SK Satgas Covid-19 SD,SMP,SMA,SMK

Contoh SK Satgas Covid Satuan Pendidikan - Setelah Satuan Pendidikan menyusun SOP Tatap Muka, tahap berikutnya yang harus dilakukan oleh Satuan Pendidikan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah perlu membentuk Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Hal tersebut dilakukan demi kesehatan dan keselamatan semua warga Satuan Pendidikan serta menjadi prioritas utama yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19.

Tim Satgas Covid-19 ditentukan oleh pemangku kepentingan berdasarkan Rapat Dewan Guru ataupun lainnya. Dimana didalamnya berisikan daftar nama petugas serta uraian tugas masing-masing jabatan. Adapun anggaran yang dibutuhkan akibat adanya keputusan tersebut dapat dibebankan pada anggaran Satuan Pendidikan.




Tugas Satgas Covid-19 Satuan Pendidikan



Terdapat beberapa uraian tugas bagi Tim Satgas Covid-19 di Satuan Pendidikan, antara lain :
A. Tim Pembelajaran, Psikososial dan Tata Ruang
  • Melakukan pembagian kelompok belajar dalam rombongan belajar yang sama dan pengaturan jadwal pelajaran untuk setiap kelompok dalam rombongan belajar sesuai dengan ketentuan pada masa transisi.
  • Melakukan pengaturan tata letak ruangan
  • Melakukan pengaturan lalu lintas 1 (satu) arah di lorong/koridor dan tangga. Jika tidak memungkinkan, memberikan batas pemisah dan penanda arah jalur di lorong/koridor dan tangga.
  • Menerapkan mekanisme pencegahan perundungan bagi warga satuan pendidikan yang terstigma COVID-19 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan.
  • Mempersiapkan layanan bantuan kesehatan jiwa dan psikososial bagi seluruh warga satuan pendidikan

B. Tim Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan
  • Pemantauan kesehatan berfokus kepada gejala umum seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala, mual/muntah, diare, anosmia (hilangnya kemampuan indra penciuman), atau ageusia (hilangnya kemampuan indra perasa).
  • Pemantauan dilaksanakan setiap hari sebelum memasuki gerbang satuan pendidikan oleh tim kesehatan.
  • Jika warga satuan pendidikan memiliki gejala umum sebagaimana dimaksud pada angka 1), wajib diminta untuk kembali ke rumah untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 (empat belas) hari. Jika gejala memburuk dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.
  • Jika warga satuan pendidikan teridentifikasi ada riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif COVID-19, maka tim kesehatan satuan pendidikan melakukan tindakan secara maksimal.
  • Jika terdapat orang yang serumah dengan warga satuan pendidikan teridentifikasi gejal COVID-19, maka tim kesehatan satuan pendidikan melakukan tindakan secara maksimal.
  • Jika terdapat warga satuan pendidikan yang tidak hadir karena sakit dan memiliki gejala umum, maka tim kesehatan satuan pendidikan melakukan tindakan secara maksimal.
  • Pemantauan periode isolasi mandiri untuk semua warga satuan pendidikan yang diminta melakukan isolasi mandiri.
  • Rekapitulasi hasil pemantauan kesehatan dan ketidakhadiran warga satuan pendidikan dilaporkan setiap hari kepada kepala satuan pendidikan.

C. Tim Pelatihan dan Humas
  • Melakukan sosialisasi kepada para pemangku kepentingan di lingkungan satuan pendidikan.
  • Menempelkan poster dan/atau media komunikasi, informasi, dan edukasi lainnya pada area strategis di lingkungan satuan pendidikan, antara lain pada gerbang satuan pendidikan, papan pengumuman, kantin, toilet, fasilitas CTPS, lorong, tangga, lokasi antarjemput, dan lain-lain.
  • Mempersiapkan peningkatan kapasitas yang mencakup protokol kesehatan dan lain-lain.
  • Menyampaikan protokol kesehatan untuk tamu.


Unduh Contoh SK Satgas Covid-19 SD,SMP,SMA,SMK



Untuk lebih lengkap dan jelasnya, Bapak / Ibu dapat mengunduhnya pada tautan berikut :



Demikian informasi tentang SK Satgas Covid-19 SD,SMP,SMA,SMK yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SK Satgas Covid-19 SD,SMP,SMA,SMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel