Cara Memilih Jenis Kertas, Mengatur Margin dan Mencetak Workbook

Pada kesempatan kali ini, Sinau Thewe akan membahas bagaimana mengatur margin dan mencetak workbook. Berikut Penjelasannya :

Pentingnya Memilih Jenis Kertas, Margin dan Mencetak Workbook

Suatu hal yang terkadang kita lupakan ketika mencetak Workbook adalah menentukan ukuran kertas. Efeknya hasil cetak tidak seperti yang kita inginkan, ada yang terpotong sebagian, ada juga yang terlalu kecil karena zise-nya. Jika kita lupa menentukan ukuran kertas, biasanya kita juga lupa mengatur margin. Pasti menambah buruknya kualitas suatu dokumen ketika dicetak. Maka dari itu, kita biasakan dalam membuat dokumen diwajibkan / di rutinkan untuk mengatur jenis kertas sekaligus mengatur margin.

Untuk menentukan jenis kertas / margin, biasanya kita lakukan sebelum kita membuat sebuah dokumen ataupun setelah dokumen selesai dibuat. Banyak pilihan ukuran atau jenis kertas yang disediakan oleh Excel diantaranya adalah A4, F4, Letter dan lain-lain. Bukan suatu hal yang sulit untuk mengatur itu semua karena Excel sudah menyediakan secara otomatis dan pengguna dengan bebasnya menentukan sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Setelah semuanya di setting dan sudah sesuai, hasil cetak dokumen tersebut pasti sesuai dengan yang diharapkan

A. Mengatur Jenis Kertas di Workbook

Misalnya kita akan mengatur sebuah Workbook dengan jenis kertas atau ukuran kertas menggunakan A4, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


1. Klik menu Page Layout.
2. Kemudian pilih Size. Disini kita bisa memilih ukuran kertas yang di inginkan, klik ukuran A4. Panjang lebarnya ukuran kertas A4 adalah 8.27 x 11.69 inchi atau 210 x 297 milimeter dan atau 21,0 x 29,7 centimeter.
3. Klik More Paper Sizes jika ingin memilih ukuran kertas lainya.


4. Paper Size menyediakan berbagai ukuran kertas, dari A3, A4, F4 dan lain sebagainya.
5. Bukan hanya itu, kita juga bisa menentukan posisi kertas / Orientation yang terdiri dari dua pilihan yaitu Portrait atau Landscape.
6. Adjust to berfungsi untuk menentukan besar kecilnya skala pencetakan dokumen. Defaultnya berskala 100, namun apabila terlalu besar, skala tersebut bisa dikurangi sesuai kebutuhan pengguna.

B. Mengatur Margin di Workbook

Sampai disini kita sudah mengatur ukuran kertas, tahapan berikutnya adalah mengatur margin. Fungsi margin adalah digunakan untuk menentukan batas kertas dengan batas text. Terdapat empat batasan yang perlu kita atur yaitu batas atas, bawah, kanan dan kiri. Berikut langkah-langkahnya :



1. Pada Page Setup, klik Tab Margins.
2. Tentukan Margin Top, Bottom, Left dan Right. Pada gambar di atas, ukuran Margin menggunakan Inchi, jika kita bingung dalam mengkonfersi ukuran inchi ke centimeter, kita cuku mengetikan "CM" atau Centimeter dibelakan ukuran. Sebagai contoh mengatur margin Skripsi, maka ketikan pada bagian Margin Left 4CM, Top 4CM, Right 3CM dan Bottom 3CM.
3. Klik Print Preview utk menampilkan hasil sebelum dicetak.
4. Jika sudah sesuai, klik OK.

C. Mencetak Workbook

Tahapan terakhir adalah mencetak, jika kedua hal tersebut sudah dilakukan, bisa dikatakan dokumen yang akan dicetak sudah sesuai dengan yang diharapkan. Adapun langkah-langkah mencetak Workbook adalah sebagai berikut :


1. Klik. File
2. Kemudian pilih dan klik Print.
3. Atau bisa juga dengan cara menggunakan tombol kombinasi yaitu dengan cara menekan tombol CTRL+P pada keyboard.
4. Tentukan Printer yang aktif.
5. Jika ingin menggandakan hasil cetak, maka pada bagian Copies tentukan nilainya. Sebagai contoh akan mencetak sebanyak 2 lembar dalam satu halaman, maka ubah pada bagian Copies bernilai "2".
6. Klik Print untuk mencetak

Demikian artikel yang bisa dibagikan Sinau Thewe. Artikel ini bermanfaat? Silahkan share dan berikan komentarnya. Terima kasih. Tunggu artikel berikutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memilih Jenis Kertas, Mengatur Margin dan Mencetak Workbook "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel