SK Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Contoh SK Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SD, SMP, SMA, SMK - Berdasarkan Struktur Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan dan/atau pemerintah daerah dapat menambahkan muatan lokal dan muatan tambahan sesuai kebutuhan dan karakteristik satuan pendidikan dan/atau daerah.

Pembelajaran dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan kegiatan kokurikuler pada Kurikulum Merdeka.

Pemenuhan beban kerja guru pada Satuan Pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka dapat tercapai apabila jumlah guru pada Satuan Pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan. Kepala satuan pendidikan menghitung kebutuhan guru berdasarkan pemenuhan beban kerja dalam struktur Kurikulum Merdeka.

Namun, apabila terdapat guru yang tidak dapat memenuhi ketentuan dalam melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per-minggu, maka guru tersebut dapat diberikan tugas tambahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Tugas tambahan yang dimaksud adalah sebagai Koordinator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.




Tugas Pokok dan Peran Tim Fasilitator P5



A. Kepala Sekolah / Penanggungjawab
  • Menyiapkan sistem dari perencanaan hingga evaluasi dan refleksi projek profil diskala satuan pendidikan, termasuk sistem pendokumentasian projek profil. Sistem ini juga dapat digunakan sebagai portofolio satuan pendidikan.
  • Membuka pintu kolaborasi dengan narasumber untuk memperkaya materi projek profil: masyarakat, komunitas, akademisi, praktisi. Satuan pendidikan dapat mengidentifikasi orang tua yang potensial sebagai narasumber dari daftar pekerjaan orang tua atau narasumber ahli di lingkungan sekitar satuan pendidikan.
  • Mengomunikasikan projek penguatan profil pelajar Pancasila kepada lingkungan satuan pendidikan, orang tua peserta didik, dan mitra (narasumber dan organisasi terkait).
  • Memastikan beban kerja pendidik tetap dipertahankan (tidak dikurangi) sesuai arahan alokasi waktu projek profil yang sudah diatur oleh pemerintah.
  • Melibatkan pendidik bimbingan dan konseling atau mentor untuk memfasilitasi proses berjalannya projek profil dengan memberikan dukungan, baik dalam bidang akademis maupun kebutuhan emosional peserta didik.
  • Menyediakan kebutuhan sumber daya serta dana yang diperlukan untuk kelangsungan projek profil.

B. Koordinator Projek
  • Mengelola sistem yang dibutuhkan tim pendidik/fasilitator dan peserta didik agar dapat menyelesaikan projek profil dengan sukses.
  • Memastikan kolaborasi pengajaran terjadi di antara para pendidik yang tergabung di dalam tim fasilitator projek profil.
  • Memastikan alur projek profil memiliki aktivitas yang kaya dan beragam untuk mengoptimalkan prinsip eksploratif.
  • Memastikan rancangan asesmen yang dilakukan sesuai dengan kriteria kesuksesan yang sudah ditetapkan.

C. Fasilitator Projek
  • Memperhatikan kebutuhan dan minat belajar setiap peserta didik agar dapat memberikan stimulan atau tantangan yang beragam (berdiferensiasi), sesuai dengan gaya belajar, daya imajinasi, kreasi dan inovasi, serta peminatan terhadap tema projek profil.
  • Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam perencanaan dan pengembangan projek profil, dengan menyesuaikan kesiapan peserta didik dalam tingkat keterlibatan.
  • Memberikan ruang bagi peserta didik untuk mendalami isu atau topik pembelajaran yang kontekstual dengan tema projek profil sesuai dengan minat masing-masing peserta didik.
  • Berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait projek profil (orang tua, mitra, lingkungan satuan pendidikan, dll. ) dalam mencapai tujuan pembelajaran dari setiap tema projek profil.
  • Melakukan penilaian yang mengacu pada prinsip asesmen yang sudah ditentukan dalam memonitor perkembangan profil pelajar Pancasila yang menjadi fokus sasaran.
  • Menyediakan sumber belajar yang dibutuhkan oleh peserta didik secara proporsional. Contoh dalam tahapan belajarnya, peserta didik perlu dibantu dalam penyediaan hal berikut: (a). Buku, surat kabar, majalah, jurnal, dan sumber-sumber pembelajaran lain yang berhubungan dengan projek profil. (b). Narasumber yang dapat memperkaya proses pelaksanaan projek profil.
  • Mengajarkan keterampilan proses inkuiri peserta didik dan mendampingi peserta didik untuk mencari referensi sumber pembelajaran yang dibutuhkan, seperti buku, artikel, tulisan pada surat kabar/ majalah, praktisi atau ahli bidang tertentu, dan sumber belajar lainnya.
  • Memfasilitasi akses untuk proses riset dan bukti. (a). Menyiapkan surat pengantar yang dibutuhkan untuk menghubungi sumber pembelajaran. (b). Mencari kontak dan menghubungi narasumber.
  • Membuka diri untuk memberi dan menerima masukan serta kritik, mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan projek profil.
  • Mendampingi peserta didik untuk merencanakan dan menyelenggarakan setiap tahapan kegiatan projek profil yang menjadi ruang lingkup belajar peserta didik.
  • Memberi ruang peserta didik untuk berpendapat, membuat pilihan, dan mempresentasikan projek profil mereka.
  • Mengelola beban kerja mengajar dengan seimbang antara intrakurikuler dan projek profil.


Unduh Contoh SK Koordinator & Fasilitator P5



Agar pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajaran Pancasila dapat dilaksanakan dengan lancar, perlu di susun SK Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Lantas, seperti apa Format SK Fasilitator P5 SD,SMP,SMA,SMK? Bagi Bapak / Ibu yang memerlukan, silahkan unduh pada tautan berikut :
Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website.


Demikian informasi tentang SK Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SK Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel