Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2023

Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik PAUD, SD, SMP, SMA, PKBM, SKB dan SLB Versi 2023 - Aplikasi Dapodik Tahun Pelajaran 2022/2023 telah dirilis oleh Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbudristek belum lama ini. Fungsi utamanya adalah digunakan untuk pengumpulan data semester 1 tahun ajaran 2022/2023 pada jenjang pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA, PKBM, SKB dan SLB.

Untuk itu, Satuan Pendidikan harus mengisi dan melakukan pemutakhiran Dapodik sesuai dengan kondisi riil di Satuan Pendidikan sebelum Cut Off Dapodik 2023 adalah paling lambat tanggal 31 Agustus anggaran sebelumnya.

Sebagai bahan rujukan terutama bagi Operator Dapodik, kemendikbudristek membagikan Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2023. Buku ini memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi Dapodik versi 2023 mulai dari persiapan, proses instalasi, proses input per entitas data, validasi, sinkronisasi, hingga verifikasi.

Buku ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan Aplikasi Dapodik Versi 2023 secara mandiri di sekolah. Melalui buku ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi Aplikasi Dapodik versi 2023 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah.




Download Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2023



Sekolah memiliki dua sistem pengelolaan data pokok pendidikan yaitu Aplikasi Dapodik dan Manajemen Dapodik, keduanya saling terkait, memiliki fungsi dan batasan fitur yang berbeda dalam melengkapi proses entri data pokok pendidikan.

Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi berbasis web yang dipasang ke dalam perangkat komputer/laptop yang dijalankan melalui peramban seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, dalam proses pengisian data pada Aplikasi Dapodik tidak memerlukan akses internet, internet dibutuhkan saat proses registrasi secara daring, tarik data, dan sinkronisasi. Proses pengiriman data dilakukan dengan cara sinkronisasi, yaitu mengirimkan data secara dua arah dari lokal ke server pusat ataupun sebaliknya.

Manajemen Sekolah merupakan aplikasi yang dapat diakses secara daring oleh sekolah menggunakan login petugas pendataan pada laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id. Beberapa fitur utama pada Manajemen Sekolah diantaranya adalah tarik data PTK, tambah data peserta didik di luar Dapodik, tarik data peserta didik baru, dan pengaturan akun PTK.

Melihat luasnya cakupan Aplikasi Dapodik dan Manajemen Sekolah, tentunya Operator Dapodik harus memahami seluk beluk Aplikasi Dapodik. Dan berikut ini adalah link unduh Panduan Aplikasi Dapodik Tahun Pelajaran 2022/2023 serta beberapa informasi penting lainnya :


Demikian informasi tentang Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2023 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Aplikasi Dapodik Versi 2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel