PTK Masih Nol? Berikut Tips Mengatasinya Meski PMP 2019 Sudah Ditutup

Sinau-Thewe.com - PTK Masih Nol? PMP 2019 Sudah Ditutup! Tetapi Sinc Dibuka! - Meskipun PMP 2019 telah mencapai batas akhir yaitu pada tanggal 15 April 2020 tetapi pengiriman data mutu pendidikan tetap dibuka (sinkron).


Ditjen Paud Dikdasmen mengeluarkan Surat Edaran  Nomor: 2851/C1/PJ/2020 tentang Perbaikan Sistem Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dan Batas Waktu Pengumpulan Data Pemetaan Mutu Pendidikan, diharapkan setiap satuan pendidikan dapat mengirim data Evaluasi Diri Sekolah (EDS) melalui Aplikasi EDS Dikdasmen offline sampai dengan tanggal 15 April 2020. Meskipun demikian masih banyak sekolah yang mengalami kendala dalam proses pengiriman data, sehingga progres data di setiap wilayah masih perlu ditingkatkan.

Data PTK Masih Nol? Berikut Tips Mengatasinya




Berikut ini tips mengatasi data PTK dan Sarpas yang masih Nol berdasarkan kordinasi LPMP dengan Tim Satgas Pusat:
  • Cut off tidak menutup pendataan PMP, hanya pengambilan data waku tertentu. Pengisian dan sinkron masih bisa dilanjutkan.
  • Satuan Pendidikan maupun Pengawas Satuan Pendidikan tidak perlu panik dengan terburu-buru melakukan sinkron yang mengakibarkan server pusat down.
  • Pastikan proses pengisian selesai dan sesuai dengan prosedur yaitu Hitung Rapor Mutu - Sinkronisasi - Lapor Pengawas untuk di verval.
  • Sampai dengan saat ini, standar PTK dan Sarpras masih di oleh oleh pusat, jadi tidak perlu melakukan sinkronisasi sampai 10 kali atau lebih. Cukup satu kali yang penting berhasil.
  • Bagi Satuan Pendidikan yang sudah terlanjur memproses Pakta Integritas Kepala Sekolah tidak perlu panik dan membatalkannya, namun lanjutkan saja aktifitas yang belum selesai seperti verval dan pakta pengawas.
  • Upayakan minimal satu minggu sekali lakukan sinkronisasi PMP Offline-nya agar data masuk ke pusat.
  • Jika terdapat standar yang masih nilainya nol coba atasi dengan sinkron sesuai jadwal daerah masing-masing. Setelah berhasil sinkron, nanti ada sejumlah data yang masuk dan cek kembali jaring laba-labanya, pasti berubah meski sedikit.
  • Mengapa ada standar pendidikan yang nilainya masih nol karena sedang diproses dari server Dapodik, untuk sementara ditunggu sampai ada informasi dari Ditjen Paud Dikdasmen melalui laman PMP.

PMP Sudah Di Tutup Tetapi Sinc Dibuka


Ditjen Paud Dikdasmen memberikan Apresiasi kepada Bapak/Ibu operator sekolah, LPMP, Dinas Pendidikan, dan pengawas yang telah berupaya menyelesaikan proses pendataan EDS Dikdasmen 2019/2020. Dan menegaskan kembali bahwa pengiriman data melalui Aplikasi EDS Dikdasmen Offline masih tetap dibuka meskipun melewati tanggal 15 April 2020. Jadi Satuan Pendidikan yang telah mengisi data pada Aplikasi EDS Offline masih dapat melakukan pengiriman/sinkronisasi data.

Dihimbau kepada Pengawas untuk dapat melanjutkan proses verifikasi dan validasi rapor mutu secara daring melalui Aplikasi Supervisi Mutu. Tidak kalah pentingnya peran aktif LPMP, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sesuai dengan kewenangangannya sangat dibutuhkan dalam mendorong satuan pendidikan dan pengawas dengan mengadakan layanan teknis pengaduan serta pembekalan secara virtual terkait Aplikasi EDS Dikdasmen Offline dan Supervisi mutu.

Demikian informasi PTK Masih Nol? PMP 2019 Sudah Ditutup! Tetapi Sinc Dibuka! yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PTK Masih Nol? Berikut Tips Mengatasinya Meski PMP 2019 Sudah Ditutup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel