Apa Itu Kode Registrasi? Cara Mendapatkannya di Dapodik 2020.b?

Kali ini Sinau Thewe akan membahas tentang pengertian Kode Registrasi Dapodik dan langkah-langkah mendapatkannya di Dapodik Versi 2020.b, berikut penjelasannya :

Apa Itu Kode Registrasi Dapodik?




Kode registrasi merupakan sebuah “KUNCI” yang berfungsi untuk memuat data sekolah. Kode registrasi diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bagi sekolah yang telah terdaftar di PDSP-K dan memiliki NPSN. Kode registrasi ini bersifat unik, artinya masing-masing sekolah memiliki kode registrasi yang berbeda-beda.

A. Fungsi Kode Registrasi Dapodik


Beberapa aktifitas yang dilakukan menggunakan aplikasi Dapodik dengan cara mengentri kode registrasi pada versi 2020.b adalah sebagai berikut :
1. Kode registrasi dibutuhkan ketika akan mengunduh data prefill Dapodik maupun prefill rapor.
2. Kode registrasi diperlukan pada saat proses instal dapodik (registrasi) baik offline maupun online.
3. Kode registrasi juga dibutuhkan pada saat akan melakukan sinkronisasi.
4. Digunakan untuk melihat data individu sekolah pada progres pengiriman.

B. Langkah-Langkah Mendapatkan Kode Registrasi di Dapodik 2020.b


1. Cara mendapatkan kode registrasi Dapodik adalah dengan cara sekolah melakukan komunikasi dengan Kelompok Kerja Pendataan Pendidikan (KK Datadik) di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. 
2. Kode registrasi didapat dari dinas kabupaten/kota (KK-DATADIK) atau dengan cara login ke laman SDM di http://sdm.data.kemdikbud.go.id. 
3. Apabila Jika belum memiliki akun di http://sdm.data.kemdikbud.go.id, maka operator sekolah di sekolah harus segera melakukan registrasi dengan melampirkan surat tugasnya sebagai Operator sekolah Dapodik.
4. Setelah mengambil kode registrasi sekolah dari laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id maka pastikan kode registrasi tersimpan dan tercatat dengan baik serta tidak membagi/memberitahukan kode registrasi ini pada pihak yang tidak berkepentingan, jadi kode registrasi sifatnya RAHASIA.

C. Syarat Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik 2020.b


Untuk sekolah baru dan belum memiliki kode registrasi, prosedur untuk memperoleh kode registrasi Aplikasi Dapodik yaitu:
1. Sekolah harus telah memiliki NPSN yang diterbitkan oleh PDSP-K.
2. Operator sekolah melakukan registrasi atau mendaftar di laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Penugasan Operator sekolah (file dalam bentuk *.pdf).

D. Apakah Kode Registrasi Berubah dan Boleh Diubah?


Secara default, kode registrasi sekolah tidak mengalami perubahan. Namun jika ingin mengubah kode registrasi karena sesuatu hal (keamanan data), sekolah dapat melakukannya melalui Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota setempat. Meski demikian, diharapkan hati-hati dalam me-reset kode registrasi karena aplikasi kode registrasi lama akan ditolak oleh sistem pada saat sinkronisasi.

E. Lupa Kode Registrasinya


Solusinya adalah dengan melakukan komunikasi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota setempat.


F. Bolehkah Satu Kode Registrasi Untuk Dua Sekolah?


Satu Kode Registrasi hanya digunakan untuk satu sekolah. Akibatnya akan fatal jika digunakan pada dua sekolah. Data kedua sekolah tersebut akan bercampur menjadi satu. Karena itu, pastikan kode registrasi tersebut benar-benar milik sekolah tersebut dan tidak diketahui oleh orang lain.
Namun, apabila sudah telanjur menggunakan satu kode registrasi untuk dua sekolah, solusinya adalah generate ulang prefill dan lakukan prosedur instalasi seperti semula dengan menggunakan data prefill yang baru. Bersihkan data berganda tersebut lalu lakukan sinkronisasi. Untuk sekolah yang kedua bisa meminta kode registrasi yang baru ke Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota setempat untuk dibuatkan kode registrasi baru.

Demikian artikel yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Kode Registrasi? Cara Mendapatkannya di Dapodik 2020.b?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel