Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 6 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 BAB 6 "Analisis Data" Kurikulum Merdeka - Setelah mempelajari bab ini, peserta didik akan mampu mengolah dan menganalisis sekumpulan data, lalu menampilkannya dalam berbagai representasi (numerik, teks, gambar) dengan menggunakan tools pengolah lembar kerja.




Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 BAB 6 Kurikulum Merdeka



A. Mengenal Data

1. Apa itu Data?

Data berasal dari kata dalam bahasa Latin datum yang artinya adalah fakta, keterangan yang benar dan nyata yang dapat dikumpulkan dan dapat dijadikan dasar kajian (analisis atau kesimpulan). Dalam bidang Informatika, data disimpan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar, grais, suara (audio) atau video.

Data dapat bersifat kualitatif yang berarti menggambarkan sesuatu atau kuantitatif yang berupa informasi numerik (angka).

2. Satuan Ukuran Data

Data yang disimpan dalam komputer mempunyai satuan byte (B), KB, MB, GB, TB, PB dengan ekuivalensi sebagai berikut.


3. Apa itu Analisis Data?

Secara sederhana, analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

Tujuan utama dari analisis data ialah untuk menginterpretasi, yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat. Proses menganalisis data mencakup mencari pola, kesamaan, perbedaan, kecenderungan (tren), atau hubungan lainnya, serta memikirkan tentang makna dari pola-pola ini.

4. Apa itu Interpretasi Data?

Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu; interpretasi juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna. Prosesnya ialah dengan menganalisis, mempelajari hubungan antardata berdasarkan sudut pandang tertentu, dan menyimpulkan hubungan yang dipelajari.

5. Mengapa Perlu Analisis Data?

Menganalisis dan menginterpretasi data diperlukan untuk menyimpulkan atau mengambil keputusan. Kalian akan dapat mengambil kesimpulan dengan baik berdasarkan data.


B. Perkakas Pengolah Lembar Kerja

1. Mengenal Perkakas

Microsoft Excel sudah menyediakan beberapa template yang dapat langsung digunakan. Untuk aktivitas ini, pilih menu “Blank Workbook”. Blank Workbook akan menampilkan halaman worksheet kosong. Untuk menyimpan dokumen Worksheet, pilih menu File lalu Save As.

Biasakan segera menyimpan hasil kerja pada tahap penting dan tidak menunggu sampai selesai agar kalian tidak kehilangan hasil kerja. Kalian dapat memilih akan menyimpan dokumen ini di mana dengan memilih Browse. Simpan pada tempat penyimpanan di komputer kalian. Dokumen dapat digabungkan dalam satu folder yang sama atau berbeda.

2. Worksheets

Setiap workbook dapat terdiri atas banyak worksheets. Setiap worksheet terdiri atas kumpulan cells, yang terbentuk dari baris/row dan kolom/column.

Cell terbentuk dari titik pertemuan antara kolom/column dan baris/row. Huruf menggambarkan urutan kolom dan angka menggambarkan urutan baris. Contoh: cell D3, artinya cell berada di kolom D dan baris 3, yang menunjukkan alamat dari cell tersebut.

Kumpulan dari beberapa cell disebut range. Contoh range: B4:B5, artinya cell terpilih adalah baris 4 dan 5 dari kolom B. Range dapat terdiri atas sekumpulan cell dari kolom yang sama (contoh: F2:F5), sekumpulan cell dari baris yang sama (contoh: C1:G1) maupun sekumpulan cell dari kolom dan baris tertentu (contoh: A3:C5). Cell dan range ini nantinya digunakan saat mendeinisikan parameter untuk formula (rumus) di aplikasi Microsoft Excel.

3. Freeze Panes

Fitur ini dapat membantu untuk membuat baris atau kolom tertentu berada di posisi terkunci. Efeknya ialah baris atau kolom tersebut dapat selalu terlihat (freeze) walaupun halaman worksheets kalian scroll lebih jauh ke bawah atau ke samping.

Menu ini dapat diakses melalui tab View, lalu Freeze Panes. Ada 3 pilihan, yaitu:
  • Freeze Panes: mengunci baris dan kolom tertentu
  • Freeze Top Row: mengunci baris paling atas saja (baris 1)
  • Freeze First Column: mengunci kolom pertama saja (kolom A)

Untuk melepas kunci terhadap baris tadi, kita dapat memilih Fitur Unfreeze Panes. Fitur ini akan muncul setelah kita berhasil melakukan kunci, terdapat baris/kolom/cell tertentu.

4. Cell References

Dalam file worksheet, kalian dapat mengambil data yang berasal dari cell lain. Dalam pemanggilan cell tersebut, terdapat tiga cara, yaitu relative, absolute, dan mixed references.

Perhatian: Pemanggilan data maupun formula pada Worksheet selalu menggunakan tanda sama dengan ("=") di bagian depan. Contoh: =A4 atau =A1+A2.

5. Format Cells

Di file Worksheet, kalian dapat mengatur format tampilan untuk tiap cell-nya tanpa mengubah nilai dari isi cell yang ada. Secara umum, itur Format Cells ini dapat diakses dengan melakukan klik kanan pada cell yang ingin diatur lalu pilih menu Format Cells.

Lalu, akan muncul dialog box yang berisi pilihan untuk mengatur sesuai format yang disediakan. Format yang dapat diatur terkait dengan Number, Alignment, Font, Border, Fill, dan Protection.

Di tab Number, ada banyak kategori lainnya yang bisa diatur. Berikut akan dijelaskan beberapa kategori yang umum digunakan. Pengaturan angka dapat dilakukan langsung dari itur Number yang ada di tab Home.
  • Number. Untuk mengatur tampilan angka. Yang dapat diatur ialah jumlah angka pecahan desimal dan apakah akan ditampilkan dengan pemisah (separator) ribuan.
  • Date & Time. Tanggal dan waktu sebenarnya disimpan dalam angka, yaitu jumlah hari yang dihitung sejak 1 Januari tahun 1900.
  • Currency & Accounting. Mengatur tampilan khusus untuk keuangan
  • Percentage & Scientiic. Percentage dapat membuat tampilan angka dalam bentuk persen.
  • Text. Dengan format text, semua angka dan formula akan dianggap sebagai huruf. Untuk menampilkan angka 0 di paling depan bisa menggunakan format ini.

Dengan fitur Alignment, kalian dapat mengatur posisi dari isi Cells. Fitur ini juga dapat diakses dengan lebih mudah melalui tab Home itur Alignment. Posisi yang dapat diatur adalah posisi text secara horizontal dan vertikal serta arah dari text.

Selain itu, dapat juga dipilih menu untuk (1) wrap text, yaitu agar isi text panjang dapat ditampilkan dalam beberapa baris dalam 1 cell yang sama; (2) shrink to it, yaitu agar isi text dapat ditampilkan cukup dalam 1 baris dan lebar cell tetap sama (ukuran font menjadi kecil); (3) merge cells, yaitu untuk menggabungkan dua atau lebih cells menjadi 1 cell.

Melalui fitur font, kalian dapat mengatur tampilan dari text yang ada. Yang dapat diatur dan diubah adalah pilihan font, style, ukuran, warna, dan efeknya. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font.

Fitur border dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font. Kalian dapat mengatur tampilan dari cell, yaitu apakah ada border, bentuk style garisnya, warna, dan posisi garisnya.

Melalui fitur fill, kalian dapat mengatur warna cell. Fitur ini juga dapat diakses langsung melalui tab Home itur Font.

Melalui fitur Protection, kalian dapat mengunci atau menyembunyikan cell. Fitur ini baru akan aktif apabila kalian juga mengatur untuk mengamankan Worksheet.


C. Pengolahan Data Dasar

1. Fungsi Dasar

Perkakas (tools) pengolah lembar kerja memiliki banyak formula, tetapi ada beberapa formula yang sering digunakan. Kalian akan mempelajari fungsifungsi tersebut. Semua penggunaan formula dapat memanfaatkan relative, absolute atau mixed cell reference.

a. Sum dan Count

Fungsi yang paling sering digunakan. SUM untuk menghitung total jumlah nilai pada range tertentu. COUNT untuk menghitung jumlah Data pada range tertentu. Kriteria untuk menjumlahkan bisa lebih dari satu. Ingat: sebuah cell adalah range; range terkecil adalah cell.
Cara penulisan rumus :
=SUM(rangeArea)
Akan menjumlahkan semua data yang ada pada rangeArea.
Contoh B10: =SUM(B2:B9)
Maka, cell B10 menampilkan hasil penjumlahan data B2 sampai B9.

=COUNT(rangeArea)
Akan menghitung jumlah data yang ada pada rangeArea.
SUM menampilkan hasil penjumlahan isi datanya, sedangkan COUNT menampilkan jumlah datanya.
Contoh Isi cell B11: =COUNT(B2:B9)
Maka, cell B11 menampilkan berapa banyak data yang ada di cell B2 sampai B9.

b. SUMIF

Untuk satu kondisi tertentu dan datanya sama dengan yang akan dijumlahkan, dapat langsung menggunakan SUMIF dengan 2 parameter. Apabila kondisi dan data yang akan dijumlahkan berada di baris atau kolom yang berbeda, dapat menggunakan SUMIF dengan 3 parameter.

c. COUNTIF

Jika ingin mengetahui jumlah data berdasarkan satu kondisi tertentu saja, dapat menggunakan fungsi COUNTIF. Adapun untuk kondisi lebih dari satu, dapat menggunakan fungsi COUNTIFS.

d. Operator Aritmatika

Fungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika dengan bantuan operator aritmatika standar seperti tambah (+), kurang (-), kali (*), dan bagi (/).

2. Fungsi Statistik Dasar

Kalian dapat memanfaatkan formula untuk menghitung nilai statistik dasar. Statistik berkaitan erat dengan Analisis Data. Yang termasuk dalam fungsi statistik dasar antara lain rata-rata, nilai tengah, nilai terbesar, dan nilai terkecil. Masih banyak fungsi statistik lain, hanya saja, fungsi ini yang paling sering digunakan.
  • Average: untuk menghitung rata-rata atau mean dari sekumpulan data.
  • Median: untuk menghitung nilai tengah dari sekumpulan data.
  • Max: untuk mencari nilai paling besar dari sekumpulan data.
  • Min: untuk mencari nilai paling kecil dari sekumpulan data.
  • Large: untuk mencari nilai paling besar di urutan tertentu dari sekumpulan data.
  • Small: untuk mencari nilai paling kecil di urutan tertentu dari sekumpulan data.



D Pengolahan Data Lanjutan

1. Sort

Kalian dapat melakukan pengurutan/sorting Data. Pengurutan dapat dilakukan untuk data angka maupun teks. Pengurutan juga dapat dilakukan berdasarkan satu atau beberapa kondisi. Contohnya, kita akan menggunakan data jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia berdasarkan kebangsaan pada tahun 2017.

2. Filter

Kalian dapat melakukan filtering/penyaringan data tertentu. Fitur ini dapat digunakan apabila data yang ingin ditampilkan memenuhi kriteria tertentu saja tanpa menghapus data yang lainnya.

3. Data Validation
General. Validasi data (data validation) adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yang dimasukkan ke dalam lembar kerja. Data yang dimasukkan oleh pengguna dapat dibatasi berdasarkan syarat tertentu. Data yang tidak memenuhi syarat tidak dapat di-input.
Duplikasi Data. Data yang akan kalian olah bisa saja masih memiliki data yang sama persis atau disebut duplikasi data. Apabila sudah terlanjut memiliki data yang mengandung duplikasi, kalian dapat melakukan penghapusan data.

4. Share and Protect

Share data yang dimaksud adalah data hasil pengolahan di Worksheet dapat dibagikan secara cetak (print) atau disalin ke aplikasi lainnya (copy). Protect data dapat dilakukan dengan protect sheet atau workbook secara keseluruhan.


Buku & Rangkuman Materi Mapel Informatika Semester 1 dan Semester 2 dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 6 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Informatika Kelas 7 BAB 6 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel