Bagaimana Cara Cek Hasil UN 2019?

Pada kesempatan kali ini Sinau Thewe akan membahas bagaimana cara cek hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer / UNBK ataupun Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil / UNBK, berikut penjelasannya :

Pada Tahun 2019 hasil Ujian Nasional memang bukan satu-satunya faktor kelulusan Peserta Didik, namun ditopang juga dari hasil USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Meskipun demikian, hasil Ujian Nasional menjadi momok yang menakutkan bukan hanya bagi Peserta Didik ataupun Satuan Pendidikan. Hasil Ujian Nasional menjadi tolok ukur keberhasilan proses belajar mengajar pada tahun tersebut yang digunakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan pada tahun berikutnya.
Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki sumber informasi yang digunakan untuk melihat hasil Ujian Nasional tahun 2019 atau sebelumnya. Hasil Ujian Nasional ditampilkan dalam berbagai bentuk yang dimulai dari grafik sampai rata-rata Ujian Nasional. 

Cara Cek Hasil Ujian Nasional 2019


1. Kunjungi laman https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/
2. Terdapat beberapa menu diantaranya adalah Grafik Capaian Nasional, Capaian Wilayah dan Satuan Pendidikan, Penguasaan Materi Ujian Nasional, Daftar Nilai Wilayah dan Satuan Pendidikan dan lain sebagainya.
3. Klik menu Grafik Capaian Nasional maka akan menampilkan Grafik Capaian Rata-Rata Nilai berdasarkan Jenjang (Jurusan) SMP, MTs, SMA (Bahasa), SMA (IPA), SMA (IPS), SMA (Katolik), SMA (Protestan), MA (Bahasa), MA (IPA), MA (IPS), MA (Keagamaan), SMK, paket c (IPA), paket c (IPS) dan paket b seperti gambar dibawah ini :


4. Grafik tersebut bisa ditampilkan berdasarkan pilihan Moda Ujian (UNBK atau UNBK), Tahun Pelajaran (2015, 2016, 2017, 2018 dan atau 2019),dan status Satuan Pendidikan (Negeri, Swasta atau Negeri dan Swasta).
5. Menu Capaian Wilayah dan Satuan Pendidikan ditunjukan seperti gambar dibawah ini :


6. Kita bisa melihat Grafik Rerata Nilai Ujian Nasional untuk seluruh Mata Ujian berdasarkan Jenjang, Moda Ujian, Tahun Ajaran, Provinsi, Kota / Kabupaten, Satuan Pendidikan, Mata Ujian, Jenis Satuan Pendidikan dan Status Satuan Pendidikan.
7. Pada menu Penguasaan Materi Ujian Nasional akan menampilkan grafik seperti gambar dibawah ini :


8. Grafik tersebut berdasarkan Persentase Peserta Didik Yang Menjawab Benar berdasarkan Materi Yang Diuji yang dirincikan kembali berdasarkan Indikator Yang Diuji seperti gambar dibawah ini :


9. Menu Daftar Nilai Wilayah dan Satuan Pendidikan menampilkan Rerata Nilai Pada Mata Uji seperti gambar dibawah ini :


10. Capaian Nilai Ujian Nasional tersebut bisa difilter berdasarkan Jenjang, Mata Ujian, Tahun dan lain sebagainya. Hasil filter tersebut kita juga bisa mendownload sebagai bukti fisik capaian Hasil Ujian Nasional.

Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Cara Cek Hasil UN 2019?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel