Pedoman O2SN SMP Tahun 2024

Jadwal Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP Tahun 2024 - Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP/MTs/Sederajat adalah sebuah ajang talenta di bidang olahraga, yang diselenggarakan untuk peserta didik SMP/MTs/Sederajat. Ajang O2SN SMP/MTs/Sederajat diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

O2SN-SMP merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fair play (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) sesuai makna positif olahraga yang ada pada setiap perlombaan/pertandingan cabang olahraga pada O2SN ini.




Logo dan Tema O2SN Tahun 2024



Logo O2SN-SMP Tahun 2024 adalah sebagai berikut:


Tema O2SN-SMP Tahun 2024 “Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi”.


Cabang Olahraga



Cabang olahraga yang diperlombakan/dipertandingkan pada O2SN-SMP tahun 2024 meliputi 5 (lima) cabang yaitu:



Mekanisme Seleksi



Seleksi O2SN-SMP tahun 2024 diselenggarakan secara berjenjang, yakni:
1. Tingkat Sekolah;
2. Tingkat Kecamatan;
3. Tingkat Kabupaten/Kota;
4. Tingkat Provinsi;
5. Tingkat Nasional.

Pelaksanaan seleksi O2SN-SMP tahun 2024 tingkat kabupaten/kota dan provinsi diharapkan dapat mengikuti ketentuan sebagai berikut:
1. Seleksi dilaksanakan secara terbuka, akuntabel, adil dan memperhatikan pemerataan kesempatan berprestasi, dengan wajib melibatkan dan bekerja sama dengan induk organisasi cabang olahraga (pengcab/pengkab/pengkot/pengprov);

2. Persyaratan peserta mengacu kepada ketentuan yang dituangkan dalam Pedoman Pelaksanaan O2SN;

3. Jadwal penyelenggaraan seleksi daerah disampaikan kepada BPTI;

4. Menyampaikan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan Provinsi atau Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan atau Balai Penjaminan Mutu Pendidikan kepada BPTI tentang hasil pelaksanaan seleksi O2SN di daerahnya.

Ketentuan mekanisme pendaftaran O2SN-SMP tahun 2024 sebagai berikut:
1. Pendaftaran peserta O2SN SMP dilakukan dengan sistem daring (online), dimulai dari tingkat kecamatan.

2. Pendaftaran daring dapat diakses pada laman BPTI yaitu: https://daftar-bpti.kemdikbud.go.id dan https://smp.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lomba/session/index?jl=o2sn.

3. Ada 2 tahap pendaftaran daring yaitu:
a. Tahap I
Pendaftaran daring tahap ini ditujukan bagi peserta yang mewakili sekolah untuk mengikuti seleksi di tingkat kecamatan/kabupaten/kota/provinsi.

b. Tahap II
Pendaftaran daring tahap II ditujukan bagi peserta yang lolos seleksi tingkat provinsi dan ditetapkan sebagai perwakilan provinsi ke tingkat nasional melalui Surat Keputusan (SK) Penetapan Kontingen O2SN SMP Tingkat Nasional yang ditandatangani oleh pejabat Dinas Pendidikan Provinsi atau Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan atau Balai Penjaminan Mutu Pendidikan.

4. Dinas Pendidikan Kab./Kota dan Provinsi atau Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan atau Balai Penjaminan Mutu Pendidikan akan mendapatkan akun pendaftaran daring dari panita pusat BPTI.

5. Pendaftaran daring dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia pusat BPTI.


Jadwal Pelaksanaan



Jadwal pelaksanaan O2SN-SMP Tahun 2024 direncanakan sebagai berikut:



Untuk lebih jelasnya, silahkan Unduh Panduan/Pedoman O2SN Tahun 2024 Jenjang SMPTeman-teman bingung cara unduhnya? Silahkan simak Cara Unduh Dokumen di Website.


Demikian informasi tentang Pedoman O2SN SMP Tahun 2024 yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pedoman O2SN SMP Tahun 2024"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel