Tips Mengatasi InfoGTK Invalid "JJM Linier Masih Dalam Perhitungan"

Cara Mengatasi InfoGTK Invalid - Salah satu permasalahan di InfoGTK adalah munculnya keterangan bahwa Status Validasi Tunjangan Profesi Tidak Valid dengan rincian keterangan "JJM Linier Masih Dalam Perhitungan".

Untuk bisa mengidentifikasi penyebab masalah tersebut adalah dengan cara menelusuri dan menganalisis secara detail agar tidak keliru dalam mengambil keputusan. Sebagai contoh, misalnya kita sakit dengan gejala kepala pusing dan suhu badan tinggi. Jika dilihat dari gejalanya, orang tersebut bisa terkena flu / batuk / typus / Demam Berdarah dan lain sebagainya. Untuk bisa memastikan, maka dilakukan tindakan medis lebih lanjut.

Sama juga halnya dengan menganalisis permasalahan di laman InfoGTK dimana keterangan invalid adalah JJM Linier Masih Dalam Perhitungan. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut. Berikut ini pembahasan detailnya.


Penyebab JJM Tidak Linier atau JJM Linier Masih Dalam Perhitungan adalah dikarenakan jumlah jam mengajar PTK tersebut yang sesuai dengan Sertifikat Pendidik terbaca kurang dari 24 jam mengajar. Berikut ini adalah beberapa tips mengatasinya :

1. Untuk melengkapi kekurangan jam mengajar, solusi yang pertama adalah PTK tersebut bisa ditambahkan dengan tugas tambahan misalnya Wali Kelas, Pembina Osis, Pembina Pramuka, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laborat ataupun tugas tambahan lainnya yang terhitung dalam InfoGTK.

2. Solusi yang kedua adalah dengan cara memastikan jumlah jam mengajar pada aplikasi Dapodik telah di entry dengan benar. Apabila sudah dipastikan di entry dengan lengkap tetapi pada laman InfoGTK tertera Invalid, silahkan cek di Data Individu pada laman InfoGTK tepatnya pada baris data nomor 1 yaitu data Update Terakhir. 

Dimana data tersebut adalah mencantumkan tanggal update data laman InfoGTK. Artinya pada tanggal tersebut server InfoGTK melakukan tarik data dari hasil sinkronisasi Aplikasi Dapodik. Apabila Update Terakhir berisi data tanggal yang sudah cukup lama, maka solusinya adalah sering-seringlah melakukan sinkronisasi minimal satu kali dalam satu hari dengan tujuan agar data Dapodik segera di tarik ke server InfoGTK.

3. Masalah tersebut juga diakibatkan karena jumlah rombel sedikit, sehingga JJM kurang dari 24 jam mengajar. Solusinya adalah PTK tersebut dapat mengajar mata pelajaran yang linier dengan Sertifikat Pendidik. Misalnya PTK tersebut memiliki Serdik dengan mata pelajaran Fisika, maka PTK tersebut dapat mengajar sebagai Guru Kelas, mata pelajaran IPA, IPA Terapan, Prakarya serta Prakarya dan Kewirausahaan.


4. Mengajar di Satuan Pendidikan non induk adalah menjadi solusi terakhir apabila tips diatas telah dilakukan tetapi masih belum membuahkan hasil positif. Tetapi untuk dapat melakukan langkah ini, agar jam mengajar di Satuan Pendidikan non induk dapat terbaca pada server InfoGTK, PTK tersebut diwajibkan untuk kordinasi dengan Dinas Pendidikan agar data tersebut datpat terekam.

Tips diatas adalah berdasarkan hasil analisis penulis, jadi apabila ada pengamalan lainnya yang bisa dibagikan oleh teman-teman, silahkan tambahkan dibagian komentar.

Demikian informasi tentang Tips Mengatasi InfoGTK Invalid "JJM Linier Masih Dalam Perhitungan" yang bisa Sinau-Thewe.com bagikan. Semoga ada manfaat didalamnya dan terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

44 Responses to "Tips Mengatasi InfoGTK Invalid "JJM Linier Masih Dalam Perhitungan""

  1. Kalau beban mengajar jjm nya masih dalam perhitungan, tpi update terakhir itu sudah yg terbaru itu gimana ya?

    Saya sudah memastikan dengan benar2 betul di dapodiknya, bahwa jumlah beban mengajarnya sudah 24 jam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah dipastikan benar antara basic sertifikasi dengan mapel yang diajarkan ya tinggal wait and see aja kak...

      Delete
  2. Selamat siang mau nanya saya mengajar di sd guru muatan lokal bahasa bali,data saya semester lalu valid dengan 12 jam sekarang tidak valid,kira kira mengajar apa lagi ya biar bisa valid di sd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek dulu di Data Individual InfoGTK kak, tepatnya baris nomor 1, disitu tercantum Update Terakhir tgl brp? Kalo 12 jam saja ngga linier kak, kecuali ada jam tambahan sebanyak 12 jam, jadi total 24, nanti valid+linier. Kalo di situ tertera tgl yg cukup lama, paling sering2 di sinkron dapodiknya dan sering pantau InfoGTKnya,

      Delete
  3. Jjm masih dalam perhitungan (❌)
    Warning..
    Kelas 6
    (Terdapat 5 rombel yang di perbolehkan 4)
    Mohon pencerahan nya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin rasio jml rombel dan jml siswa tidak memenuhi kriteria kak

      Delete
  4. kalau ngajarnya tidak linear (bhs inggris di sd ngajar 24 jam sebagai guru kelas), gmn alternativenya pak sinau thewe selain mutasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengajar di Satuan Pendidikan non induk kak, dg catatan minimal mengajar di Satuan Pendidikan induk yg linier 12jam mengajar.

      Delete
  5. jabatan kepala sekolah
    kenapa jam nya masi menunggu perhitungan

    ReplyDelete
  6. jjm saya masih 0 padahal di dapodik udah ada melebihi 24 jam kenapa di gtk tdk ke baca ya..

    ReplyDelete
  7. Saya mengajar 12 jam diluar induk tidak bisa masuk di info gtk.gmn caranya

    ReplyDelete
  8. Saya guru SD padahal di dapodik sdh 24 jam tapi info GTK Mash menunggu perhitungan bagaimana solusinya? Apa karena jumlah GTTnya banyak? Padahal rombelnya bukan pararel? Tapi GTT nya sudah tidak ada yang mendapatkan jam..semua jamnya diberikan pada guru PNS? Mohon penjelasannya?

    ReplyDelete
  9. Mau tanya ....apa jam non induk linier itu akan dihitung jjm apabila di induk sudah ada 12 jam linier?

    ReplyDelete
    Replies
    1. InfoGTK akan valid apabila mengajar di sekolah induk minimal 12 jam mengajar. Utk non induk akan terhitung apabila data terekam oleh Dinas setempat. Kurang lebihnya begitu kak

      Delete
  10. JJM sudah ditambah tapi di web info gtk masih belum berubah (update) juga itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering2 di sinkron Dapodiknya kak, dan coba cek kembali isian data pada baris nomor 1 di InfoGTK itu tercantum tgl brp? Kalo masih tercantum tgl lama, berarti kemungkinan InfoGTK belum mengambil data terbaru dari Dapodik.

      Delete
  11. Saya juga blm valid min.
    Jam di non induk 8 jam, mengajar pkwu kode sertifikasi kimia tapi jam liniernya blm terbaca. Di induk sudah terbaca 18 jam. Kira2 bagaimana solusinya ya?

    ReplyDelete
  12. Jam mengjar sudah sesuai Linear, dan wakil kepala sekolah tapi kenapa jam yang ditarik ke infogtk hanya wakil kepala sekolhnya saja ya sedangkan jam linearnya tidak

    ReplyDelete
  13. Di sklh induk SMK mapel IPA hanya 4 jam .tugas tambahan 12 jam apakah bisa valid.krn yg guru IPA seorg saja

    ReplyDelete
  14. Jam mengajar saya sudah linier S1 pendidikan fisika,saya ngajar di SMP ngambil mata pelajaran IPA kenapa jam linierx masih kosong juga pak.mohon solusinya.

    ReplyDelete
  15. Saya diinduk 12 JM mengajar.non induk2 jam.kenapa data belum valid?

    ReplyDelete
  16. Kalau serdik pgsd ngajar d SMP karena ijazah bahasa Indonesia, bagaimana min?

    ReplyDelete
  17. ijin tanya min, karena kurang teliti, kasus kami kepala lab terisi 2 sehingga invalid.
    saking paniknya karena waktu mepet, kami langsung delete saja salah satunya kemudian sinkron. kira-kira bermasalah gak itu? mungkin seharusnya cukup isi TST salah satunya saja lalu sinkron atau gimana? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga papa kak, TST di isi jika sudah tidak mendapatkan tugas tersebut kak. Kalau data ganda memang harus di delete salah satunya

      Delete
  18. Ijin bertanya...
    Ada guru dengan sertifikasi TIKOM kemudian di sekolah kami jumlah siswa nya kurang dari 150 dan di SKTP belum valid, apakah dengan mengajar di sekolah lain kira2 SKTP nya bisa valid tidak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asalkan satu rumpun mapel dan wajib diketahui Dinas Pendidikan kak

      Delete
  19. Maksudnya satu rumpun apa ya...
    SMP KE SMP atau SMP KE SMK/SMA yg linier dengan mapel nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu rumpun mapel kak, misal serti KKPI bisa mengajar TIK atau Simdig. Sertifikasi Fisika bisa mengajar IPA dll. hehehe

      Delete
  20. saya serti fisika. ngajar ipa di smp. tapi jam nya baru 15 JP untuk mapel IPA. apa bisa ditambah dgn kepala lab? apa itu terhitung 12 JP. dan info gtk sy bisa valild

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ditambah Ka. Lab, tetapi Ka. Lab yang di akui hanya satu dalam satu sekolah kak, jadi kalau ada Ka. Lab lain yang sudah di akui, maka hasilnya nihil kak

      Delete
  21. Saya punya permasalahan sedikit lebih ribet, saya bersertifikat guru kelas SD pada saat non pns, nah pada saat saya terangkat menjadi P3k saya di SKkan menjadi Guru IPS terpadu di SMP sehingga, jam mengajarku hingga kini belum valid dikarenakan JJM tanda seru padahal saya 24 jam....apakah sertivikasi saya tidak linear dg guru SMP IPS......?

    ReplyDelete
  22. Saya punya permasalahan sedikit lebih ribet, saya bersertifikat guru kelas SD pada saat non pns, nah pada saat saya terangkat menjadi P3k saya di SKkan menjadi Guru IPS terpadu di SMP sehingga, jam mengajarku hingga kini belum valid dikarenakan JJM tanda seru padahal saya 24 jam....apakah sertivikasi saya tidak linear dg guru SMP IPS......?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kakak, saya ngga bisa jawab pertanyaan kakak. Cuma saran aja kak, coba kakak komunikasi dengan Admin Simtun setempat kak, karena yang mengusulkan adalah Admin Simtun. Ceritakan aja apa yang jadi masalah kakak dan semoga ada jawaban yg pasti.

      Delete
  23. jumlah siswa kelas 9 smp ada 39. jd d bagi menjadi 2 kelas. namun kenapa d gtk terbaca nol y?

    ReplyDelete
  24. maaf mau tanya, untuk guru sertifikasi ipa smp.. apakah bisa valid kalau hanya mengajar prakarya 24 jam?.. terimakasih

    ReplyDelete
  25. bismillah.. maaf mau tanya.. kalau kita guru ipa tapi ngajarnya hanya prakarya 24 jam apakah bisa valid untuk sertifikasi.. terimakasih

    ReplyDelete
  26. Pak mau tanya, saya lulusan pedidikan biologi. Sekarang saya mengajar ipa di smp. Apakah kode linieritasnya 190 atau 027

    ReplyDelete
  27. Kalau cara mengatasi jumlah jam mengajar linier 0 bagaimana ya Pak? Saya jam mengajar 24 dan sudah sesuai dengan mapel sertifikasi. Tapi kenapa jumlah jam mengajar linier terlulis 0 ya?

    ReplyDelete
  28. Maaf mau tanya kenapa disekolah non induk saya ambil 8 jam tapi terbaca 6 ya?

    ReplyDelete
  29. Maaf mau tanya kenapa disekolah non induk saya ambil 8 jam tapi terbaca 6 ya?

    ReplyDelete
  30. Izin bertanya, saya sudah update data dapodik sesuai jjm yang berlaku. Status sudah valid, tetapi dalam info gtk masih tanda silang merah pada kolom jjm nya. Apakah kita masih nunggu lagi agar centang, karena saya lihat tanggal sincron masih tetap 21 September 2021

    ReplyDelete
  31. Saya belum valid tapi diperbaiki utk pencairan Tw3 dan 4 klu saya valid apakah masih bisa diproses pencairan dana serifikasi saya utk tw3 dan 4 tahun 2021?

    ReplyDelete
  32. Batas uplod yg valid sertifikasi tw 3 dan 4 2021 tgl 22 oktober bagaimana klu valid seblm 22oktober apa masi bisa diterima uplod data sertifikasi saya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel