Post Test Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak

Jawaban Pelatihan Mandiri Topik Tahap Perkembangan Peserta Didik jenjang SMP (12-15 Tahun) Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak - Kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan referensi Kunci Jawaban Latihan Pemahaman, Cerita Reflektif dan Post Test Topik Tahap Perkembangan Peserta Didik jenjang SMP (12-15 Tahun) Modul 1. Semoga bisa menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan seluruh Topik pada platform Merdeka Belajar.




Jawaban Latihan Pemahaman & Cerita Reflektif Materi Mengenal Tahap Perkembangan



Salah satu hal yang sangat disyukuri dari menjadi pendidik adalah kesempatan untuk menyaksikan dari dekat perkembangan peserta didik, dan bisa menjadi pembimbing yang menumbuhkan.

Tahap perkembangan adalah capaian dan kemampuan fisik, koginitif, bahasa, sosial dan emosional anak sejak lahir hingga memasuki masa dewasa yang harus dipenuhi setiap tahapan perkembangannya agar berkembang dengan baik.

4 Aspek perkembangan
a. Aspek fisik yaitu perkembangan motorik kasar dan halus meliputi berbagai aspek seperti kekuatan, koordinasi, ketangkasan dan lain-lain.
b. Aspek kognitif yaitu perkembangan berpikir dan menalar yang meliputi kemampuan mengingat, berimajinasi, mengambil keputusan juga memecahkan masalah.
c. Aspek bahasa yaitu kemampuan komunikasi lisan dalam mendengar dan berbicara, komunikasi tertulis dan menulis dan membaca, juga komunikasi visual dalam mempresentasikan ide dengan beragam media.
d. Aspek sosial emosi yaitu hal-hal yang dirasa tentang diri, pemahaman dan manajemen emosi, berhubungan dengan pengasuh utama, orang lain dan kelompok.

Prinsip pengembangan
a. Antar aspek saling berhubungan
b. Hambatan di suatu tahap memengaruhi tahap berikutnya.
c. Setiap anak berbeda-beda perkembangannya.

Perkembangan anak wajar atau tidak wajar?
a. Pelajari aspek perkembangan anak.
b. lakukan pengamatan pada anak.

Kenapa pendidik perlu memahami tahap perkembangan?
a. Melihat anak dengan utuh.
b. Menerima keunikan anak.
c. Merespons anak sesuai kebutuhannya.
d. Mengantisipasi tantangan.
e. Ekspektasi realistis.

1. Berikut yang bukan merupakan aspek perkembangan peserta didik adalah...
a. Kognitif
b. Fisik
c. Kemampuan membaca
d. Sosial-Emosi

Apakah Ibu dan Bapak sudah semakin mengenal dan memahami apa itu tahap perkembangan? Mari tuliskan 3 (tiga) hal yang menggambarkan tahap perkembangan.
Jawab : Tahap perkembangan meliputi kemampuan fisik, koginitif, bahasa, sosial dan emosional.


Jawaban Post Test Modul 1



1. Proses pembentukan berpikir sejak lahir sampai dewasa yang meliputi kemampuan mengingat dan belajar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Penjelasan di atas adalah penjelasan untuk aspek perkembangan...
A. Fisik
B. Bahasa
C. Kognitif
D. Sosial-Emosi

2. Hal-hal yang dirasa tentang diri, pemahaman dan manajemen emosi, hubungan dengan pengasuh utama, orang lain, dan kelompok. Penjelasan di atas adalah penjelasan untuk aspek perkembangan...
A. Fisik
B. Bahasa
C. Kognitif
D. Sosial-Emosi


Bank Soal Pelatihan Mandiri Implementasi Kurikulum Merdeka Platform Merdeka Mengajar Lengkap dengan Jawaban dapat Bapak / Ibu lihat secara detail dengan cara klik gambar berikut :



Demikian informasi tentang Jawaban Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak yang bisa Sinau-Thewe.com berikan, semoga ada manfaat didalamnya dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Post Test Modul 1 Mengenal Tahap Perkembangan Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel