RPP 1 Lembar PJOK Kelas XI SMK/MAK Tahun 2020/2021

Sinau-Thewe.com - RPP 1 Lembar PJOK Kelas XI SMK/MAK Tahun 2020/2021 - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 


Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran PJOK Kelas XI SMK/MAK Semester Genap.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas / Semester : XI / Genap
Materi Pokok : Seni Bela Diri Pencak Silat
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 40 menit.


1. Tujuan Pembelajaran 

Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan metode Teams Games Tournament( TGT), praktek dan penugasan, Peserta didik dapat:
  • Menjelaskan dasar-dasar langkah dan tangan dalam pencak silat dengan tepat
  • Mengaplikasikan gerakan seni beladiri dengan benar
  • Membuat rangkaian seni pencak silat dengan cermat
  • Menganalisis dan mengevaluasi gerakan seni beladiri pencak silat dengan baik dan benar

2. Langkah-Langkah Pembelajaran 

A. Pendahuluan

  • Disetiap awal pembelajaran, guru menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis untuk mengikuti proses pembelajaran (pemanasan).

B. Kegiatan Inti

Pertemuan ke-1
  • Pada pertemuan pertama, Guru memberikan contoh gerakan seni beladiri pencak silat dengan baik dan benar. Peserta didik mengamati dan bertanya (Critical Thinking). Penentuan pertanyaan mendasar.
  • Guru membentuk kelompok diskusi siswa dengan metode TGT) untuk mencari sumber informasi dari internet ataupun buku sumber tentang gerakan seni beladiri pencak silat,
  • Guru meminta siswa untuk mencari tahu referensi gerakan seni beladiri pencak silat. Siswa merancang perencanaan proyek yang akan dikerjakan (Diskusi Kelompok), menentukan gerakan seni pencak silat, membuat rangkaian gerakan seni pencak silat (Creativity).
  • Masing-masing kelompok berdiskusi dan dipimpin oleh salah satu kelompok yang ahli untuk membuat gerakan seni pencak silat (collaboration).
Pertemuan ke-2
  • Pada pertemuan ke dua, masing-masing kelompok menampilkan rangkaian seni gerakan pencak silat, guru memonitor peserta didik dan kemajuan proyek.
  • Masing-masing kelompok presentasi hasil kerja proyek (rangkaian gerakan seni beladiri) untuk menguji hasil dan mengevaluasi pengalaman (communication)
  • Kelompok yang lain menanggapi, guru memberikan konfirmasi.

C. Penutup

  • Disetiap Akhir pertemuan pembelajaran, guru bersama siswa melakukan refleksi kegiatan pembelajaran hasil dan manfaat yang diperoleh.
  • Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.


3. Penilaian 

  • Pengetahuan : Test tertulis
  • Keterampilan : Praktikum

Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Demikian contoh RPP 1 Lembar PJOK Kelas XI SMK/MAK Tahun 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RPP 1 Lembar PJOK Kelas XI SMK/MAK Tahun 2020/2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel