Soal Wawancara PPPK 2021 dan Pembahasan

Soal PPPK Wawancara 2021 - Berdasarkan Rincian Materi Seleksi PPPK 2021 dijelaskan bahwa Ujian / Seleksi PPPK berbeda dengan ujian CPNS dimana tidak ada Seleksi Kompetensi Dasar, melainkan Seleksi Kompetensi Bidang / Teknis.

Seleksi PPPK memiliki 5 (lima) Tipe Konten Soal dengan jumlah soal, batas waktu maksimal mengerjakan dan bobot yang berbeda, berikut rinciannya :
  1. Kompetensi Teknis (sesuai mata pelajaran) 50 butir soal dalam waktu 60 menit.
  2. Tes Bakat Skolastik (penalaran) 40 butir soal dalam waktu 60 menit.
  3. Manajerial sebanyak 30 butir soal dalam waktu 25 menit.
  4. Sosio-Kultural sebanyak 20 butir soal dalam waktu 15 menit.
  5. Pertanyaan Wawancara (dijawab secara tertulis) sebanyak 10 soal dalam waktu 10 menit.

Dari ke-lima Tipe Konten Soal PPPK diatas memiliki bobot yang berbeda. Untuk Kompetensi Teknis dan Tes Bakat Skolastik memiliki bobot sebesar 60%, sedangkan Manajerial, Sosio-Kultural dan Pertanyaan Wawancara memiliki bobot 40%.

Untuk membantu Bapak / Ibu dalam mempelajari Materi Seleksi PPPK 2021, pada kesempatan kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan Bank Soal Wawancara Selesi PPPK Tahun 2021 yang sudah lengkap dengan jawaban serta pembahasan. Dengan harapan bisa menambah wawasan dan menambah referensi literasi bagi Bapak / Ibu yang memerlukan.




Bank Soal Wawancara Seleksi PPPK Tahun 2021



1. Anda ditunjuk sebagai Ketua Rapat dan ketika rapat sedang berlangsung ada salah seorang peserta rapat yang menerima telepon. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan ?
A. Membiarkannya menerima telepon
B. Menegurnya supaya keluar dari rapat
C. Membiarkannya

Pembahasan : Anda berada pada posisi sebagai ketua rapat. Seorang ketua rapat harus mempunyai wibawa, tegas, tanggung jawab dan bijaksana dalam mengatur jalannya rapat. Membiarkannya menerima telepon merupakan jawaban yang paling tepat, karena tindakan tersebut merupakan tindakan bijaksana serta dapat dimaklumi karena peserta rapat tersebut bisa saja menerima telepon yang sangat penting penting dari keluarga, rekan kerja atau pihak Iain.


2. Terdapat siswa yang mengeluhkan kepada guru bahwa dalam tugas-tugas kelompok seringkali dipaksakan teman-temanya untuk menyelesaikan tugas itu sendirian. Hal ini karena, siswa tersebut selain pandai, juga anak orang berada sehinga kebutuhan-kebutuhan dalam mengerjakan tugas mudah dipenuhi. Menanggapai hal tersebut, anda ...
A. Memfasilitasi pertemuan anggota kelompok, agar tidak ada pemaksaan dan semua ikut berkontribusi.
B. Memberikan terguran kepada siswa-siswa yang enggan terlibat dalam kerja kelompok.
C. Meningkatkan pemantuan proses kerja kelompok dan menginformasikan hasil evaluasi serta keterlibatan setiap anggota dalam kerja kelompok.

Pembahasan : Sebagai seorang guru tidak hanya sekedar memantau, tapi juga melakukan dan menginformasikan hasil evaluasi pembelajarannya.


3. X adalah siswa yang pendiam dan memiliki prestasi akademik yang rendah, namun memiliki bakat yang sangat baik dalam bidang seni tari. Sebagai guru, saya menghadapi siswa seperti X dengan ...
A. Membimbing X untuk meningkatkan prestasi akademiknya disertai bakat menari agar berkembang secara optimal.
B. Membiarkan saja karena masing-masing siswa akan berkembang dengan sendirinya.
C. Memberikan PR yang lebih banyak dari yang Iain untuk meningkatkan prestasi akademik.

Pembahasan : Prestasi akademik dan non akademik harus berjalan beriringan, jadi disamping kita memfasilitasi dan mendukung bakatnya kita juga harus membimbing bagian akademiknya.


4. Sebagai guru yang dianggap kompeten , anda diminta menggantikan guru Iain yang kebetulan sakit, untuk mengkooordinasikan panitia kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI di sekolah. Yang akan anda lakukan atas permintaan ini adalah ...
A. Menerima tugas itu, dan menjalakannya setelah tugas-tugas Iain yang datang terlebih dahulu.
B. Mengkoordinasikan dan bersinergi dengan pihak-pihak yang terlibatkan dalam kepanitiaan.
C. Walaupun dengan berat hati akan bekerja dan menjalankan tugas itu apa adanya.

Pembahasan : Sebagai guru yang berkompeten, baiknya anda dapat berkoordinasi dan bersinergi seperti apa yang telah ditugaskan oleh guru yang anda gantikan.


5. Anda diberikan amanah sebagai ketua panitia penerimaan siswa baru dengan sistem zonasi. Daya tampung sekolah anda 120 siswa, kebetulan calon siswa urutan ke 120 ada dua calon siswa yang skornya sama. Salah satunya adalah keponakan kepala sekolahmu tetapi pada saat pendaftarannya kalah dulu dengan siswa yang bukan keponakan kepala sekolah. Hal apa yang akan anda lakukan ...
A. Menerima keponakan kepala sekolah meskipun mendaftarnya lebih dulu calon siswa lainnya.
B. Menerima siswa lainnya karena mendaftar lebih dulu untuk menjaga objektivitas.
C. Membahas dalam rapat panitia agar keputusan yang diambil lebih objektif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pembahasan : Segala sesuatu yang menyangkut orang banyak atau suatu organisasi maka semua keputusan harus diambil melalui kesepakatan rapat.


6. Anda merupakan seorang guru baru yang bertugas membantu bendahara sekolah dalam proses pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah. Saat itu Anda ditugaskan untuk membantu Bendahara yang akan melaksanakan pembuatan LPJ dana BOS ,namun Anda mengetahui bahwa Bendahara tersebut dalam membuat laporan pembelanjaan fiktif. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan?
A. Menegur bendahara tersebut
B. Melaporkan kepada kepala sekolah bahwa bendahara tersebut membuat laporan pembelanjaan fiktif.
C. Membiarkannya saja karena bukan urusan saya.

Pembahasan : Posisi Anda pada soal ini yaitu sebagai seorang seorang guru baru yang harus profesional dan berdedikasi dalam membantu tugas bendahara. Namun disisi Iain, posisi Anda sebagai pembantu bendahara anda juga bertanggung jawab kepada kepala sekolah yang telah memberikan anda tugas tersebut.


7. Anda merupakan seorang asisten yang bertugas membantu dokter dalam proses operasi bedah. Saat itu Anda ditugaskan untuk membantu dokter yang akan melaksanakan operasi bedah, namun Anda mengetahui bahwa dokter tersebut dalam keadaan mabuk minuman alkohol. Apakah tindakan yang akan Anda lakukan?
A. Menegur dokter tersebut
B. Melaporkan kepada atasan bahwa dokter dalam keadaan mabuk
C. Membiarkannya yang penting pelaksanaan tercapai

Pembahasan : Posisi Anda pada soal ini yaitu sebagai seorang Asisten yang harus profesional dan berdedikasi dalam membantu tugas dokter. Namun disisi Iain, posisi Anda sebagai pelayan kesehatan juga harus memperhatikan betul-betul kesehatan dan keselamatan pasien serta SOP (Standar Operasional Prosedur).


8. Pandangan Anda tentang keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah adalah ...
A. Masyarakat memiliki potensi-potensi yang dapat dikolaborasikan dengan kegiatan sekolah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku
B. Masyarakat merupkan partner sekolah dalam memajukan pendidikan peserta didik, sehingga perlu diikutkan dalam perencanaan sekolah.
C. Masyarakat dan sekolah perlu bekerjasama dengan membuat kontrak kesepakatan yang nyata dalam dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pembahasan : Masyarakat memiliki potensi-potensi yang dapat dikolaborasikan dengan kegiatan sekolah mengingat bahwa sekolah berfungsi sebagai lembaga yang melayani anggota-anggota masyarakat dalam bidang pendidikan.


9. Sudah seminggu sampah di depan rumah Anda tidak diambil oleh petugas pengambil sampah karena mobil pengangkut sampah rusak. Beberapa warga disekitar anda tidak sabar IaIu mewadahi sampahnya pada wadah plastik kemudian dibuangnya sampah dalam bungkusan plastik itu satu demi satu ke sungai yang ada di a ntara kampung. Hal apa yang anda lakukan sebagai guru ...
A. Mengingatkan warga agar tidak membuang sampah ke sungai karena akan menimbulkan banjir.
B. Membicarakan persoalan tersebut dengan ketua RT dan tokoh masyarakat untuk mencari solusinya.
C. Menyewa mobil yang dapat mengangkut sampah untuk mengangkut sampah yang menumpuk.

Pembahasan : Kasus pada soal di atas berkaitan dengan kepentingan orang banyak, sehingga tidak bisa diputuskan sendiri, dan harus didiskusikan dengan pihak terkait, seperti ketua RT, atau tokoh masyarakat setempat.


10. Suatu ketika hasil pekerjaan yang sudah anda kerjakan dengan susah payah dikritik tajam oleh kepala sekolah. Menghadapi kritikan tersebut, penyataan paling mendekati reaksi Anda adalah ...
A. Tidak membalas kritikan tersebut dan juga tidak melakukan perbaikan karena tidak ada gunanya.
B. Tetap mempertahankan hasil pekerjaan saya dan beragumentasi dengan kepala sekolah.
C. Menahan diri, mencermati krtitikan tersebut untuk melakukan perbaikan.

Pembahasan : Dalam menghadapi sebuah kritikan, alangkah baiknya untuk mencermati kritikan tersebut, karena dengan mencermati kita dapat mengetahui kritkan tersebut benar atau tidak, sehingga kita dapat melakukan perbaikan.


11. Di sekolah tempat anda bekerja masih sering dijumpai beberapa siswa yang merokok di kamar mandi, padahal sekolah sudah memeberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak merokok dan tidak membawa rokok ke dalam area sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan tauladan, berikan solusi atas permasalahan di atas!
A. Saya akan lebih aktif dalam meperingatkan siswa-siwa yang kedapatan sering merokok di kamar mandi.
B. Bersama seluruh komponen sekolah, untuk memberikan contoh perilaku baik tidak merokok.
C. Karena ada petugasnya masing-masing (Guru BK), sebaiknya saya diam saja.

Pembahasan : Untuk memberikan contoh perilaku yang baik, guru saja tidak cukup dan harus di dukung seluruh warga sekolah bersama seluruh komponennya dan menjadi tauladan.


Bagi yang memerlukan soal diatas, silahkan Unduh Soal Wawancara PPPK 2021 dan Pembahasan pada tautan berikut :




Demikian informasi tentang Soal Wawancara PPPK 2021 dan Pembahasan yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Soal Wawancara PPPK 2021 dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel