RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas VII SMP/MTs Semester Genap 2020/2021

Sinau-Thewe.com - RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas VII SMP/MTs Semester Genap Tahun 2020/2021 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 


Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII SMP/MTs Semester Genap.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semeseter : VII / Genap
Materi Pokok : Akhlak Terpuji Kepada Sesama
Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran @ 40 menit.

A. Tujuan Pembelajaran 

  • Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzhon, tawadu’, tasamuh dan ta’awun 
  • Menyebutkan nilai-nilai positif dari husnuzhon, tawadu’, tasamuh dan ta’awun dalam fenomena kehidupan 

B.Langkah-Langkah Pembelajaran 

1. Kegiatan Pendahuluan 

  • Guru memberikan salam dan menginstruksikan salah satu siswa untuk mempipin doa.
  • Guru memeriksa kehadiran siswa dengan mengisi presensi kehadiran siswa.
  • Guru membagi peserta didik kedalam kelompok kerja secara variatif.
  • Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
  • Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan serta teknik penilaian yang akan digunakan.

2. Kegiatan Inti

Stimullation (stimulasi/pemberian rangsangan) 
Peserta didik diberikan motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara:
Melihat (tanpa atau dengan alat)
  • Menayangkan foto/video tentang pembelajaran akhlak terpuji kepada sesama
  • Pengertian akhlak akhlak terpuji husnuzhon, tawadu’, tasamuh dan ta’awun
Mengamati
  • Peserta didik diminta mengamati gejala perilaku akhlak terpuji terhadap sesama yang ditayangkan pada foto/video
Membaca
  • Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain/dari internet, materi yang berhubungan dengan akhlak terpuji terhadap sesama.
Menyimak
  • Peserta didik diminta menyimak penjelasan kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai akhlak terpuji terhadap sesama. 

Problem Statement (Pertanyaan atau Identifikasi Masalah)

Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar/video yang disajikan dan akan dijawab memalui kegiatan belajar, contohnya mengajukan pertanyaan, tentang pengertian akhlak terpuji terhadap sesama yaitu husnuzhon, ta’awun, tasamuh, tawadu’ yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreatifitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat, misalnya : Apakah yang dimaksud dengan pengertian akhlak terpuji terhadap sesama yaitu husnuzhon, tawadu’, tasamuh dan ta’awun?

Data Collection (Pengumpulan Data) 

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
  • Mengamati obyek/kegiatan
  • Mengumpulkan informasi : Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang pengertian akhlak terpuji terhadap sesama yaitu husnuzhon, tawadu’, tasamuh dan ta’awun?
  • Membaca sumber lain selain buku teks
  • Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang pengertian akhlak terpuji terhadap sesama yaitu husnuzhon, tawadu’, tasamuh dan ta’awun?

Data processing (Pengolahan data)

  • Mengolah informasi :Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai akhlak terpuji terhadap sesama yaitu husnuzhon, tawadu’, tasamuh dan ta’awun?

3. Kegiatan Penutup

Peserta didik: 
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang pont-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan 
  • Mengagendakan pekerjaan rumah 
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajari pada pertemuan diluar jam sekolah atau rumah. 
 Guru: 
  • Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek. 

C. Penilaian 

  • Tes tertulis uraian atau pilihan berganda, melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang Akhlak Terpuji Terhadap Sesama Yaitu Husnuzhon, Tawadu’, Tasamuh Dan Ta’awun. 
  • Penugasan, membuat ringkasan tentang Akhlak Terpuji Terhadap Sesama Yaitu Husnuzhon,  Tawadu’,  Tasamuh  Dan Ta’awun. 

Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.


Demikian contoh RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas VII SMP/MTs Semester Genap Tahun 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP 1 Lembar Akidah Akhlak Kelas VII SMP/MTs Semester Genap 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel