RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021

RPP 1 Lembar SD - Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahwa diharapkan penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa. 

Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, dan Penilaian atau Assesment yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.

Nah, kali ini Sinau-Thewe.com akan memberikan contoh RPP 1 Lembar untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 1-6 jenjang SD/MI Tahun Pelajaran 2020/2021.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Sekolah : Sinau-Thewe.com
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : III / Gasal
Materi Pokok : Animals (Zoo Animals)
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran @ 35 menit.

1. Tujuan Pembelajaran 

  • Murid mampu melafalkan kosakata animals dengan tepat
  • Murid mampu bercakap-cakap dan menyebutkan bunyi ujaran berdasarkan gambar, mewarnai dan melafalkan nya.

2. Langkah-Langkah Pembelajaran 

A. Kegiatan Pendahuluan 

  • KBM berlangsung dengan mengggunakan call conference atau video conference dengan aplikasi.
  • Apersepsi: Kelas dimulai dengan salam sapa,serta pengecekan kehadiran.Kemudian murid berdoa masing-masing. 
  • Motivasi: Guru memberikan motivasi untuk tetap belajar dengan giat dan menjaga kesehatan selama Belajar Dari Rumah. Dalam kegiatan ini, sebelum memulai proses belajar guru memberikan ice breaking, seperti tepuk konsentrasi.Misal: tepuk nyamuk dan tepuk angina.

B. Kegiatan Inti

  • Guru bertanya,siapa yang pernah berkunjung ke KB.Gembiraloka.Setelah mendapatrespon positif, guru menyakan kira-kira apa saja hewan yang dapat mereka temui disana. 
  • Murid menjawab apa saja yang mereka temui disana. Kemudian menuliskan dalam buku tulis minimal 10 hewan yang ada dikebun binatang. 
  • Setelah Murid selesai menuliskan nama-nama hewan tersebut, guru mengeluarkan gambar hewan dengan ukuran A4, kemudian meminta murid menjawab hewan apa. Misal Gajah, singa dan harimau. Lalu guru bertanya apa bahasa inggrisnya hewan hewan tersebut. Setelah mendapatkan respon, guru mengulangnya dengan pelafalan yang tepat kemudian ditirukan masing-masing murid. 
  • Guru mulai bertanya menggunakan bahasa inggris "whatisthis?" Sambil menuliskan disebuah kertas tentang pertanyaan tersebut serta cara menjawab. Siswa harus menjawab diawali dengan "Thisis...".
  • Guru menuliskan nama hewan dalam bahasa inggris, dan meminta murid menuliskan dibuku tulis, di samping list zoo animal bahasa indonesia. Dalam proses ini ditujukan supaya murid mengetahui kosa kata nama zoo animals secara tepat. 
  • Guru bertanya, apa ada dari list zoo animals yang belum diketahui bahasa inggrisnya kemudian mendiskusikan bersama. Masing-masing murid secara bergiliran membacakan  dengan nyaring apa saja hewan yang ada dalam list di bukunya. Max10 nama zoo animals.

C. Kegiatan Penutup

  • Guru bersama dengan murid merefleksikan apa saja yang dipelajari hari itu. Untuk PR guru memberikan tugas yang ada dilembar kerja murid untuk ditagih dipertemuan berikutnya.

3. Penilaian 

  • Respon murid dalam menjawab pertanyaan 
  • Keterampilan melafalkan nama-nama hewan 
  • Sikap disiplin dan bertanggung jawab

Dalam proses pembuatan RPP 1 Lembar ini tidak terlepas dari RPP pada bentuk sebelumnya, jadi penulis memberikan tips dan trik kepada rekan-rekan dalam membuat RPP agar cepat selesai tetapi tidak asal selesai. Tipsnya adalah ambillah Kegiatan Inti dari RPP tahun lalu, kemudian letakan pada RPP 1 Lembar berdasarkan contoh diatas.

RPP 1 Lembar seperti contoh diatas, bisa DIDOWNLOAD DISINI.

Demikian contoh RPP 1 Lembar Bahasa Inggriis Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021 yang bisa Sinau-Thewe.com berikan. Jika contoh RPP ini bermanfaat, silahkan share, dan berikan komentar yang membangun ya. Jangan lupa ikuti / follow agar mendapat informasi terbaru dari Sinau-Thewe.com. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "RPP 1 Lembar Bahasa Inggris Kelas 1-6 Jenjang SD/MI 2020/2021"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel