UKK Dihapus dan Empat Alternatif Penggantinya

Sinau-Thewe.com - UKK Dihapus dan Empat Alternatif Penggantinya! - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim  meniadakan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bagi siswa SMK melalui Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020.  UKK ditiadakan di masa pandemik Covid-19 karena uji kompetesi tersebut harus dilakukan secara tatap muka sehingga sangat sulit dilakukan secara daring.


Uji Kompetensi Keahlian / UKK Tahun 2020 tidak diadakan hanya dengan satu alasan yaitu menitikberatkan pada keselamatan jiwa warga sekolah (Peserta Didik dan Guru). Tapi tidak berarti bahwa guru tidak bisa menilai kompetensi keahlian dari siswa SMK.

Empat Alternatif Pengganti UKK



Ada empat cara yang bisa diambil sebagai alternatif pengganti UKK, antara lain:
1. Menggunakan nilai kompetensi praktik siswa yang telah dilakukan pada semester 1 sampai dengan 5, karena pada kurikulum SMK terdapat komposisi praktik dengan proporsi 60 s.d 70 persen. 

2. Menggunakan penilaian dari praktik industri, karena siswa SMK melaksanakan praktik industri selama minimal tiga bulan pada semester 5 menjelang semester 6.


3. Memakai nilai dari uji sertifikasi keahlian siswa. SMK juga mempunyai catatan nilai yang bisa digunakan untuk menggantikan nilai uji kompetensi keahlian.

4. Dan yang keempat yaitu apabila Covid-19 sudah selesai, maka SMK bisa bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) maupun dengan industri untuk melakukan uji sertifikasi kompetensi siswa SMK.

Meskipun demikian, sebenarnya ada berbagai alternatif yang bisa digunakan sebagai indikator kelulusan siswa. Contohnya, sekolah dapat menggunakan nilai semester genap tahun terakhir sebagai tambahan nilai kelulusan. “Nilai tersebut menjadi dasar nilai ijazah yang digunakan untuk keperluan lebih lanjut termasuk untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Source : Kemendikbud.

Demikian informasi yang dapat dibagikan, semoga bermanfaat. Terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UKK Dihapus dan Empat Alternatif Penggantinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel