Tips Mengatasi Penyaluran BOS Reguler Ditunda

Kali ini Sinau Thewe akan sedikit membagikan tips bagi semengatasi penyaluran BOS Reguler sekolah ditunda, berikut penjelasannya :

BOS Reguler Ditunda? Cek Terlebih Dahulu Sumber Masalahnya


Siaga atau Waspada? Ya mungkin inilah status perasaan yang dirasakan oleh operator Dapodik jika sekolahnya masuk dalam daftar penyaluran BOS reguler ditunda. Ibaratkan ada sebuah bencana yang melanda di sebuah daerah. Nah, yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita bisa mengetahui sumber permasalahan mengapa sekolah tersebut belum dapat di SK-kan pada proses penyaluran BOS Reguler Tahap I untuk Gelombang 1, 2 dan 3? Berikut langkah-langkahnya :
1. Download terlebih dahulu daftar sekolah yang penyaluran Dana BOS Regulernya ditunda melalui link berikut ini https://simpandata.kemdikbud.go.id/index.php/s/MBGYkztdQoLKDTn
2. Kemudian akan keluar daftar Provinsi yang ada daftar sekolah yang penyaluran dana BOS-nya ditunda seperti gambar dibawah ini :


3. Pilih dan klik salah satu Provinsi, maka file tersebut akan di download.
4. Dalam file tersebut kita akan mengetahui beberapa informasi dasar dan informasi penyebab utama Dana BOS Reguler Ditunda seperti Identitas Provinsi, Nama Kab / Kota, NPSN, Nama Sekolah, Status (S/N) dan Keterangan (Kode Bank Kosong, Rekening Ganda dan lain sebagainya). Perhatikan gambar dibawah ini :


Tips Mengatasi Masalah Penyaluran BOS Ditunda


Setelah kita mengetahui sumber permasalahannya, langkah berikutnya adalah kita atasi masalah tersebut. 
1. Kita pastikan terlebih dahulu Nomor Rekening BOS di Dapodik telah sesuai. Caranya adalah login di Dapodik kemudian klik menu Sekolah. 


Jika terdapat kekeliruan, silahkan perbaiki Nomor Rekening tersebut melalui laman bos.kemdikbud.go.id dan lakukan sinkronisasi Dapodik.
2. Beberapa kasus yang terjadi di sekolah adalah sudah melakukan update data nomor rekening di manajemen BOS tetapi belum masuk ke Dapodik. Solusinya adalah sering-seringlah melakukan sinkron Dapodik dan sabar karena hal ini sifatnya tidak real time. Real time artinya apapun yang kita kirimkan melalui proses sinkron akan berubah otomatis. Tetapi pada proses ini tidak demikian, jadi sabar dan selalu memantau perkembangan datanya.
3. Jika data antara di Dapodik dan di web manajemen BOS sudah sesuai tetapi masuk dalam daftar BOS Ditunda kemungkinan karena nomor rekening tersebut "Tidak Aktif". Jika mengalami kendala tersebut, cobalah hubungi bendahara sekolah dan memastikan rekening tersebut masik aktif. Status "Tidak Aktif" juga bisa dikarenakan saldo di rekening tersebut tidak mencukupu atau "nol / kosong", jadi sebaiknya paling tidak ada saldo minimal 25 ribu rupiah.
4. Komunikasikan dengan tim BOS Kabupaten / Kota setempat.

Demikian tips mengatasi penyaluran BOS reguler ditunda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mengatasi Penyaluran BOS Reguler Ditunda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel