Cara Mengatasi Gagal Login Akun PTK, Username dan Password Tidak Cocok

Verifikasi Akun PTK Dapodik 2021 - Perubahan yang terjadi di Aplikasi Dapodik Versi 2021 cukup luas, sehingga menyebabkan tidak sedikit Operator Dapodik sekolah kewalahan dalam memahami sistem yang ada. Terutama adalah setelah update akun PTK, dimana banyak yang mengalami gagal login dengan keterangan "Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok".


Perlu kita pahami bersama, bahwa ada tiga laman baru dengan fungsi yang berbeda-beda diantaranya adalah:  
  1. https://sp.datadik.kemdikbud.go.id digunakan untuk verifikasi akun Operator Sekolah
  2. https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id digunakan untuk verifikasi akun PTK
  3. https://datadik.kemdikbud.go.id digunakan untuk verifikasi akun Dinas Pendidikan
Jika Guru atau Tendik menemukan permasalahan tersebut, tidak perlu panik. Cukup bersabar dan berkomunikasi dengan Operator Dapodik sekolah untuk melakukan update akun PTK kembali.

Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut :
1. Buka browsernya kemudian kunjungi laman https://sp.datadik.kemdikbud.go.id sebagai Operator Sekolah
2. Jika berhasil login, silahkan klik menu Akun, klik Daftar Akun, pilih Jenis Akun PTK dan klik tombol Tampilkan



3. Kemudian akan keluar seluruh daftar PTK, baik Guru dan Tendik



4. Silahkan cari PTK yang akan di reset kemudian klik tanda Pensil di sebelah kanan identitas PTK.
5. Kemudian silahkan Update akun PTK tersebut dengan cara masukan alamat email aktif beserta password



6. Setelah di update, silahkan tunggu 1x24 jam kemudian cobalah untuk login kembali.
7. Selesai

Demikian informasi tetang Cara Mengatasi Gagal Login Akun PTK, Username dan Password Tidak Cocok yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

24 Responses to "Cara Mengatasi Gagal Login Akun PTK, Username dan Password Tidak Cocok"

  1. mau tanya pak..
    kalau saya masalahnya akun operatornya yang tidak bisa dibuka keterangan: "Gagal melakukan proses autentikasi, username dan password yang anda masukan tidak cocok" padahal email dan password sudah benar.
    bagaimana cara mengatasinya ya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pernah dicoba menggunakan perangkat lain pak? Coba clear history. Kalau tetap tidak bisa, sebaiknya komunikasi dengan Dinas Pendidikan setempat utk melakukan reset password pak, jangan lupa siapkan dulu SK Operator terbaru.

      Delete
  2. sy login akun operator bisa...tapi kalo login pake akun PTK ga bisa ..padahal akun (OPS) dan akun PTK udah terverifikasi malahan udah bisa sinkronisasi ...gimana nih solusinya

    ReplyDelete
  3. sy login akun operator bisa...tapi kalo login pake akun PTK ga bisa ..padahal akun (OPS) dan akun PTK udah terverifikasi malahan udah bisa sinkronisasi ...gimana nih solusinya

    ReplyDelete
  4. sy login pake akun (ops) lancar tapi kalo pake akun GTK kenapa ga bisa login y..padahal akun (ops) dan akun GTK nya udah terverifikasi...malahan udah bisa sinkronisasi ..apa dapodik 2021 nya msh belum sempurna ya...mohon solusinya terima kasih

    ReplyDelete
  5. saya lupa password PTK...
    ada cara bisa reset/update passwordnya kah?

    semntara di sp.datadik muncul :
    Akun ini sudah verifikasi, silahkan gunakan login individu untuk mengubah.

    mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  6. password ptk lupa, padahal sudah verifikasi.
    bagaimana solusinya???

    ReplyDelete
  7. Akun sudah verifikasi di ptk, tapi waktu liat info gtk kok beda,, alias belum ganti akun email dan belum verifikasi,,, padahal sudah disinkron juga. Bagaimana solusinya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urutan perubahan data dimulai dari mengubah email di laman sp.datadik sampai dg infogtk cukup panjang dan membutuhkan waktu. Jd intinya, setelah verifikasi berhasil, minta tolong OP Dapodik utk sering2 sinkron, biar datanya masuk ke dapodik. Setelah berhasil masuk, sering2 sinkron lagi utk kirim data dari Dapodik ke InfoGTK. Setelah itu tunggu dan pantau perkembangan di InfoGTK

      Delete
  8. Klw icone pensilnya g bisa diklik sehinga email tdk bisa di update itu gmna pa?

    ReplyDelete
  9. assalamu'alaykum admin
    gimana kalo permaslahannya "ptk tidak ditemukan" saat bertanya ke Ops dia jawabnya "karna kamu sudah tidak nginduk sekolah disini".
    solusinya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mau tanya kak. Kakak mengajar di lebih dari satu sekolah? Kalau iya, coba pilih salah satu sekolah yang bisa menjadi induk kakak. Karena untuk bisa verifikasi akun adalah salah satu syaratnya tercantum di sekolah induk. Semoga bisa menjawab pertanyaan kakak.

      Delete
    2. Assalamu'alaikum, saya punya kendala akun ptk yang belum terverifikasi tidak bisa diedit atau ganti pasword pada akun oprator sp datadik, mohon solusinya.terimakasih

      Delete
    3. apakah akun PTK dan OP sama? kalau sama, lebih baik dapodik di update ke versi 2021.b, ada pengaturan role pengguna khusus utk PTK yang bertugas sebagai OP kak

      Delete
    4. Akun tidak sama pak, Akun guru yang lain sdh bisa diedit pasword dan bisa verifikasi, tap ada satu yang tidak bisa diklick pada menu edit pasword dan juga tidak bisa login ke SSO.

      Delete
  10. salam pak, akun ptk saya saat login di gtk tidak ditemukan, padahal oleh ops sudah berhasil di verifikasi, tapi sampai saat ini tdk bisa juga email dan pass sudah benar. Bisa bantu utk solusinya?

    ReplyDelete
  11. tidak bisa update pasword gtk jadi tidak bisa masuk ke akun gtk untuk melakukan verifikasi masuk ke info gtk juga tidak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama masalahnya dengan saya... nyimak jawaban

      Delete
    2. Permasalahannya sama. Minggu lalu baru pengajuan ptk baru dan sudah disetujui. Kemudian ke dapodik buat password. Berhari2 mau login buat verifikasi tulisannya gagal autentikasi nama dan password tidak sesuai. Terus coba update tetep ndak bisa. Itu solusinya gimana ya?

      Delete
    3. PTK baru itu apakah hasil mutasi atau input data PTK baru? Kalau mutasi, biasanya karena PTK tsb sudah verifikasi di sekolah lama.

      Delete
    4. Input data ptk baru. Apakah memang harus mengurus ulang ke admin dinas pendidikan prov?

      Delete
    5. Kalo PTK baru biasanya isian data pokok saja yang di entry kak, misal SK pengangkatan, tanggal pengangkatan, jenis PTK dll...Sisanya bisa di entry melalui Dapodik.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel