Spektrum SMK Kurikulum Merdeka 2022/2023

Spektrum Keahlian SMK Kurikulum Merdeka Belajar Tahun 2022/2023 - Berdasarkan Kepmendikbud Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, bahwa pengembangan kurikulum Satuan Pendidikan mengacu pada Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah secara utuh.

Perubahan kurikulum SMK/MAK diawali dengan penataan ulang Spektrum Keahlian SMK/MAK. Spektrum Keahlian adalah daftar bidang dan program keahlian SMK yang disusun berdasarkan kebutuhan dunia kerja yang meliputi : dunia usaha, dunia industri, badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, instansi pemerintah atau lembaga lainnya serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.


Spektrum Keahlian SMK/MAK merupakan acuan penyusunan Struktur Kurikulum serta pembukaan dan penyelenggaraan bidang dan program keahlian pada SMK. Setiap Program Keahlian terdiri atas minimum 1 (satu) Konsentrasi Keahlian. Konsentrasi Keahlian diselenggarakan dalam program 3 (tiga) tahun atau program 4 (empat) tahun.




Struktur Kurikulum mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata pelajaran dalam jam pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 (tiga) tahun atau per 4 (empat) tahun atau dikenal dengan sistem blok. Oleh karena itu, satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran secara fleksibel di mana alokasi waktu setiap minggunya tidak selalu sama dalam 1 (satu) tahun.

Struktur Kurikulum SMK/MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
  • Pembelajaran intrakurikuler; dan
  • Projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per tahun.

Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran.

Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.

Spektrum Keahlian dan Struktur Kurikulum Pada Kurikulum Merdeka Jenjang SMK Tahun 2022 dapat dilihat secara lengkap pada tautan berikut :


Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen.


Demikian informasi tentang Spektrum SMK Kurikulum Merdeka 2022/2023 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Spektrum SMK Kurikulum Merdeka 2022/2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel