Bukti Fisik Akreditasi Sekolah / Madrasah 2021-2022

Download Bukti Fisik Akreditasi SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2021 - Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN-SM) menilai kelayakan suatu Sekolah / Madrasah berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) menggunakan Perangkat Akreditasi.

Akreditasi sebagai bentuk akuntabilitas publik dilakukan secara objektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada standar nasional pendidikan.

Komponen Instrumen Akreditasi disusun berdasarkan pada 8 Komponen Standar Nasional Pendidikan / SNP antara lain :
  1. Standar Isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
  2. Standar Proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan.
  3. Standar Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.
  5. Standar Sarana dan Prasarana adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar, tempat berolahraga, tempat beribadah, perpustakaan, laboratorium, bengkel kerja, tempat bermain, tempat berkreasi dan berekreasi, serta sumber belajar lain, yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran, termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Standar Pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan.
  7. Standar Pembiayaan adalah standar yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasi satuan pendidikan yang berlaku selama satu tahun.
  8. Standar Penilaian Pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.




Komponen Utama Akreditasi Sekolah / Madrasah



Saat ini terdapat perubahan sistem akreditasi yang awalnya adalah berbasis kepatuhan administrasi, sekarang berubah menjadi berbasis kinerja. Dimana didalamnya terdapat 4 komponen utama antara lain:
  • Mutu Lulusan
  • Proses Pembelajaran
  • Mutu Sekolah
  • Manajemen Sekolah


A. Bukti Fisik Akreditasi Mutu Lulusan



Berikut ini adalah Contoh Bukti Fisik Akreditasi Mutu Lulusan, bagi yang membutuhkan, silahkan klik tautan berikut :
  1. Kedisiplinan. Bukti fisik antara lain : Tata Tertib, Buku Piket dan Catatan Guru.
  2. Prilaku Religius. Bukti fisik antara lain : Jurnal Kegiatan Keagamaan, Program Keagamaan, Laporan & Foto Kegiatan Keagamaan.
  3. Tangguh dan Tanggung jawab. Bukti fisik antara lain : Portofolio Tugas & Hasil Karya Siswa, Perangkat Pembalajaran, Pajangan Kreasi, Laporan & Foto Kegiatan Prestasi Siswa serta Poster Afirmasi & Slogan.
  4. Bebas Perundungan (Bully). Bukti fisik antara lain : Catatan Guru, Wali Kelas & Pembimbing, Laporan Kegiatan Pencegahan Perundungan serta Media Afirmasi Dalam Bentuk Poster.
  5. Keterampilan Berkomunikasi. Bukti fisik antara lain : Portofolio Tugas Siswa dan Laporan Hasil Karya Siswa.
  6. Ketrampilan Berkolaborasi. Bukti fisik antara lain : Penilaian Sikap Kolaborasi dan Kegiatan Bersama di Luar Sekolah.
  7. Ketrampilan Berfikir Kritis. Bukti fisik antara lain : Portofolio Hasil Karya Siswa dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  8. Ketrampilan Kreatif, Inovatif. Bukti fisik antara lain : Portofolio Tugas & Hasil Karya Siswa, Laporan Portofolio Tugas Pembelajaran Keterampilan dan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Keterampilan Siswa.
  9. Pengembangan Minat dan Bakat. Bukti fisik antara lain : Laporan Berbagai Lomba, Laporan Prestasi Siswa, Pajang Kreasi dan Seni Budaya Siswa serta Poster Afirmasi dan Slogan.
  10. Prestasi Belajar. Bukti fisik antara lain : Data Hasil USBN dan Rata-Rata Rapot, Data Pengembangan Nilai UN & US, Leger Nilai, & Data Penelusuran Alumni.
  11. Kepuasan Pemangku Kepentingan. Bukti fisik antara lain : Laporan Hasil Angket.


B. Bukti Fisik Akreditasi Proses Pembelajaran



Berikut ini adalah Contoh Bukti Fisik Akreditasi Proses Pembelajaran, bagi yang membutuhkan, silahkan klik tautan berikut :
  1. PBM Berlangsung Secara Aktif. Bukti fisik antara lain : RPP, Silabus, Media, KKM, Pemetaan KD dan Lembar Praktikum / LKS.
  2. Penilaian Proses dan Hasil Belajar. Bukti fisik antara lain : Penilaian di Dalam RPP serta Perangkat Penilaian.
  3. Program Remidial/Pengayaan. Bukti fisik antara lain : Remidi dan Pengayaan Siswa.
  4. Siswa Berpartisipasi Aktif Dalam Belajar. Bukti fisik antara lain : Foto Kegiatan Siswa Aktif Dalam Pembelajaran di Kelas / Di Luar Kelas.
  5. Pembiasaan Literasi. Bukti fisik antara lain : Program Literasi dan Laporan Gebyar Literasi.
  6. Suasana Belajar Aman, Nyaman, Bersih. Bukti fisik antara lain : Dibuktikan Dengan Menunjukan Foto Kegiatan / Foto Keadaan.
  7. Sarana Prasarana Untuk PBM. Bukti fisik antara lain : Inventaris, RPP Penggunaan Media dan lain-lain.


C. Bukti Fisik Akreditasi Mutu Guru



Berikut ini adalah Contoh Bukti Fisik Akreditasi Mutu Guru, bagi yang membutuhkan, silahkan klik tautan berikut :


D. Manajemen Sekolah



Berikut ini adalah Contoh Bukti Fisik Akreditasi Manajemen Sekolah, bagi yang membutuhkan, silahkan klik tautan berikut :
  1. Visi, Misi dan Tujuan sekolah. Bukti fisik antara lain : Dokumen Visi & Misi, RKTS, RKJM dan lain-lain
  2. Supervisi Akademik. Bukti fisik antara lain : Program Supervisi, Jadwal Supervisi, Analisis Supervisi, Hasil Supervisi dan lain-lain.
  3. Mengembangkan Ide Kreatif Secara Konsisten. Bukti fisik antara lain : Dokumen RKS, Dokumen Penyusunan RKAS, Laporan Kegiatan Pelaksanaan Program, dan lain-lain
  4. Membangun Komunikasi Internal dan Eksternal. Bukti fisik antara lain : Dokumen Kerja Sama Sekolah, Rencana & Program Kerja Humas, Foto Kegiatan dengan Masyarakat, Dokumen Kegiatan Bakti Sosial, Foto Rapat Wali Murid, Notulen Rapat Kordinasi dengan Komite, dan lain-lain.
  5. Pembiasan Tertib, Bersih, Aman dan Nyaman. Bukti fisik antara lain : Notulen kebersihan Lingkungan, Jadwal Kegiatan Kebersihan, Dokumentasi Kegiatan dan lain-lain.
  6. Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan Program. Bukti fisik antara lain : Dokumen Rapat RKAS.
  7. Mengembangkan, Mengimplementasikan, dan Mengevaluasi Kurikulum. Bukti fisik antara lain : Dokumen Penyusunan KTSP, Dokumen Raker, Evaluasi KTSP dan lain-lain.
  8. Pengelolaan Tendik yang Efektif. Bukti fisik antara lain : Deskripsi Kinerja Guru & Tendik, SOP Tugas Guru & Tendik, Dokumen Penilaian Kinerja dan lain-lain.
  9. Pengeloaan Sarpras. Bukti fisik antara lain : Panduan Pengelolaan Sarana & Prasarana.
  10. Pengelolaan Anggaran Secara Transparan. Bukti fisik antara lain : Dokumen RKAS, Dokumen Rapat RKAS, Dokumen EDS, Laporan Kegiatan Pelaksanaan & Pengawasan Program Sekolah dan lain-lain.
  11. Pembinaan Kesiswaan. Bukti fisik antara lain : Program Ekstrakurikuler, Surat Tugas Pembina, Bukti Prestasi Siswa, dan lain-lain.
  12. Layanan BK. Bukti fisik antara lain : Program BK, Layanan BK dan lain-lain.
  13. EDS dan RKAS. Bukti fisik antara lain : Dokumen EDS, Dokumen RKAS dan lain-lain.


Demikian informasi tentang Bukti Fisik Akreditasi Sekolah / Madrasah 2021 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Bukti Fisik Akreditasi Sekolah / Madrasah 2021-2022"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel