Program Kerja Waka Sarpras Tahun 2022

Download Program Kerja Sarana Prasarana Sekolah - Administrasi Sarana dan Prasarana adalah suatu usaha yang di arahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi Peserta Didik untuk belajar dengan baik sesuai dengan kemampuan dan kelengkapan sarana yang ada.


Dengan demikian adminitrasi sarana dan prasarana itu merupakan usaha untuk mengupayakan sarana dan alat peraga yang di butuhkan pada proses pembelajaran demi lancarnya dan tercapainya tujuan pendidikan.




Untuk menjamin terwujudnya Implementasi atau pelaksanaan pembelajaran dalam pendidikan nasional berpusat pada Peserta Didik, diperlukan adanya sarana dan prasarana yang memadai.

Sarana dan prasarana yang memadai tersebut harus memenuhi ketentuan minimum yang ditetapkan dalam standar sarana prasarana. Standar sarana dan prasarana untuk lingkup pendidikan formal, mencakup:
  1. Kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan telekomunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap Sekolah/Maradsah.
  2. Kriteria minimum sarana prasana terdiri dari lahan, bangunan, ruang belajar (Rombel), ruang-ruang lainnya, dan instalasi listrik yang wajib dimiliki oleh Sekolah/Maradsah.

Sarana dan prasarana pendidikan juga menjadi salah satu tolak ukur dari mutu Sekolah/Maradsah. Tetapi fakta di lapangan banyak ditemukan sarana dan prasarana yang tidak dioptimalkan dan dikelola dengan baik. Untuk itu diperlukan pemahaman dan pengaplikasian manajemen sarana dan prasarana pendidikan di Sekolah/Maradsah.


Oleh karena itu, pengambil kebijakan di Sekolah/Maradsah pemahaman tentang sarana dan prasarana secara detail akan membantu memperluas wawasan tentang bagaimana merencanakan, mengadakan, menggunakan, melakukan pengawasan dan mengevaluasi sarana dan prasarana yang ada sehingga dapat dimanfaatkan dengan optimal guna mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.


Unduh Program Kerja Waka Sarpras Tahun Pelajaran 2021/2022



Selain memberi makna penting bagi terciptanya dan terpeliharanya kondisi Sekolah/Maradsah yang optimal administrasi sarana dan prasarana Sekolah/Maradsahh berfungsi sebagai:
  • Memberi dan melengkapi fasilitas untuk segala kebutuhan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar.
  • Memelihara agar tugas-tugas murid yang diberikan oleh guru dapat terlaksana dengan lancar dan optimal.

Berikut ini adalah Contoh Program Kerja Waka Sarpras SD,SMP, SMA, SMK Tahun 2022.




Demikian informasi tentang Program Kerja Waka Sarpras Tahun 2022 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Program Kerja Waka Sarpras Tahun 2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel