyDelete
  8. selamat siang saya mengajar di SD dan sudah verval namun ijazah yang diverval adalah ijazah Matematika. pada tanggal 29 desember ijazah PGSD saya keluar maklum saya baru wisuda persamaan PGSD bulan november. Pada saat saya klik perbaikan validasi ternyata sudah tidak bisa. Bagaimana solusinya?apakah pada saat daftar PPPK harus menggunakan ijazah PGSD karena saya mengajar di SD atau Ijazah Matematika sesuai yang di verval. terima kasih

    ReplyDelete
  9. Saya lulus tgl 26 Sep dan sudah wisuda 24 Jan.. tpi hari ini ngurus ke kampus ijazah belum keluar, katanya blum muncul di pddikti

    ReplyDelete
  10. Sudah verval ijazah namun nomor ijazahnya kosong, saya lulusan tahun 2007. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Saya lulus tahun 2011 dan izasah saya terdaftar didikti tapi tidak muncul pada saat verfal. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  12. Nama saya tidak muncul tapi data yg lain muncul

    ReplyDelete
  13. Nama pada ijazah tidak.muncul tapi data yang lain muncul, knp ya?

    ReplyDelete
  14. Saya angkatan 2002, bagaimana pak jika nomor ijazah di verval kosong, dan solusi dari perguruan tinggi itu hanya mengeluarkan surat keabsahan ijazah tanpa input pembaharuan terhadap data mahasiswa tersebut? Terima kasih

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel