Buku Siswa & Guru Seni Tari Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Unduh Buku Siswa dan Buku Guru Mapel Seni Tari Kelas VIII Kurikulum Merdeka - Karakteristik mata pelajaran Seni Tari menurut capaian pembelajaran adalah pembelajaran berbasis afektif, kognitif, dan psikomotor dengan memperhatikan keindahan sesuai dengan norma yang berlaku di lingkungannya, untuk itu tari sangat erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir masyarakat setempat.

Dalam seni tari, pelajar juga diasah kreativitasnya dalam mengapresiasi seni pertunjukan dan memaknai fenomena kehidupan untuk diekspresikan kembali melalui karya tari yang sesuai dengan gaya/ karakteristik pelajar.

Dengan demikian, belajar seni tari tidak hanya belajar dari sisi gerak saja tetapi memiliki keterkaitan dengan ilmu lainnya, sehingga akan melibatkan panca indera untuk mengolah rasa dan karsa. Muatan dalam pembelajaran tari, selain memahami gerak yang meliputi ruang, waktu, dan tenaga, juga harus memperhatikan unsur pendukung lainnya seperti musik, properti tari, desain lantai, tata rias dan busana, serta komposisi dalam sebuah pertunjukan tari agar menjadi karya indah yang bisa dinikmati orang lain.




Mata pelajaran Seni Tari kelas VIII termasuk dalam fase D. Fase D diperuntukkan untuk kelas VII – IX (SMP) yang memiliki tujuan pelajar mampu mengukur hasil pencapaian karya tari dalam menggali latar belakang tari tradisi berdasarkan nilai, jenis, dan fungsi sebagai inspirasi dalam membuat gerak tari kreasi dengan mempertimbangkan unsur utama dan unsur pendukung tari sebagai wujud ekspresi untuk mengajak orang lain atau penonton bangga terhadap warisan budaya Indonesia. Pelajar mengembangkan tari kreasi untuk membuat karya tari yang berpijak dari tari tradisi.

Alur pencapaian pembelajaran seni tari untuk kelas VIII menurut capaian pembelajaran terdapat 4 alur yaitu :
1. Pelajar mampu menggali tari berdasarkan nilai dan jenisnya dalam konteks budaya.
2. Pelajar mampu bekerja, baik secara mandiri maupun kelompok dengan keyakinan dalam mengeksplorasi gerak tari tradisi sesuai nilai dan jenisnya.
3. Pelajar mampu bekerja sama dengan percaya diri dalam membuat tari kreasi yang terinspirasi dari nilai dan jenis tari tradisi.
4. Pelajar mampu mengukur hasil pencapaian karya tari melalui proses kreatif yang ditujukan untuk mempertunjukkan hasil gerak tari kreasi yang terinspirasi dari nilai dan jenis tari tradisi menggunakan unsur utama tari.


Materi Seni Tari Kelas 8 Semester Ganjil dan Genap Kurikulum Merdeka




3. Unit Pembelajaran 3 Menyusun Karya Tari Kreasi
4. Unit Pembelajaran 4 Apresiasi Karya Tari


Bagi yang memerlukan Buku Seni Tari Kurikulum Merdeka Kelas 8 Semester Ganjil dan Genap, silahkan unduh pada tautan berikut :

Teman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website. Untuk mata pelajaran lainnya dapat di unduh dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Buku Siswa & Guru Seni Tari Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Buku Siswa & Guru Seni Tari Kelas 8 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel