Post Test Modul 2 Keterampilan Dasar Agen Perubahan

Jawaban Pelatihan Mandiri Topik AAP (Ayo Atasi Perundungan) melalui Program Roots Indonesia Modul 2 Keterampilan Dasar Agen Perubahan - Kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan referensi Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik AAP (Ayo Atasi Perundungan) melalui Program Roots Indonesia Modul 2. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.




I. Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif


A. Materi Perkenalan Antar Agen Perubahan

Agen Perubahan adalah peserta didik yang diusulkan oleh peserta didik lainnya di satuan pendidikan sebagai orang yang paling sering berinteraksi dengan peserta didik lainnya. Hal ini bermakna bahwa agen perubahan adalah peserta didik yang dikenal oleh banyak orang. Peserta didik lainnya memperhatikan apa yang dilakukan dan dikatakan agek perubahan. Agen perubahan memiliki pengaruh yang besar pada apa yang dipikirkan peserta didik lain di satuan pendidikan.

1. Program Roots didasarkan atas unsur kesukarelaan di mana peserta didik tidak boleh dipaksa untuk menjadi agen perubahan jika tidak bersedia.
A. BENAR
B. SALAH

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu dalam memandu perkenalan antar peserta didik?
Jawab : Dengan perkenalan, diharapkan peserta didik baru dapat merasa nyaman dalam berkegiatan belajar. Untuk itu, pengalaman yang pernah saya rasakan saat masa perkenalan adalah peserta didik masih merasa malu dan canggung, maka dari itu saya menciptakan ruang dimana peserta didik merasa percaya diri dan bahagia dengan 5S.

B. Materi Menumbuhkan Kepercayaan Antar Agen Perubahan

Agen perubahan perlu menyadari identitasnya dan perannya. Materi ini akan menjelaskan tentang berbagai materi terkait cara meningkatkan kepercayaan diri dan mampu menyadari konflik atau permasalahan yang terjadi di sekolah.

Ngobrol dapat membantu peserta didik untuk saling mengenal satu sama lain dan membangun saling percaya antar pserta didik, sehingga merasa aman dan nyaman untuk saling berbagi dan bercerita.

1. Salah satu aktivitas untuk menumbuhkan kepercayaan antar agen perubahan adalah...
A. mengenal identitas diri
B. bercanda setiap saat
C. menjauhi teman karena identitas tertentu
D. menyapa dengan sebutan bentuk fisik

Pada materi ini tidak ada cerita reflektif.

C. Materi Memahami Perundungan di Satuan Pendidikan

Seluruh warga sekolah perlu memiliki pemahaman yang baik mengenai perundungan. Materi ini akan menjelaskan gambaran umum perundungan yang berpotensi terjadi di sekolah.

Perundungan adalah setiap kekerasan fisik dan/atau kekerasan psikis yang dilakukan secara berulang karena ketimpangan relasi kuasa. Perundungan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk mengejek nama, mengucilkan, menjahili, mengancam, memukul, meludah, menendang, rasisme, mencuri atau merusak barang, serta melakukan sentuhan yang tidak diinginkan atau pelecehan seksual. Hal ini membuat orang merasa takut, sedih atau marah.

1. Mengejek teman di kelas adalah bentuk perundungan...
A. perundungan fisik
B. perundungan verbal
C. perundungan relasional
D. perundungan daring

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu mengintegrasikan pencegahan perundungan dalam pembelajaran?
Jawab : Dengan memberikan sosialisasi tentang bahaya perundungan, pencegahan dan penanganan.

D. Materi Membangun Jiwa Kepemimpinan dan Komunikasi Efektif pada Agen Perubahan

Peran agen perubahan sebagai teladan di sekolah tentunya menuntut mereka untuk memiliki sikap kepemimpinan dan teknik komunikasi yang baik. Materi ini akan menjelaskan mengenai apa itu pemimpin, karakter positif yang dibutuhkan bagi seorang pemimpin, dan berbagai teknik komunikasi yang dapat diterapkan.

Pemimpin adalah orang yang memiliki kharisma, keahlian, dan memiliki pengaruh di lingkungan tempatnya berada. Pemimpin juga dapat didefinisikan sebagai suatu individu atau otang yang memiliki peran penting dalam mengarahkan, membimbinb dan mengkoordinasikan.

1. Membentak pelaku perundungan di depan umum termasuk gaya komunikasi...
A. Asertif
B. Agresif
C. Submisif
D. Pasif

Bagaimana pengalaman Bapak/Ibu membangun komunikasi efektif dengan peserta didik?
Jawab : Dengan cara menjadi komunikator yang handal, menerapkan diskusi pembelajaran, menjadi pendengar yang baik, kendalikan emosi dan juga menyampaikan perasaan secara terbuka.

E. Materi Menjalin Pertemanan yang Sehat

Perundungan merupakan salah satu bentuk hubungan tidak sehat yang terjadi antar peserta didik di sekolah. Materi ini akan menjelaskan mengenai hubungan yang sehat dan hubungan yang tidak sehat antar peserta didik di sekolah.

Peserta didik usia remaja akan menghadapi perubahan tubuh dan juga karakter, terutama saat mengalami pubertas. Karena perubahan tersebut, biasanya saat puber peserta didik remaja menjadi rentan terhadap perundungan.

1. Informasi mengenai menstruasi hanya perlu diberikan kepada peserta didik perempuan saja.
A. BENAR
B. SALAH

Menurut Bapak/Ibu, seperti apa contoh pertemanan yang sehat antar peserta didik?
Jawab : Pertemanan yang dapat memberikan dampak positif bagi siswa itu sendiri dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.


II. Jawaban Post Test Modul 2 Keterampilan Dasar Agen Perubahan


1. Di bawah ini adalah bentuk pembelajaran yang bisa dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan rasa percaya antar agen perubahan, kecuali...
A. Ngobrol yuk
B. Role play
C. Alur berpikir
D. Kotak perubahan

2. Berikut adalah yang tidak termasuk indikator dari perilaku perundungan?
A. Perilaku agresif
B. Terdapat ketidakseimbangan kekuatan
C. Bersifat fisik
D. Dilakukan berulang-ulang atau berpotensi dilakukan berulang-ulang

3. Seorang agen perubahan mampu membela temannya yang menjadi korban perundungan dengan menggunakan bahasa yang tegas tapi tetap sopan. Gaya komunikasi yang digunakan oleh agen perubahan adalah:
A. Agresif
B. Submisif
C. Asertif
D. Pasif

4. Apa saja karakteristik dari sebuah pertemanan/hubungan yang sehat?
A. memaksakan pendapat
B. selalu mengikuti permintaan teman
C. memprovokasi teman
D. mendengarkan ide dan pendapat orang lain

5. Bagaimana memilih Agen Perubahan Program Roots Indonesia di sekolah?
A. Ditentukan oleh Guru
B. Ditentukan oleh Kepala Sekolah
C. Semua peserta didik bisa mendaftarkan diri menjadi agen perubahan
D. Dinominasikan oleh peserta didik lain di sekolah tersebut

6. Seorang peserta didik memarahi temannya secara kasar karena tidak menuruti permintaannya. Gaya komunikasi yang digunakan adalah:
A .Agresif
B. Submisif
C. Asertif
D. Pasif

7. Aktivitas apa yang dapat dilakukan untuk melatih peserta didik berpikir tentang perundungan yang terjadi di satuan pendidikan?
A. Ngobrol Yuk
B. Ayo Berpikir
C. Kotak perubahan
D. Bermain peran

8. Siapakah yang membuat kesepakatan kelas dalam pertemuan Program Roots Indonesia?
A .Agen Perubahan
B. Kepala sekolah
C. Wali kelas
D. Guru BK

9. Berikut ini yang bukan merupakan dampak dari perundungan adalah...
A. Kurang percaya diri
B. Kesedihan dan kemurungan
C. Mempererat pertemanan
D. Menyakiti diri sendiri atau orang lain, bahkan bunuh diri


Bank Soal Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar Lengkap dengan Jawaban dapat Bapak / Ibu lihat secara detail dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Jawaban Modul 2 Keterampilan Dasar Agen Perubahan yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Post Test Modul 2 Keterampilan Dasar Agen Perubahan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel