Rangkuman Informatika Kelas 8 BAB 3 Kurikulum Merdeka

Ringkasan / Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 BAB 3 "Teknologi Informasi dan Komunikasi" - Setelah mempelajari bab ini, kalian mampu memanfaatkan tools (perkakas) yang banyak digunakan untuk urusan perkantoran, yaitu untuk membuat surel, laporan, surat, presentasi, mengelola folder/file, dan mencari informasi.




Ringkasan Materi Informatika Kelas 8 BAB 3


A. Pengenalan Antarmuka Pengguna


Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grais yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.

GUI adalah bentuk antarmuka pengguna dengan menggunakan ikon dan elemen grais sebagai pengganti perintah berbasis teks yang ditikkan. GUI menjadi populer karena lebih intuitif, mudah digunakan dan dipelajari daripada model interaksi Command Line Interface (CLI) yang memerlukan perintah yang harus ditik. Dengan CLI, jika pengguna tidak tahu perintahnya atau salah tik, perintah tidak dapat dimengerti oleh komputer.


B. Folder dan File


Folder/directory adalah tempat penyimpanan elektronis yang menyimpan file elektronis atau folder lain. Dalam dunia nyata, folder bisa dianalogikan sebagai map yang digunakan untuk menyimpan dokumen (surat, invoice, nota, dan lainnya), atau berisi map yang lebih kecil. Folder/directory dikelola oleh program komputer yang disebut sebagai File Manager yang merupakan bagian dari sistem operasi.

File elektronis sendiri berarti file yang diciptakan oleh komputer/ponsel untuk menyimpan Data secara deskret pada alat penyimpan elektronis. File adalah unit penyimpanan di komputer, yang akan dibaca atau ditulis. File diciptakan oleh program/aplikasi tertentu, dan file dapat dibaca oleh program tertentu pula.

Kalau sebuah kata dapat ditulis di atas kertas, demikian juga sebuah data dapat disimpan dalam media penyimpan elektronis di komputer dalam bentuk file. Media penyimpan elektronis tersebut di antaranya adalah hard disk, kartu memori, flash drive, dan lainnya. File selanjutnya bisa dimanipulasi, diedit, dan dipindahkan dari satu media ke media lain termasuk dipindahkan melalui Internet.

1. Ekstensi File

File memiliki ekstensi, yaitu nama pendek setelah tanda titik di akhir nama file. Sebagai contoh “lower.jpg” adalah file dengan ekstensi jpg yang merupakan file gambar (image), “Surat.doc” atau “Surat.docx” adalah file dokumen Microsoft Word, “Presentasi.ppt” atau “Presentasi.pptx” adalah file dokumen presentasi Microsoft Powerpoint, dan “Program.exe” adalah file executable atau aplikasi yang dapat dijalankan di Windows. Ekstensi file sebenarnya adalah konvensi (kesepakatan).

2. Pengelolaan Folder

Pembuatan folder/directory dan mengelola file dalam folder yang terstruktur menjadikan proses pencarian file untuk digunakan kembali lebih efisien. Pengelolaan folder dan file adalah fitur yang ada pada sistem operasi, yang biasa disebut File Management System atau File Explorer.

3. Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows

Windows menyediakan aplikasi untuk pengelolaan file, yang dinamakan File Explorer. Aplikasi tersebut berfungsi untuk mengelola file dan folder, yaitu membuat folder, menyalin folder, membuat file, menyalin file, menghapus file, memindahkan file maupun folder ke tempat lain, serta mencari file.

a. Membuat Folder
Cara membuat folder pada file explorer adalah dengan menggunakan menu Home -> New Folder atau klik kanan -> New Folder.

b. Menyalin (copy) dan memindahkan (cut) file atau folder. Ada tiga cara menyalin/memindahkan file, yaitu:
1. Dengan mengaktifkan objek file/folder yang akan disalin/dipindahkan, dari menu Home, gunakan tombol Copy untuk menyalin dan gunakan tombol Cut untuk memindahkan. Selanjutnya, klik drive atau folder lain yang dijadikan tempat menempelkan hasil salinan/pemindahan file/folder tersebut. Dari menu Home, gunakan tombol Paste.
2. Dengan mengaktifkan objek file/folder yang akan disalin/dipindahkan, klik kanan, selanjutnya gunakan Copy untuk menyalin dan Cut untuk memindahkan. Selanjutnya, klik drive atau folder lain yang dijadikan tempat menempelkan hasil salinan/memindahan, klik kanan,gunakan perintah Paste.
3. Dengan mengaktifkan objek file/folder yang akan disalin/ dipindahkan, gunakan Ctrl-C/ Ctrl-X untuk menyalin/memindah. Selanjutnya, klik drive atau folder lain yang dijadikan tempat menempelkan hasil salinan/ pemindahan, gunakan Ctrl-V.

c. Mengubah (Rename) nama file atau Folder.
Pengubahan nama file/folder dapat dilakukan dengan memilih objek file/folder yang akan diubah, klik kanan, lalu gunakan perintah Rename.

d. Menghapus (Delete) file atau folder.
Penghapusan file atau folder yang sudah tidak diinginkan lagi dapat dilakukan dengan menggunakan tombol Delete dari Menu Home. Penghapusan juga dapat dilakukan dengan menekan tombol klik kanan pada file/folder yang akan dihapus, lalu memilih tombol Delete.

e. Mengubah ikon (icon) Folder.
Mengubah ikon folder dapat dilakukan dengan cara berikut.
1. Klik kanan di folder yang dipilih.
2. Pilih Properties, akan tampil jendela baru yang menginformasikan rincian tentang identitas folder.
3. Untuk mengubah ikon folder tersebut, klik menu “Customize” pada bagian atas jendela tersebut, kemudian klik “Change icon…”, lalu pilih salah satu ikon yang diinginkan, dan tekan tombol OK.

f. Mencari file dan folder.
Mencari file dan folder di File Explorer antara lain dapat dilakukan dengan cara mengetikkan kata kunci yang ingin dicari pada kolom pencarian, lalu pilih salah satu hasil pencarian yang sesuai.

g. Mengelompokkan file dan folder.
Mengelompokkan file ke dalam sebuah folder dapat dilakukan berdasarkan nama, tipe, tanggal disimpan, ukuran file, dan sebagainya. Langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Klik menu View.
2. Klik menu Group by, lalu pilih dasar pengelompokan, misalnya Type untuk mengelompokkan file berdasarkan jenis filenya.

h. Mengatur susunan file dan folder.
File dan folder dapat diurutkan berdasarkan kriteria tertentu. Berikut langkah-langkahnya.
1. Klik menu View.
2. Klik menu Sort by, pilih dasar pengurutan, misalnya diurutkan berdasarkan nama dalam alphabet (name).


C. Peramban dan Search Engine


Browser web (biasanya disebut browser atau peramban) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk mengakses informasi di internet (World Wide Web). Saat akan mengakses server web, pengguna harus menuliskan alamat web di address bar peramban. Alamat web tersebut disebut dengan url (uniform resource locator). Apabila kita berada pada situs tertentu, address bar akan menampilkan alamat dari situs tersebut.

Selain address bar, peramban memiliki itur lain yang dapat diakses dengan mengklik tombol-tombol berikut:
1. Back: untuk kembali ke halaman sebelumnya.
2. Forward: untuk maju ke halaman sebelum ‘Back’.
3. Stop: untuk menghentikan transfer data.
4. Refresh: untuk ‘menyegarkan’ kembali tampilan, yaitu mengambil data terbaru tentang tampilan, biasanya dipergunakan untuk melihat data-data di halaman yang ‘dinamis’ perubahan datanya (setiap waktu berubah).
5. Bookmark (pembatas buku): dalam dunia sehari-hari dapat digunakan untuk menandai suatu halaman sehingga kita dapat kembali lagi ke halaman yang sedang kita baca atau halaman yang menarik untuk kita tanpa harus membaca lagi keseluruhan isi buku.

Mesin pencari (Search Engine) adalah suatu situs web (website) yang mengumpulkan dan mengelola informasi di internet sehingga membuat informasi itu bisa dicari. Mesin pencari yang terkenal di antaranya adalah: Google, Bing, Baidu, Yandex. Selain itu, masih banyak mesin pencari lain. Setiap search engine memiliki kemampuan terbaik di konteks yang berbeda.

Cara melakukan pencarian informasi di internet adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword). Pemilihan kata kunci yang spesiik akan menghasilkan halaman yang lebih spesiik. Ketikkan kata kunci tanpa awalan, imbuhan, akhiran, dan lain-lain. Pada search engine tertentu, tanda petik (“) dapat membuat pencarian lebih spesiik.

Pada search engine tertentu, bisa digunakan operator seperti “OR” dan “AND”. “OR” berarti “atau” yang akan menampilkan hasil pencarian dari salah satu kata kunci. “AND” berarti “dan” yang akan menampilkan hasil pencariandari kedua keyword.


D. Surel


Surel (Surat elektronik/Electronic mail) atau surat elektronis adalah cara dan alat untuk bertukar pesan (surat) dengan menggunakan alat elektronis. Surel sudah digunakan pada tahun 1960 dengan pengguna terbatas menggunakan satu komputer.


E. Aplikasi Perkantoran


Aplikasi perkantoran adalah kumpulan aplikasi/perangkat lunak yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas. Aplikasi perkantoran paling awal dikembangkan oleh Micropro International di awal 1980-an yang dinamakan Starburst, yang terdiri atas pengolah kata WordStar, CalcStar (spreadsheet) dan DataStar (database).

Beberapa paket aplikasi lain muncul pada tahun 1980-an seperti Word Perfect, ChiWriter, dan lainnya. Namun, pada tahun 1990-an, muncul perangkat lunak Microsoft Oice yang sampai saat ini mendominasi pasar dengan MS Word, MS Excel dan MS Power Point.

Aplikasi perkantoran biasanya memiliki paket perangkat lunak pengolah kata, pengolah lembar kerja (spreadsheet), dan program presentasi. Komponen lain dari aplikasi perkantoran meliputi: perangkat lunak database, paket graik, penerbitan (publisher), pembuatan diagram, surel untuk klien, perangkat lunak komunikasi, dan perangkat lunak manajemen proyek.

1. Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata

Sejarah pengolah kata adalah cerita tentang otomatisasi bertahap dari aspek isik penulisan dan penyuntingan, yang kemudian berkembang menjadi teknologi yang disempurnakan bagi perusahaan maupun individu. Sepanjang sejarah, ada 3 jenis pengolah kata: mekanik, elektronik, dan perangkat lunak.

2. Pengolah Kata Mekanis

Perangkat pengolah kata pertama yang serupa dengan mesin tik dipatenkan oleh Henry Mill untuk mesin yang mampu “menulis dengan sangat jelas dan akurat sehingga kita tidak dapat membedakannya dari mesin cetak”. Pada akhir abad ke-19, Christopher Latham Sholes menciptakan mesin tik pertama dengan ukuran besar, yang digambarkan sebagai “piano sastra”.

3. Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik

Pada akhir 1960-an, IBM mengembangkan mesin ketik elektromekanis/elektrik yang disebut IBM MT/ST (Magnetic Tape/Selectric Typewriter). Model mesin ini dikembangkan dengan fasilitas perekaman dan pemutaran pita kaset magnetik, pengendalian dan kumpulan relai listrik. Pada awal 1970-an, pengolah kata kemudian berkembang menjadi berbasis komputer dengan beberapa inovasi (meski hanya dengan perangkat keras khusus).

4. Perangkat Lunak Pengolah Kata

Perkembangan terakhir pengolah kata lahir dengan munculnya komputer pribadi (PC) pada akhir 1970-an dan dengan penciptaan perangkat lunak pengolah kata pada tahun 1980-an. Perangkat lunak pengolah kata tersebut memiliki fitur yang kompleks dan dapat dikembangkan dengan harga yang murah. Hal tersebut membuatnya lebih dapat diakses oleh publik.

Awalnya, sebagian besar perangkat lunak pengolah kata awal mengharuskan pengguna menghafal kombinasi tombol semi-mnemonik seperti Ctrl-C, Ctrl-P, dan lainnya untuk melakukan task tertentu. Tidak dengan menekan tombol seperti “copy”, “paste”, “bold”, dan lainnya seperti yang sekarang kita lakukan.

Namun, pada akhir 1980-an muncul inovasi printer laser, dan pendekatan antarmuka untuk pengolah kata yang disebut WYSIWYG – “What You See Is What You Get” yang merupakan antarmuka grais atau Graphical User Interface (GUI). Teknologi ini makin banyak digunakan, dan karena popularitas yang makin meningkat dari sistem operasi Windows pada 1990-an, kemudian membawa Microsoft Word, pengolah kata buatan Microsoft, mendominasi pasar pengolah kata hingga sekarang.


Untuk Rangkuman/Ringkasan Materi Kelas 8 Mapel Informatika Semester 1 & 2 Kurikulum Merdeka dapat dilihat secara lengkap dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Rangkuman Informatika Kelas 8 BAB 3 Kurikulum Merdeka yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangkuman Informatika Kelas 8 BAB 3 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel