Cara Mengatasi Verifikasi di Individual PTK "Berhasil" Tetapi Status Verifikasi PTK di Dapodik "Belum Verifikasi"

Verifikasi PTK Dapodik 2021 - Verifikasi akun atau verifikasi email PTK wajib dilakukan. Karena apabila dengan batas waktu yang telah ditentukan ternyata PTK tersebut belum melakukan verifikasi, maka akan terhapus dari Database Dapodik. Sungguh suatu hal yang tidak kita inginkan bersama.


Trafic tinggi yang menyebabkan kita susah mengakses laman individual PTK. Sampai-sampai kita coba akses pada waktu dini hari pun kadang trafic masih tinggi. Sabar-sabar...hehe

Apalagi kalau sudah berhasil verifikasi tetapi di Aplikasi Dapodik masih tercantum "Belum Verifikasi", huuffff sungguh menjengkelkan hahaha...

Tenang, kali ini Sinau-Thewe.com akan membagikan tips mengatasi permasalahan tersebut. 

Kalau kita analisis kasus atau permasalahan ini sebenarnya mudah. Pada intinya data hasil verifikasi tersebut belum seutuhnya masuk ke Aplikasi Dapodik Versi 2021, untuk itu kita perlu trik agar data bisa masuk 100%.

Ada dua cara untuk mengatasi hal ini, antara lain :
  • Lakukan sinkron Aplikasi Dapodik Versi 2021.
  • Dan atau Install kembali Aplikasi Dapodik Versi 2021 menggunakan Prefill terbaru.
Proses sinkron Dapodik Versi 2021 digunakan untuk mengirim perubahan data yang ada di dalam Aplikasi Dapodik itu sendiri dan mengambil hasil pengolahan data yang dilakukan secara online. Contoh pengolahan data secara online adalah Verifikasi Akun PTK.

Setelah proses verifikasi PTK selesai dilakukan, hasil tersebut tidak akan masuk ke aplikasi Dapodik Versi 2021 tanpa dilakukan adanya proses sinkron. Bagaimana cara sinkron yang baik dan benar? Silahkan simak artikel Cara Sinkron Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Namun apabila setelah sinkron tetapi data verifikasi PTK-nya masih tercantum "Belum Verifikasi", maka kita coba alternatif terakhir yaitu melakukan install kembali Aplikasi Dapodik Versi 2021 dengan menggunakan Prefill terbaru.

Proses install Aplikasi Dapodik akan berhasil apabila didasari dengan cara Uninstal Aplikasi Dapodik yang baik dan benar. Simak artikel Dua Cara Uninstall Aplikasi Dapodik Versi 2021.

Kemudian dilanjutkan dengan Install kembali Aplikasi Dapodik Versi 2021, simak artikel Cara Install dan Registrasi Dapodik Versi 2021.

Setelah itu, cobalah cek kembali status verifikasi pada PTK tersebut.

Demikian artikel tentang Cara Mengatasi Verifikasi di Individual PTK "Berhasil" Tetapi Status Verifikasi PTK di Dapodik "Belum Verifikasi" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Cara Mengatasi Verifikasi di Individual PTK "Berhasil" Tetapi Status Verifikasi PTK di Dapodik "Belum Verifikasi""

  1. ini postingan saya di grup FB..ko nyazar ke sini

    ReplyDelete
  2. apa dgn instal ulang dapo dgn prefil terbaru dijamin akun gtk bs terverifikasi di aplikasi lokal??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minggu lalu saya jg mengalami masalah yg sama, terus tak inul, data masuk semua. Tapi kalo ragu, mending instal di PC yg lain biar bisa dibandingkan hasilnya

      Delete
  3. Kenapa pas registrasi pakai prefill oas saat mau 100% ada notif MAAP DATA TIDAK MASUK SEMUA tetapi login bisa itu tidak akan jadi masalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Registrasi kembali kak... Coba kalo pake registrasi offline. Tapi pastikan dulu semua anti virus telah di disable.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel