Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2020

PPG Daljab 2020 - Pembelajaran Program PPG Dalam Jabatan dilaksanakan melalui alur tahapan kegiatan yang merupakan penjabaran dari tiga mata kuliah yang dijelaskan pada Struktur Kurikulum. Secara singkat, alur tahapan pelaksanaan program PPG Dalam Jabatan digambarkan dalam Skema PPG Daljab sebagai berikut :


Apa itu Pendalaman Materi

Kegiatan Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri merupakan kegiatan pertama dari 7 tahapan kegiatan PPG Dalam Jabatan yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri dan daring untuk mempelajari / mendalami materi PPG dengan berdiskusi dan berlatih, serta menjawab soal secara daring di bawah bimbingan Dosen PPG.

Kegiatan ini memiliki bobot 5 SKS dan diselesaikan dalam waktu 30 hari. Dalam tahap ini, mahasiswa diwajibkan tuntas dalam mempelajari 6 modul Profesional dan 4 modul Pedagogik yang masing-masing modul terdiri atas 4 kegiatan belajar (KB). Jadi total jumlah modul adalah sebanyak 10 modul atau 40 KB.

Tujuan Pendalaman Materi

Tujuan dari Kegiatan Pendalaman Materi melalui Belajar Mandiri adalah membekali mahasiswa di awal kegiatan PPG Dalam jabatan untuk menguasai materi bidang studi, pedagogik, TPACK. dan HOTS sebagai bekal dalam melakukan perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Selain itu, diharapkan mahasiswa sukses dalam tahap Uji Kompetensi Mahasiswa PPG.

Aktifitas Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pendalaman Materi

  1. Mahasiswa wajib mempelajari secara mandiri 6 modul Bidang Studi yang terdiri atas 24 KB dan 4 modul Pedagogik yang terdiri atas 16 KB.
  2. Agar bisa mengakses modul secara daring, mahasiswa wajib masuk melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id
  3. Selama tiga hari, mahasiswa wajib menyelesaikan pembelajaran 1 modul (4 KB) dan menguasai materi yang disajikan dalam modul tersebut.
  4. Mahasiswa wajib mengikuti secara aktif diskusi yang dipandu oleh dosen.
  5. Mahasiswa wajib mengerjakan tes formatif di akhir KB dan tes sumatif di akhir modul.
  6. Mahasiswa melakukan refleksi atas aktifitas pendalaman materi.


Aktifitas Dosen Dalam Dalam Mata Kuliah Pendalaman Materi

  1. Dosen wajib memastikan bahwa semua mahasiswa mempelajari modul sesuai jadwalnya. Hal yang bisa dilakukan antara lain dengan memberikan salam, sapa, memberi motivasi secara daring melalui aplikasi.
  2. Dosen wajib memandu diskusi selama mahasiswa mempelajarai materi secara daring. Diskusi bisa dilakukan dengan cara saling tanya jawab, maupun memberikan pendalaman materi untuk memperkaya, memperdalam, memperluas hal yang disajikan dalam modul menuju HOTS dan TPACK.
  3. Dosen memberikan penilaian keaktifan diskusi melalui daring.
  4. Dosen memberikan evaluasi tes formatif dan sumatif untuk setiap modul.
  5. Dosen melakukan refleksi.


Tagihan Kinerja Dalam Mata Kuliah Pendalaman Materi

Tagihan kinerja pada tahapan ini yang harus dipenuhi oleh mahasiswa setelah menyelesaikan pendalaman materi setiap modul adalah :
  1. Menyelesaikan tes formatif sebanyak 4 set.
  2. Menyelesaikan tes sumatif sebanyak 1 set
  3. Tagihan tersebut adalah untuk setiap modul. Jadi keseluruhan tagihan kinerja untuk pendalaman materi 10 modul adalah 40 set tes formatif dan 10 set tes sumatif.


 Untuk lebih jelasnya silahkan Download Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dengan Nomor 2017/B2/GT/2020 tanggal 10 Juli 2020 tentang Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2020.

Demikian informasi tentang Rincian Struktur Kurikulum PPG Daljab 2020 Mata Kuliah Pendalaman Materi yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika informasi ini bermanfaat, silahkan share dan berikan komentar yang membangun, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pendalaman Materi PPG Dalam Jabatan 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel