Cara Menggunakan Google Classroom di HP Android dan Laptop

Cara Menggunakan Google Classroom - Pademi Covid-19 memaksa guru dan peserta didik di Indonesia melakukan aktivitas belajar dan mengajar dari rumah. Proses pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran daring atau proses belajar mengajar secara online. Salah satu platform yang paling popular sebagai media untuk Pembelajaran Jarak Jauh secara online adalah Google Classroom.


Apa itu Google Classroom?

Google classroom adalah aplikasi e-learning dari Google yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa secara online. 

Google Classroom tidak hanya tersedia melalui laman web saja, tetapi dalam bentuk platform lain yang dikemas dalam bentuk aplikasi yang bisa digunakan di smartphone, tablet, iPhone, dan iPad. 


Dalam situasi Pandemi ini, aplikasi Google Classroom menjadi aplikasi yang paling populer sebagai media belajar mengajar, selain mudah digunakan, tetapi juga aplikasi ini gratis. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Selain itu, Google Classroom terikat dengan layanan Gogole lainnya seperti Google Drive,  Google Calendar, Google Form, Google Meet, Google Docs dan lain sebagainya. Layanan ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran baik guru maupun siswa.

Cara Akses Google Classroom

Hal terpenting sebelum menggunakan Google Classroom adalah guru dan siswa wajib sudah memiliki dan mengaktifkan G-mail terlebih dahulu, kemudian silahkan ikuti tatacara kami berikut ini :

1. Buka browser Google Chroome dan kunjungi laman https://classroom.google.com/. Bagi yang belum punya aplikasinya, silahkan download di Google Play Store atau Apple App Store.

2. Berikutnya, guru atau siswa akan diminta untuk memilih akun G-mail yang digunakan untuk membuka Google Classroom.


3. Di pojok kanan atas, klik ikon tanda plus (+) kemudian nanti akan muncul dua pilihan yaitu "Join Class" dan "Create Class". Jika guru ingin membuat kelas maka silahkan pilih "Create Class". Tetapi jika anda sebagai siswa, silahkan pilih "Join Class" dengan memasukkan kode kelas yang dibagikan oleh guru. 


4. Jika anda seorang guru, silahkan klik "Create Class", maka akan diminta untuk mengisikan data kelas seperti Nama Kelas, Bagian, Mata Pelajaran dan Ruang. Jika sudah di isi, klik Buat.


5. Maka kelas yang dibuat oleh guru berhasil dibuat. Ada kode kelas yang bisa dibagikan / share kepada siswa melalui WA (Whatssapp) ataupun media lainnya agar siswa bergabung di kelas yang telah dibuat tadi.

6. Jika anda seorang siswa, silahkan klik "Join Class" dan masukan kode kelas yang dibagikan oleh guru, kemudian klik Gabung.


7. Jika guru akan membuat tugas kepada siswa di kelas, klik tab Tugas Kelas (Class Work) dan klik Buat (Creat) pada tanda (+). Guru dapat memberikan tugas dalam bentuk foto, dokumen, link video atau hanya teks langsung di Google Classroom.

8. SIswa akan melihat tugas dari guru di halaman depan / beranda Google Classroom siswa.


Demikian tutorial tentang Cara Menggunakan Google Classroom di HP Android dan Laptop yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga bermanfaat bagi guru dan siswa agar tetap bersemangat dalam belajar meskipun disaat kondisi Pandemi. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggunakan Google Classroom di HP Android dan Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel