Materi Ujian dan Jadwal Persiapan Seleksi PPPK Guru

Materi Tes PPPK - Pemerintah melalui Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) akan melakukan rekrutmen atau seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK yang dimulai pada tahun 2021 hingga tahun 2024 mendatang.

Untuk mendapatkan Guru yang profesional, Kemendikbud telah menyiapkan dan akan memberikan Materi Pembelajaran bagi peserta seleksi PPPK secara daring atau online sebelum ujian dilakukan. Dengan kata lain, seluruh peserta seleksi akan mendapatkan materi yang sama.




Pemberian Materi Pembelajaran pra-ujian digunakan untuk melihat bagaimana kemampuan peserta seleksi dalam mengikuti ujian. Sehingga akan terciptanya mutu terbaik bagi peserta seleksi yang terpilih nantinya.

Kemendikbud memastikan bahwa Ujian PPPK berbeda dengan ujian CPNS karena tidak ada seleksi kompetensi dasar, hanya seleksi kompetensi bidang atau teknis.

Terdapat empat materi ujian atau tipe konten ujian pada seleksi PPPK, dimana pada setiap materi ujian memiliki jumlah butir soal, waktu dan bobot yang berbeda. Materi ujian tersebut antara lain Kompetensi Teknis (sesuai mata pelajaran), Tes Bakat Skolastik (penalaran), Kemampuan Manajerial, Sosio Kultural, dan Pertanyaan Wawancara (dijawab secara tertulis).

Baca Juga : Skema PPPK 2021

Sedangkan untuk Jadwal persiapan adalah sebagai berikut :
1. Bulan Desember 2020
  • Database Kualifikasi InfoGTK
  • Data Kebutuhan - Daerah
2. Bulan Januari 2021
  • Kepmendikbud - Kualifikasi Pendidikan
3. Bulan Februari 2021
  • Materi Pembelajaran
4. Pengumuman Seleksi
5. Ujian Seleksi


Demikian informasi tentang Materi Ujian dan Jadwal Persiapan Seleksi PPPK Guru yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Materi Ujian dan Jadwal Persiapan Seleksi PPPK Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel