Cara Menentukan Kurikulum Merdeka Dapodik 2023

Cara Merubah Kurikulum di Dapodik Tahun Pelajaran 2022/2023 - Salah satu pembaruan yang terjadi pada Aplikasi Dapodik Versi 2023 adalah penyesuaian Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi satuan pendidikan yang mendaftar serta telah mendapatkan SK Pelaksana Kurikulum Merdeka dari Kemendikbudristek.

Ciri-ciri utama satuan pendidikan Pelaksana Kurikulum Merdeka dapat dilihat pada halaman utama / dashboard Aplikasi Dapodik 2023, tepatnya pada rincian identitas satuan pendidikan. Jika pada "Implementasi Kurikulum" tertera "Merdeka" berarti satuan pendidikan tersebut telah resmi melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).




Cara Merubah Kurikulum Merdeka pada Aplikasi Dapodik Versi 2023



Dapodik Versi 2023 mengakomodir program Implementasi Kurikulum Merdeka. Rombongan belajar Kurikulum Merdeka berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Jadi pastikan pada menu Beranda, implementasi kurikulum sekolah sudah tertera menjadi “Merdeka”. Tetapi jika pada dashboard belum muncul IKM-nya, maka Operator Dapodik dapat melakukan langkah-langkah berikut :
  • Silahkan klik menu Sekolah.
  • Pada sub-menu Data Rinci Sekolah, klik tabulasi Program Pengajaran Dilayani.
  • Klik tombol Tambah, tambahkan program “[Merdeka] Umum”.
  • Berikutnya, masuk ke menu Rombongan Belajar, tambah rombongan belajar yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.
  • Catatan: Bagi rombongan belajar yang mengalami perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka, harap membuat rombongan belajar baru.
  • Pada tabulasi pembelajaran Kurikulum Merdeka, terdapat mata pelajaran Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pada matpel ini diisi oleh PTK yang mendapatkan tugas tambahan Koordinator P5.


Demikian informasi tentang Cara Menentukan Kurikulum Merdeka Dapodik 2023 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Menentukan Kurikulum Merdeka Dapodik 2023"

  1. min untuk kompetensi keahlian yang dilayani untuk smk kan dikunci hanya admin dinas yang bisa mengisi, dan diminta mengisi form untuk penambahan kompetensi keahlian untuk kelas X yang kurikulum merdeka. formnya seperti ini, nama kompetensi keahlian baru, Nomor SK BSKAP, dan lampirkan SK, yang jadi pertanyaan SK BSKAP itu dapat dari mana? dan kompetensi keahlian baru infonya dimana min?. semoga ada pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. SK BSKAP (Badan Standar Kurikulum & Asesmen Pendidikan) akan didapatkan setelah sekolah mendaftar & dinyatakan sebagai pelaksana Kurikulum Merdeka baik itu jalur mandiri belajar, mandiri berubah & mandiri berbagi. Utk daftar sekolah pelaksana IKM dapat di unduh di laman kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id. Utk form Kompetensi Keahlian biasanya sesuai format yang diedarkan oleh Dinas setempat kak. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel