Cara Cek Info GTK Periode Januari - Juni 2020

Kali ini Sinau Thewe akan menjelaskan langkah-langkah cek info GTK untuk periode bulan Januari - Juni tahun 2020, berikut penjelasannya :

Info GTK Belum Semuanya Valid


Info GTK berfungsi untuk menampilkan hasil validasi berdasarkan data yang dikirimkan melalui Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020.b dengan riwayat kelulusan sertifikasi. PTK bisa melakukan cek secara mandiri menggunakan akun PTK yang telah di setting melalui Dapodik. Namun sampai saat ini masih banyak PTK yang belum berstatus "Valid" karena masih dalam tahap verifikasi data oleh Direktorat terutama PTK yang mengajar pada jenjang SMK.
Mengapa jenjang SMK selalu menjadi yang terakhir dalam tahap proses validasi? Jenjang SMK itu "Unik". Banyak hal yang perlu di sejajarkan dalam hal kebijakan maupun kebutuhan industri. Untuk itu membutuhkan waktu yang tidak sedikit agar semuanya bisa sesuai.

Langkah-Langkah Cek Info GTK Periode Januari - Juni 2020


1. Kunjungi laman info.gtk.kemdikbud.go.id kemudian akan tampil halaman login seperti gambar dibawah ini :


2. Silahkan masukan email dan password PTK sesuai isian di Dapodik. Jika lupa, silahkan tanyakan hal tersebut kepada operator Dapodik Satuan Pendidikan masing-masing.
3. Isikan kode Capca kemudian klik tombol Login.
4. Jika muncul keterangan seperti gambar dibawah ini :

5. Kita antisipasi dengan cara klik tombol Login Melalui Dapodikdasmen, kemudian akan keluar halaman login seperti gambar dibawah ini :


6. Isikan kembali email dan password PKT kemudian klik tombol Login
7. Setelah itu akan terbuka halaman utama info GTK berdasarkan akun PTK tersebut. Ada tiga istilah Status Validasi Tunjangan Profesi Guru, antara lain :

a. Belum Valid : 


Status Belum Valid bisa diartikan ganda. Yang pertama karena jumlah jam mengajar kurang dari 24 jam atau server pusat belum melakukan validasi terhadap PTK tersebut. Jika rekan-rekan mengalami hal ini, kuncinya cuma satu, cobalah cek jumlah jam mengajar yang tertera pada rincian datanya, perhatikan gambar dibawah ini :

Dari gambar diatas, nomor 16.a adalah jumlah jam mengajar yang tercantum di dapodik. Sedangkan nomor 16.b merupakan hasil validasi dari total jam mengajar. Jika sudah melebihi 24 jam mengajar dan status masih belum valid artinya kita harus bersabar untuk menunggu karena data tersebut belum di validasi. 

b. Valid Belum Verifikasi Dinas artinya belum dilakukan validasi oleh Dinas setempat, solusinya cobalah komunikasikan dengan admin Dinas setempat untuk proses validasi.
c. Valid artinya tinggal menunggu generate nomor SKTP.

8. Cek dengan teliti info GTKnya, apabila terdapat kekeliruan data, silahkan diubah sesuai prosedur melalui Aplikasi Dapodikdasmen dan lakukan sinkronisasi.
9. Untuk jenjang SMK, sabar lagi ya, karena masih belum dilakukan verifikasi.


Demikian langkah-langkah cek info GTK untuk periode Januari - Juni 2020. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Cek Info GTK Periode Januari - Juni 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel